6 Tips Cara Memilih Asuransi Pendidikan Anak Yang Baik

Cara Memilih Asuransi Pendidikan Anak – Masa depan anak-anak adalah prioritas utama yang selalu dipikirkan oleh para orang tua, biaya pendidikan semakin meningkat setiap tahunnya.

Hal ini menjadi tantangan bagi orang tua untuk mempersiapkan biaya pendidikan anak sejak dini. Sehingga apapun dilakukan oleh orang tua agar masa depan anak-anaknya lebih terjamin, termasuk memilih asuransi pendidikan yang tepat.

Saat ini banyak sekali produk-produk asuransi yang ditawarkan, banyak menjanjikan kemudahan-kemudahan untuk mengcover masa depan anak-anak.

Cara Memilih Asuransi Pendidikan Anak

Banyaknya peluang yang ada di masyarakat mengenai kebutuhan pendidikan bagi masa depan anak-anak, memunculkan berbagai penawaran asuransi pendidikan fari berbagai link asuransi di Indonesia saat ini.

Namun tentu saja kemudahan jaminan pendidikan yang ditawarkan ini perlu anda cermati lebih dalam, sebelum memilih produk asuransi pendidikan yang bagus untuk buah hati anda.

Tips Cara Memilih Asuransi Pendidikan Anak

Jika suatu saat anda mendapat penawaran dari beberapa agen asuransi, sebelum memutuskan untuk memilih asuransi pendidikan anak yang tepat dan terbaik untuk anak-anak anda, coba ikuti Tips berikut ini:

1. Membuat Rencana Pendidikan Anak

Sebelum anda melirik penawaran dari perusahaan asuransi,  anda perlu membuat rencana pendidikan anak. Rencana ini sangat penting dan menjadi panduan untuk memilih asuransi pendidikan yang tepat.

Karena tanpa adanya rencana Asuransi Pendidikan Anak yang jelas,  tentu saja anda akan kebingungan dalam memilih produk asuransi yang terbaik dan cocok untuk anak-anak anda.

Apakah anda sudahkah  memikirkan setinggi apa jenjang pendidikan anak-anak  anda nantinya?, biasanya rencana pendidikan berisi jenjang pendidikan anak, dari pendidikan dasar, menengah, hingga lanjutan.

Membuat perencanaan pendidikan untuk anak anda, perlu disurvey terlebih dahulu sekolah-sekolah yang cocok dengan passion anak, biaya dan fasilitas apa saja yang ada disekolah tersebut.

Tidak kalah pentingnya adalah mengukur kemampuan dan bakat anak anda, jangan sampai memaksakan keinginan anda, sementara passion mereka tidak di bidang yang anda pilih. Sehingga akan sia-sia biaya yang sudah dikeluarkan.

[irp]

3. Membuat rencana biaya pendidikan anak

Jika anda berencana memasukan nama anak anda dalam asuransi pendidikan,tetap saja biaya pendidikan tersebut harus anda persiapkan.

Minimal anda tahu berapa jumlah biaya untuk pendidikan anak anda sampai selesai, serta berapa kemampuan anda untuk membayar biaya asuransi tersebut.

2. Mulai melakukan Riset Biaya Pendidikan

Yang tidak kalah pentingnya yaitu mulai riset berapa biaya pendidikan di sekolah yang menjadi pilihan, bisa saja anda melakukan beberapa riset disekolah favorit, sebagai rekomendasi.

Hal tersebut dilakukan untuk memperoleh perkiraan biaya pendidikan di masa mendatang. Setelah anda berhasil mendapatkan informasi beberapa nama sekolah di setiap jenjang pendidikan, segera cari tahu rincian biaya yang dikeluarkan oleh orang tua dari awal masuk sampai lulus sekolah.

Biasanya biaya pendidikan meliputi biaya sekolah perbulan, Seragam sekolah,iuran tahunan, kegiatan extrakurikuler, dan biaya buku.

3. Mencari Informasi Perusahaan Asuransi Terpercaya

Biasanya setiap perusahaan asuransi menawarkan berbagai ihan dan kekurangan, namun untuk memilih perusahaan asuransi yang baik dan terpercaya perlu survey dan mencari informasi sebanyak-banyaknya agar anda tidak salah pilih asuransi pendidikan.

Hal penting yang perlu anda lakukan sebelum memilih perusahaan asuransi, yaitu memilih perusahaan asuransi yang tidak hanya baik dalam pelayanan dan fasilitas asuransi, tetapi anda perlu juga memperhatikan kekuatan keuangan perusahaan tersebut.

Anda perlu melihat dan meneliti Aset dan liabilitas dari laporan neraca keuangan yang secara transparan disampaikan kepada publik. Selanjutnya, pilihlah perusahaan asuransi yang memiliki track record yang baik dan terpercaya.

Simak dengan baik penjelasan dari agen asuransi dan bertanyalah sebanyak mungkin sehingga anda benar-benar paham tentang produk asuransi yang ditawarkan.

Pertanyaannya bisa mengajukan beberapa pertanyaan study kasus atau case misalnya apabila pencari nafkah mengalami musibah dan meminta solusi yang bisa diberikan oleh perusahaan asuransi tersebut.

[irp]

4. Sesuaikan asuransi dengan kemampuan Finansial dan Rencana Pendidikan Anak

Dalam memilih perusahaan asuransi anda perlu melihat aspek-aspek lainnya,  anda harus pintar memilih asuransi pendidikan yang tepat dan berkualitas.

Susun rencana pendidikan anak anda, lalu cek khususnya perkiraan biaya pendidikan di masa depan dan kemampuan finansial anda. Selain itu jika anda ingin menginvestasikan pendapatan ke sebuah produk asuransi, anda perlu mengidentifikasi keuangan anda.

Selain itu sebaiknya ukur berapa banyak uang yang bisa anda alokasikan untuk membayar premi asuransinya, agar tidak ada hambatan dikemudian hari.

5. Pilih Polis yang Fleksibel dan Menguntungkan

Perlu anda ketahui bahwa program asuransi tidak seperti menabung di bank,  yang bisa anda tarik kapan saja anda butuhkan. Namun sebaiknya pilihlah polis asuransi yang fleksibel dan menguntungkan, yang bisa diklaim sewaktu-waktu untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak.

Biasanya Asuransi pendidikan adalah jenis asuransi jangka panjang yang bisa diambil setelah anak mencapai usia tertentu. Dan siap masuk sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.

Pilih juga asuransi yang memberi kemudahan untuk meningkatkan investasi secara bertahap. Agar suatu saat jika penghasilan anda bertambah premi asuransi bisa anda tingkatkan.

Selain itu jika suatu saat anda berencana menyekolahkan anak – anak ke luar negeri, pilihlah  polis yang bisa berganti mata uang negara lain misalnya Dollar atau Euro.

6. Cek  Fasilitas Lainnya

Sebelum memilih hal penting lainnya. Yang mesti anda perhatikan adalah memeriksa fasilitas lain yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi tersebut.

Biasanya asuransi pendidikan tidak hanya menjamin pendidikan anak dimasa depan namun juga menawarkan fasilitas kesehatan. Asuransi pendidikan yang memiliki fasilitas kesehatan ini bisa menjadi alternatif.

Yaitu untuk berjaga-jaga  apabila anak yang terdaftar dalam asuransi pendidikan mengalami masalah kesehatan. Biaya perawatan di rumah sakit akan diganti oleh pihak asuransi.

Walaupun ada fasilitas tambahan yang ditawarkan, pastikan bahwa prioritas utama anda adalah pendidikan anak. Untuk itu diusahakan fasilitas tambahan ini jangan sampai memotong biaya investasi pendidikan anak terlalu banyak.

[irp]

Hal ini diharapkan agar tidak menghambat biaya sekolah anak di masa depan. Lakukanlah perhitungan dengan matang dan cermat sebelum memulai memilih asuransi pendidikan anak anda.

Sesuaikan dengan kondidi keuangan terlebih dahulu  serta mempertimbangkan kondisi finansial Anda.

Terakhir jangan pernah memilih asuransi pendidikan jika anda belum memiliki gambaran dan perencanaan yang matang di masa depan, agar tidak sia-sia biaya yang sudah anda keluarkan.