Tulis ArtikelMulai Menulis & Share Artikel Terbaikmu Disini Sekarang !

6 Aplikasi Untuk Investasi Dengan Modal Kecil

Aplikasi Untuk Investasi Dengan Modal Kecil , Investasi merupakan langkah terbaik untuk meningkatkan kekayaan dalam jangka waktu yang panjang. Investasi tidak perlu menunggu mapan dan banyak uang, namun dengan modal yang minim saja, investasi sudah bisa dijalankan. Dini hari keberadaan teknologi memungkinkan kita melakukan banyak hal dengan cara yang instan. Dalam dunia investasi, teknologi juga membantu kita untuk menanam modal melalui genggaman tangan.

Aplikasi Untuk Investasi Dengan Modal Kecil

Jika dulu banyak orang memulai investasi dengan menemukan makelar atau penasihat keuangan terlebih dahulu, namun kini anda bisa langsung berinvestasi melalui aplikasi tanpa perlu dana yang besar. Beberapa aplikasi yang dimaksud antara lain adalah sebagai berikut.

1. Robinhood

6 Aplikasi Untuk Investasi Dengan Modal Kecil

Bagi para investor Indonesia keberadaan aplikasi Robinhood mungkin sudah cukup familiar. Aplikasi ini memiliki tampilan yang minimalis sehingga mudah untuk diakses dan dijalankan. Robinhood membantu anda untuk belajar berinvestasi dengan modal yang kecil kapanpun dan dimanapun anda berada.

Bagi pemula mungkin harus mempelajari istilah-istilah investasi dalam aplikasi ini, namun tentunya tidaklah sulit karena bisa dipelajari melalui internet. Robinhood diluncurkan pada tahun 2014 dengan target generasi muda yang berusia rata-rata 26 tahun. Dengan proses pendaftaran yang cepat serta komunikasi antar muka yang mudah membuat aplikasi ini mampu memenangkan perhargaan desain Apple pada tahun 2015.

Beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh Robinhood antara lain adalah sebagai berikut:

• Memiliki data pasar investasi yang real time dan pastinya sangat membantu saat ingin menentukan pilihan dalam berinvestasi
• Dapat dijadikan sebagai media jual beli bitcoin serta etherum sehingga cocok bagi anda yang selama ini gemar bermain cryptocurrency.
• Memiliki biaya serta jadwal pembayaran yang jelas sehingga mempermudah bagi para penggunanya.

Aplikasi Robinhood menyediakan pendekatan sosial serta sumber daya yang inovatif untuk berbagi wawasan serta trend dari para pengguna Robinhood yang lain. Sehingga dapat dijadikan sebagai media belajar para investor. Pada tahun 2016, Robinhood versi gold diluncurkan lengkap dengan serangkaian fitur preminum serta jalur kredit dan opsi yang lebih cepat bagi pengguna yang ingin melakukan penarikan ataupun setoran.

2. Acorns

6 Aplikasi Untuk Investasi Dengan Modal Kecil

Acorns merupakan salah satu aplikasi investasi yang cocok bagi pemula. Aplikasi Acorns bekerja dengan cara menarik uang dari debit atau kredit kredit para penggunanya. Tidak perlu khawatir dengan dana yang ditarik mengingat nominalnya yang begitu kecil. Dana yang ditarik merupakan pembulatan dari transaksi yang anda lakukan.

Sebagai contoh, anda tengah membeli kopi seharga $3, 80 menggunakan kartu debit, maka secara otomatis saldo yang berkurang akan dibulatkan menjadi $4. Selisih harga kopi dan saldo yang berkurang tersebut akan dimasukkan ke dalam portofolio investasi anda. Semakin banyak transaksi, maka semakin banyak pula dana investasi yang terkumpul.

Penggunaan Acorn yang cukup sederhana tentu menguntungkan bagi para penggunanya. Aplikasi ini juga tidak memiliki nilai minimun sehingga mudah untuk dijalankan. Bagi anda yang masih duduk di bangku kuliah, bisa mendaftar dan menikmati Acorns selama 4 tahun secara gratis.

Beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh aplikasi Acorns antara lain adalah sebagai berikut:

• Tidak terlalu memberatkan keuangan karena sifatnya yang micro-investment. Seiring dengan berjalannya waktu, investasi yang anda kumpulkan dapat menjadi sumber penghasilan yang baik kedepannya.
• Memiliki tampilan aplikasi yang menarik
• Dapat dimulai dengan nominal yang kecil sehingga tidak memberatkan bagi mereka yang memiliki dana pas-pasan atau minim. Meski demikian anda juga bisa menginvestasikan dana yang lebih besar menggunakan fitur one-time Invesment, referreal, found money dan recurring invesment.
• Mudah melakukan penyusunan portofolio investasi

Keberadaan Acorns mampu mempermudah bagi para pemula yang ingin memasuki dunia investasi. Aplikasi ini juga disetting untuk bebas biaya transfer serta gratis untuk biaya transaksi dalam perdagangan sekuritas.

Baca Juga: Perbedaan Investasi Saham dan Reksa Dana Saham

3. KoinWorks

6 Aplikasi Untuk Investasi Dengan Modal Kecil

KoinWorks merupakan sebuah aplikasi buatan anak bangsa dengan modal kecil yang layak dicoba. Aplikasi ini bergerak dengan sistem P2P Lending dimana dana yang anda investasikan akan disalurkan kepada pihak peminjam melalui platform online tersebut. Investasi P2P Lending sendiri saat ini tengah marak dan banyak diminati oleh masyarakat.

Melalui KoinWorks, anda bisa memilih sendiri kepada siapa dana yang anda investasikan akan dipinjamkan, bagaimana tingkat suku bunganya, jangka waktu serta bagaimana resikonya. Mengingat peminjam akan membayar cicilan pada tiap bulannya, maka pemberi pinjaman akan menerima resturn setiap bulan pula.

Beberapa kelebihan yang ditawarkan KoinWorks antara lain adalah sebagai berikut:

• Anda bisa memilih sendiri kenapa siapa dana akan dipinjamkan
• Ada banyak produk investasinya
• Dengan dana kecil, anda sudah bisa menjadi investor P2P Lending di aplikasi ini
• Nominalnya yang kecil, membuatnya mudah untuk memanfaatkan efek compunding serta diversifikasi
• Banyak fitur otomatisasi seperti Auto Purchase dan RoboLending

Dengan modal awal 100 ribu saja, anda sudah bisa langsung menginvestasikan dana tersebut minimal 100 ribu per produk. Adapun service fee yang harus dibayarkan hanya 1 % saja dari return yang anda peroleh setiap bulan. KoinWorks bekerja dengan cara menghubungkan antara pemilik bisnis dengan calon pemberi dana pinjaman.

Biaya yang dikenakan cukup rendah dan akan ada informasi untuk setiap biaya yang dikenakan. Aplikasi ini juga menyediakan sistem pembayaran, penilaian pinjaman serta teknologi yang memberikan pengalaman serta kemudahan bagi pihak peminjam serta pemilik modal.

4. Stash

6 Aplikasi Untuk Investasi Dengan Modal Kecil

Aplikasi untuk investasi dengan modal kecil yang selanjutnya adalah Stash. Pengguna bisa memulai investasinya hanya dengan $5 saja. Aplikasi ini cocok digunakan bagi para investor pemula dengan nominal yang kecil. Stash memiliki tampilan yang minimalis dan dapat digunakan untuk memantau perkembangan historis dari investasi yang anda tanam.

Penggunaan stash sendiri gratis pada bulan pertama dengan biaya flat yang cukup rendah yakni 0,25% pertahun saat rekening anda telah mencapai valuasi $5,000.

Stash memiliki sistem yang akan memberi rekomendasi mengenai jenis investasi yang cocok bagi anda. Stash juga memiliki fitur bernama Auto-Stash yang akan membuat para penggunanya membiasakan diri untuk melakukan investasi. Selain itu, Stash juga memiliki beberapa kelebihan lain seperti yang berikut ini:

• Nominal untuk memulai investasi yang relatif kecil
• ETF atau Exchange Traded Fund yang diatur dalam beberapa jenis sehingga memudahkan pengguna dalam menemukan perusahaan dengan valuasi sesuai minat
Stash sendiri hampir sama dengan Acorns karena bisa dimulai dengan nominal yang kecil. Adapun perbedaannya terletak penarikan dana dalam investasi. Jika Acorns melakukan penarikan secara otomatis, maka tidak demikian pada Stash. Stash membantu anda untuk membuat keputusan dalam berinvestasi yang terbaik.

5. EmasDigi

6 Aplikasi Untuk Investasi Dengan Modal Kecil

EmasDigi merupakan aplikasi yang cocok bagi anda yang ingin jual beli atau melakukan cicilan emas dengan proses yang mudah serta waktu yang singkat. Melalui aplikasi ini, pengguna bisa berinvestasi emas sesuai kebutuhan serta harga yang pas di kantong. Pembelian emas di aplikasi ini cukup beragam mulai 0,01 gram serta dapat dibayar dengan cara berkala atau dicicil.

Aplikasi EmasDigi mudah digunakan dengan cara mengunduh aplikasinya terlebih dahulu lalu diinstal di ponsel. Selanjutnya pengguna tinggal mengisi data yang dibutuhkan sekaligus mengisi akun dengan sejumlah uang.

Untuk pembelian emas, pengguna cukup melakukan top up pada GoDompet sebelum memulai pembelian. Top up bisa dilakukan melalui transfer dari bank serta DOKU e-Wallet. Bagi pengguna dengan dana terbatas, tidak perlu khawatir karena EmasDigi menyediakan program cicilan dengan uang muka serta bunga yang rendah sehingga tidak memberatkan.

Aplikasi ini dilengkapi dengan beberapa fitur menarik seperti beli emas, kirim emas, tarik emas fisik, jual emas, cari lokasi serta tambah teman.

6. Betterment

6 Aplikasi Untuk Investasi Dengan Modal Kecil

Aplikasi dengan modal minim yang terakhir adalah Betterment. Aplkasi ini mengkombinasikan antara ahli keuangan dengan software. Beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh Betterment antara lain adalah sebagai berikut:

• Anda bisa meminta bantuan dari ahli keuangan melalui aplikasi ini
• Anda bisa melakukan sinkronisasi antara rekening bank serta jenis investasi lainnya sehingga memungkinkan anda untuk mengawasi seluruh transaksi dari satu tempat
• Dapat menyeimbangkan portofolio menggunakan sistem yang mudah digunakan

Betterment dilengkapi dengan sistem passive investing yang membuat anda tidak perlu terlalu sering memonitor jalannya portofolio investasi anda. Adapun biaya yang dibebankan pada pengguna akan semakin sedikit jika anda memiliki banyak deposit.

Biaya premiumnya 0,40% tiap tahun dengan saldo minimal $100.000, sedangkan biaya digital hanya 0,25% tiap tahun dengan minimal saldo $0. Tidak dipungut biaya bagi pengguna yang ingin memperdagangkan sekuritas atau melakukan transfer.

Itulah beberapa aplikasi yang bisa anda coba untuk melakukan investasi dengan modal yang minim. Lakukan investasi sedini mungkin tanpa harus menunggu mapan atau bahkan menunggu masa tua.

Baca Juga: Aplikasi Payroll Terbaik untuk Perusahaan

Manfaat investasi bagi kehidupan finansial

Kemudahan menjalankan investasi membuat banyak orang tertarik untuk memulai investasi pertama mereka. Meski demikian, pemilihan investasi tidak boleh dilakukan secara sembarangan melainkan dengan memilih invstasi yang sehat saja. Investasi sehat adalah investasi yang memiliki badan hukum legal.

Investasi memiiki banyak sekali manfaat terlebih untuk kehidupan finansial kita di masa mendatang. Beberapa manfaat investasi antara lain adalah sebagai berikut.

• Investasi mampu menambah penghasilan dari berbagai sumber => dalam melakukan investasi ada baiknya anda tidak menempatkan modal hanya dalam 1 wadah saja. Dengan demikian, ketika waktu panen tiba, anda akan mendapatkan penghasilan dari berbagai sumber tempat ada menanam modal.

• Solusi di masa pensiun => ketika anda mendekati atau bahkan telah menapai masa pensiun, penghasilan dari investasi tentu akan sangat membantu. Dengan demikian, anda tidak perlu khawatir untuk mencari penghasilan ketika masa kerja telah habis.

• Semakin bijak dalam mengatur keuangan => dibandingkan menghamburkan uang hanya untuk hal yang tidak jelas, seorang investor akan memilih untuk menyimpan uang mereka ke dalam bentuk investasi. Dengan demikian, uang akan bertambah banyak seiring dengan berjalannya investasi yang ditanam.

• Memperluas wawasan mengenai sumber dana => terjun langsung di dunia investasi memilik banyak keuntungan dimana salah satunya adalah memperluas wawasan mengenai sumber dana. Investor umumnya memilki ranah bisnis berikut dengan link yang akan memperkuat mereka sebagai investor yang handal.

Keadaan keuangan tentu bisa beruba sewaktu-waktu, meski demikian, ada tetap bisa melakukan investasi tanpa harus memiliki modal yang banyak. Anda juga bisa memanfaatkan beberapa aplikasi terbaik dengan modal yang minim seperti pembahasan di atas.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *