in

6 Alasan Anak Muda Zaman Now Harus Merencanakan Keuangan

Anak muda sangat identik dengan kata berfoya-foya. Mereka tidak banyak memusingkan diri mereka mengenai keuangan sebab mereka merasa orang tua pasti memenuhi segala keinginan dan keperluan mereka. Eits! Itu pernyataan yang salah! Mungkin anda tidak mengetahui kelemahan orang tua kalian, mereka tidak akan menunjukan itu di depan kalian. Baik atau buruk keadaan orang tua kita, sebenarnya itu bukan alasan kita untuk tidak merencanakan keuangan kita.

6 Alasan Anak Muda Zaman Now Harus Merencanakan Keuangan

 

Walaupun kita memiliki orang tua berkecukupan bahkan melimpah, jangan gunakan harta orang tua kita untuk kita hambur-hamburkan, sebab millenials jaman sekarang lebih banyak membanggakan harta orang tua yang memang bukan berasal dari keringat mereka sendiri.

Ketika anda melihat artikel ini berarti anda ingin tahu mengapa anak muda Zaman Now ini harus mulai menabung. Kita akan membahas 7 alasan, mengapa anak muda harus menjaga keuangan mereka bahkan harus membuat rencana keuangan mereka. Berikut informasinya;

6 Alasan Mengapa Anak Muda Zaman now harus membuat rencana keuangan;

  • Inflasi yang membuat harga makin naik

Seperti yang sering kita ketahui mengenai Inflasi. Inflasi adalah proses meningkatnya harga-harga terus menerus dalam pasar yang sering sekali di sebabkan oleh konsumsi masyarakat meningkat.

Inflasi sendiri terjadi karena Sumber daya alam yang kita konsumsi semakin lama semakin menipis dan manusia semakin lama semakin banyak. Akibatnya, banyak permintaan akan suatu hal dan kurangnya penawaran hal tersebut akibat terbatasnya sumber daya.

Ini lah yang terjadi, anak zaman sekarang sangat memerlukan rencana keuangan tersebut guna mencukupi dirinya di masa yang akan mendatang. Dampak inflasi ini akan sangat tinggi, untuk orang tua mungkin mereka sudah lebih memahami hal ini sehingga mereka bekerja. Mereka memiliki kesadaran akan hal tersebut.

Lalu untuk milenials? Apakah memiliiki kesadaran yang sama? Kita rasa tidak, harus ada orang yang menyadarkan mereka akan hal ini. Namun untuk anak muda yang membaca artikel ini, anda mengerti dampak inflasi kedepan akan sangat besar, maka mulailah merencanakan keuangan anda.

Baca Juga Di : Faktor Penyebab Laju Inflasi Yang Perlu Anda Ketahui

  • Hal Mendadak di Luar Dugaan

Tidak ada 1 orang pun yang tahu apa yang akan terjadi di masa yang akan mendatang. Lebih baik mencegah dari pada mengobati, ini adalah salah satu peribahasa yang baik untuk setiap hal di luar dugaan.

Banyak hal mendadak yang dapat terjadi di dunia ini. Bisa jadi kemungkinan usaha orang tua yang mendadak kolaps (Ini sering terjadi di Indonesia masa sekarang), kecelakaan, sakit penyakit. Tidak pernah ada yang tahu bagaimana jalan kehidupan kita.

Lebih baik kita berjaga-jaga untuk hal seperti itu, tidak semua orang bisa melihat jauh kedepan, namun hari ini, anak muda jauh memiliki pikiran yang berkembang, mari pikirkan kehidupan anda kedepan. Jika memang tidak ada hal di luar dugaan terjadi, uang tersebut juga bisa di jadikan tabungan pribadi agar lebih siap menghadapi dunia lebih lagi.

Jangan banyak bergantung dengan orang tua, coba keluar dari zona nyaman untuk merencanakan keuangan anda sendiri.

  • Gaya Hidup Mewah

Ini menjadi salah satu masalah terbesar anak muda dan milenials di negara mana pun. Mereka generasi yang gengsi dan tidak mau tersaingi dengan teman-teman mereka. Untuk mengikuti gaya hidup yang sesuai dengan teman-teman anda, anda harus pintar-pintar merencanakan keuangan anda. Apalagi di masa seperti ini, perekonomian tidak menentu.

Jika anda memiliki hidup yang mewah dan ingin selalu hidup mewah, maka alokasikan kauangan anda, buat perencanaan keuangan anda. Agar pengeluaran anda tidak menjadi pengeluaran yang sia-sia.

Sedikit tips, mungkin jika anda memiliki gaya hidup yang mewah, belajar untuk hidup secara sederhana, banyak kelebihan yang anda dapat pelajari dalam memiliki kehidupan yang sederhana.

  • Harga Aset yang Di Miliki Hari Ini Terus Menurun

Generasi muda zaman sekarang ini memiliki jauh lebih banyak aset seperti SmartPhone, Laptop, Mobil dan masih banyak lainnya. Perlu di ketahui setiap aset yang kita miliki saat ini dan berbau teknologi ini harga dengan terus menurun. Sebab, pertumbuhan teknologi dan zaman sangat pesat dan besar.

Pasar mengenai teknologi sangat besar, mereka menawarkan banyak barang baru, hampir semua dari manusia di muka bumi memiliki gadget dengan harga tinggi. Tanpa disadari, 3 tahun tidak menggantinya ternyata Gadget kita telah menjadi gadget yang nampak lama dan kuno.

Salah satu alasan mengapa anak muda zaman sekarang harus membuat rencana keuangan ini karena setiap apa yang kita miliki sekarang, untuk kedepan harganya tidak akan sebanding. Jika anda mengatakan mobil, mobil sekalipun, semakin hari semakin menurun harganya. Seperti yang sudah di jelaskan di atas, penurunan harga aset ini karena persaingan teknologi semakin lama semakin bertumbuh pesat.

  • Biaya Kesehatan Semakin Naik

Anak muda tidak mungkin tidak pernah merasakan makanan cepat saji. Bahkan makanan tersebut menjadi makanan favorit anak muda zaman sekarang.

Seiring berkembang pesatnya makanan cepat saji, Tak jarang kita mendengar mengenai penyakit yang dapat di timbulkan. Memang makanan tersebut sangat menguntungkan konsumen, sebab tidak perlu menunggu lama untuk menyantapnya. Bahan yang terkandung dalam makanan cepat saji pun tidak seluruhnya baik dan tidak sedikit yang menimbulkan penyakit untuk manusia jika mengkonsumsinya dengan berlebih.

Semakin bertumbuhnya makanan cepat saji berarti semakin banyak juga orang yang terancam terkena penyakit. Walaupun tidak hanya karena makanan cepat saji, bisa karena udara yang kotor, gaya hidup, dan lingkungan yang kumuh. Namun, tetap, kesehatan lah yang akan bermasalah.

Makin banyak orang yang sakit, maka permintaan tentang kesehatan semakin tinggi. Ini membuat biaya kesehatan dapat semakin naik. Salah satu alasan mengapa generasi milenial harus melakukan perencanaan keuangan adalah biaya kesehatan ini yang melambung. Kesehatan itu mahal, walaupun bisa di cegah, namun tidak ada orang yang tahu kapan penyakit itu bisa datang.

Penyakit bisa datang kapan saja, dimana saja, melalui apa saja. Tidak jarang kita mendengarkan Rumah sakit tidak mau menerima pasien karena terlihat tidak memiliki kuang / menggunakan BPJS. Ini adalah salah satu alasan perlu ketahui bahwa perencanaan keuangan itu sangat di butuhkan.

  • Mempersiapkan Masa Depan

Anak muda, anda tidak akan berada di titik ini terus menerus, akan ada masa dimana anda harus menikah dan memiliki keluarga tersendiri. Persiapkan masa depan anda dimulai dari masa muda anda. Apa yang anda lakukan ini sangat berpengaruh besar pada kehidupan anda kedepan.

Terlebih, persiapkan keuangan anda, mulai terapkan merencanakan keuangan anda. Baca Juga Di: 7 Cara Cerdas mengatur keuangan Keluarga Bagi Yang Berpenghasilan Tidak Tetap

Demikian merupakan beberapa alasan dan penjelasan anak muda dan generasi millenials harus memiliki rencana keuangan. Jika anda memang masih belum bisa membuat rencana keuangan, anda dapat mulai dengan hal kecil yang dilakukan. Semua perubahan bermula dari dalam diri dan hati masing-masing orang itu yang paling berpengaruh besar dalam perubahan.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

Pengertian, Jenis, Penyebab dan Dampak Inflasi Yang Harus Diketahui

Pengertian, Jenis, Penyebab dan Dampak Inflasi Yang Harus Diketahui

Kesalahan dalam Pengambilan Keputusan Keuangan

Kesalahan dalam Pengambilan Keputusan Keuangan