Tulis ArtikelMulai Menulis & Share Artikel Terbaikmu Disini Sekarang !

8 Tips Investasi Properti Terbaik Untuk Pemula Agar Untung

Tips Investasi Properti – Dapat dikatakan jika investasi properti merupakan investasi menarik dan cukup menjanjikan saat ini. Hal ini karena tingkat peminat yang cukup tinggi membuat nilai properti semakin meningkat setiap tahunnya. Tak hanya itu, ada banyak sekali jenis pilihan investasi properti terbaik yang bisa anda lakukan.

Tips Investasi Properti Terbaik Untuk Pemula

8 Tips Investasi Properti Terbaik Untuk Pemula

Bagi anda yang masih pemula sekalipun, investasi properti sangat cocok untuk dilakukan. Meskipun begitu, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan agar jangan sampai investasi yang anda lakukan malah merugi kedepannya. Nah berikut ini tips investasi properti terbaik yang bisa dilakukan untuk pemula.

1. Perbanyak Pengetahuan Anda

Hal pertama yang harus anda lakukan sebelum memulai investasi properti terbaik anda dengan memperbanyak ilmu pengetahuan anda terkait dengan investasi. Pengetahuan ini dapat anda jadikan sebagai modal terbaik untuk menjalankan investasi anda.

Pahami dengan detail dan selengkap mungkin mengenai properti. Anda bisa mengumpulkan segala informasi mulai dari strategi yang tepat, harga properti, cara negoisasi, kualitas bangunan, biaya, dan hal-hal lainnya yang terkait dengan investasi properti.

2. Pilih Jenis Properti Yang Tepat

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ada banyak jenis pilihan investasi properti yang bisa anda lakukan. Mulai dari rumah, ruko (rumah toko), apartemen, tanah, dan lainnya. Untuk pemula, akan lebih baik jika anda memilih rumah dibandingkan dengan apartemen ataupun ruko.

Hal ini dikarenakan lahan tanah untuk rumah memang cenderung lebih luas jika dibandingkan dengan apartemen ataupun ruko. Sehingga harga tanah yang lebih besar tentu akan berkemungkinan tinggi untuk terus meningkat dibandingkan dengan bangunan.

3. Carilah Lokasi Properti Yang Tepat

Dalam investasi properti, ada salah satu faktor yang cukup penting yang sangat mempengaruhi berjalannya investasi properti. Sehingga perlu diperhatikan dengan baik agar bisnis yang anda jalankan juga akan menghasilkan keuntungan. Misalnya saja, ketika anda memilih investasi properti rumah untuk hunian, maka hal penting yang harus anda perhatikan adalah memilih rumah yang memang dihuni end user.

Mengapa? karena kebanyakan dari pembeli end user akan tinggal lebih lama di rumah tersebut.

Lokasi terbaik untuk investasi properti rumah adalah yang cukup strategis dan dekat dengan pusat kota. Selain itu, usahakan pula untuk memilih lokasi yang memiliki akses transportasi yang cukup memadai serta dekat dengan fasilitas umum seperti kantor pemerintahan, pusat pendidikan, pusat bisnis, pusat perbelanjaan, dan lainnya.

4. Cari Pengembang Yang Terpercaya

Selain itu anda juga perlu memilih pengembang yang baik dan terpercaya. Untuk mengetahui pengembang mana yang baik atau tidak, anda bisa mencoba melihat track record dari pengembang tersebut.

Ada beberapa poin yang perlu anda perhitungkan saat memilih pengembang. Mulai dari adanya sumber daya manusia yang berkualitas serta berpengalaman pada proyek-proyek yangc ukup besar serta memiliki margin error rendah.

Baca Juga: 5 Alasan Ini bisa Menghilangkan Keraguan dalam Ber investasi Properti

5. Sewakan Terlebih Dahulu Sebelum Harganya Naik

Setelah anda membeli properti, akan lebih baik jika anda tidak langsung menjualnya. Sewakan properti anda terlebih dahulu hingga harga nya meningkat. Untuk penentuan harga sewa pun juga perlu diperhitungkan dengan matang, agar keuntungan yang didapatkan maksimal.

Perhitungan harga sewa biasanya akan sekitar 5% dari nilai pembelian properti. Misalnya saja, jika harga rumah yang anda beli berharga 100 juta Rupiah, maka anda bisa menyewakannya sekitar 5 juta Rupiah setiap tahunnya. Dengan menyewakan, maka keuntungan yang anda dapatkan akan berlipat-lipat nantinya.

6. Berikan Nilai Tambah

Anda juga bisa memberikan nilai tambah pada properti yang anda miliki, hal ini agar nilai keuntungan yang anda dapatkan semakin bertambah. Bila properti yang anda miliki terlihat kurang menarik, tentu saja akan menyebabkan jalannya investasi tidak akan berjalan lancar.

Misalnya saja, anda bisa mencoba untuk membangun toko atau warung pada rumah yang anda sewakan. Tak hanya menarik penyewa yang ingin menyewa rumah anda, namun tentu saja dapat meningkatkan nilai sewa atau jual dari properti yang anda miliki tersebut.

7. Cermati Harga Properti

meskipun tujuan anda untuk mencari keuntungan, namun harga properti yang anda tawarkan tentu harus masuk akal. Jika harga yang anda tawarkan berlebihan tentunya tidak akan menarik konsumen untuk menyewa ataupun membeli properti yang anda miliki.

Untuk itu, anda perlu mengetahui dengan pasti pasaran dari harga properti yang ada di kawasan tersebut. Biasanya, nilai properti memang cenderung meningkat setiap waktunya, namun bukan berarti anda bisa menaikkan harga properti anda sesuka hati. pantau secara berkala mengenai perkembangan harga properti di pasaran.

8. Targetkan Waktu Untuk Menjual

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, jangan langsung menjual properti yang anda miliki saat itu juga. Namun bukan berarti anda bisa menjualnya kapanpun anda mau. Perhatikan perkembangan harga dari properti yang anda miliki. Jangan menjual properti tersebut sebelum nilainya naik dengan siginifikan. Atau anda juga bisa menjualnya ketika properti tersebut telah berusia 5 tahun dari waktu pertama kali anda membelinya.

Nah itu tadi beberapa tips investasi properti terbaik yang bisa dilakukan pemula. Meskipun mudah dilakukan, namun juga perlu memperhatikan banyak hal agar keuntungan yang anda dapatkan bisa jauh lebih maksimal. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda. (Baca juga: Investasi Properti Tanpa Modal)

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *