Tulis ArtikelMulai Menulis & Share Artikel Terbaikmu Disini Sekarang !

Alasan Industri Masa Depan Membutuhkan Blockchain

Alasan Industri Masa Depan Membutuhkan Blockchain. Blockchain adalah salah satu sistem yang sudah terdesentralisasi ke seluruh node jaringan dan juga pelaku blockhain. Sehingga, data transaksi yang sudah terjadi akan dicatat langsung pada ledger blockchain atau buku besar blockchain. Hasil transaksinya dapat dilihat oleh siapapun namun tidak dapat dihapus atau dimodifikasi oleh siapapun. Hal inilah yang membuat blockchain menjadi sistem keamanan yang transparan pada tiap transaksinya.

Dibalik fluktuasi harga yang sangat tinggi, blockchain menjadi dasar dari mata uang kripto. Namun, tidak sedikit banyak yang mengkritik penerapan sistem ini. Ada saja yang menyatakan bahwa mata uang kripto sejenis Bitcoin dan yang lainnya tidak dapat dikatakan sebagai alat transaksi yang sah. Namun lebih cocok disebut sebagai komoditas.

Baca Juga: Mengenal Seputar Digital Currency Dan Cryptocurrency

Beberapa negara menganggap bahwa bukan teknologi Blockchain yang tidak bagus. Tapi produk yang dihasilkannya, yaitu Bitcoin yang kurang bisa menjamin sebagai sistem transaksi yang murah dan cepat. Ada juga beberapa Bank Sentral di seluruh Dunia yang mengerti dengan baik. Bahwa jika pengemasan blockchain dilakukan dengan sempurna.

Bukannya tidak mungkin hal tersebut akan menjadi ancaman yang dapat membuat runtuh sistem keuangan moneter dan konvensional yang ada saat ini. Karena blockchain menyediakan banyak aspek yang dibutuhkan oleh proses transaksi, mulai dari biayanya yang ringan, tingkat keamanan, kecepatan transaksi sampai dengan terdesentralisasi yang akan memberikan hasil sangat transparan dan akan menghapuskan seluruh aspek penipuan atau kejahatan lainnya.

Alasan Industri Masa Depan Membutuhkan Blockchain

Alasan Industri Masa Depan Membutuhkan Blockchain

Setelah kita mengetahui apa dan bagaimana sistem blockchain sangat bisa menjadi sistem canggih bahkan dimasa yang akan datang. Selanjutnya adalah mengetahui alasan mengapa industry masa depan Membutuhkan Blockchain.

Hambatan Industri Bisnis Saat Ini

Dalam industri bisnis saat ini dituntut harus selalu tetap up to date, namun masih saja ada isu yang bisa membuat lambat kemajuannya, seperti berikut ini:

  • Uang, dana atau modal

Faktanya, tidak mudah untuk bisa mendapatkan sejumlah modal untuk memulai bisnis baru dan mengembangkan bisnis yang memang sudah berjalan dan sudah ada. Industri juga tidak dapat selalu mengandalkan uang pinjaman dari Bank.

Sebab adanya verifikasi kredibilitas yang sangat perlu dipenuhi menjadi syarat penting untuk pemberian pinjaman. Bahkan, jika ternyata prospek industrinya tidak secerah biasanya, maka kerap kali pinjaman malah dibatalkan.

  • Personil (SDM)

Dalam kenyataan saat ini, suatu industri apapun sangat membutuhkan staff yang sangat berkualitas tinggi. Apalagi, saat ini untuk bisa menemukan orang yang sudah terlatihdan dinilai professional membutuhkan waktu agar benar-benar siap dan bisa terjun ke lapangan.

  • Informasi

Informasi pada saat ini juga menjadi satu sumber yang dinilai amat penting. Internet sudah membuat suatu transfer informasi yang dinilai lebih cepat bahkan lebih mudah. Namun dengan sistem teknonologi manual dan diiringi dengan banyak orang ikut campur malah akan membuat proses penyelesaian transaksi menjadi lambat.

Blockchain Sebagai Pemecah Hambatan

Perkembangan teknologi blockchain yang saat ini tengah berkembang dinilai bisa memecahkan permasalahan yang disebut bisa menjadi solusi terbaik.

  • Solusi untuk masalah uang, dana dan modal

Baik industri startup maupun yang sedang berkembang sekalipun bisa meluncurkan sebuah penawaran koin perdana. Yang biasanya disebut dengan sebutan crowdfunding atau penggalangan dana secara umum agar bisa memperoleh modal untuk memulai bisnis baru ataupun melakukan pengembangan bisnis yang ada.

Syaratnya pun tidak sulit, Anda tinggal menyodorkan ide yang sangat berkualitas dan mempunyai masa depan yang bagus dan juga disajikan dengan sangat baik.

Baca Juga: Cara Membuat Bitcoin Wallet Gratis Dengan Mudah

Bahkan sudah banyak pelaku hedging atau dana ventura yang telah memperlihatkan betapa tertariknya mereka pada blockchain. Menurut cermat mereka, blockchain bisa membuat suatu transaksi menjadi sangat cepat dan terpercaya sampai bisnis bisa menjadi benar-benar stabil.

  • Solusi untuk masalah personli (SDM)

Sistem yang dinamakan ledger blockchain yang sudah terdistribusi akan sangat mudah menemukan tenaga para ahli dari latar belakang berbeda seperti pendidikan. Keterampilan dan juga pengalaman kerjanya yang sesuai. Selain itu, teknologi blockchain juga sangat mampu menyediakan komunikasi selengkap mungkin antara industry satu dengan yang lainnya yang sama-sama memakai chain yang sejalan.

  • Informasi

Sistem blockhchain yang terdesentralisasi sangat mampu berikan informasi dengan instan tanpa akan terjadi delay. Semua hal yang menyangkut dengan informasi penting sudah terdistribusi ke seluruh bagian node industri.

Selain itu masalah transparansi juga sudah bisa berjalan dengan sangat baik. Dimana data di dalam ledger blockchain yang sudah dicatat tidak bisa diubah untuk waktu bersamaan keseluruh personil industry yang mempunyai akses untuk melihat bagaimana proses bisnis tersebut bisa berjalan.

Blockchain Dapat Meningkatkan Keuntungan

Kita ambil saka contoh pada penerapan di dunia rill. Misalnya saja ada sebuah industry yang bergerak dalam bidang pariwisata dan juga perhotelan. Blockchain bisa menyediakan banyaknya informasi yang berkaitan dengan wisatawan, checking dan juga implementasi sistem voting untuk nilai atau rating hotel yang akan direkomendasikan atau merugikan para kilennya.

Jadi disinilah kedua pihak sama-sama transparan dan sama sama mendapatkan keuntungan. Hotel yang kredibel sudah jelas bisa mendapatkan rating bagus. Para wisatawan bisa langsung mendapat hotel kredibel tanpa perlu mencoba-coba.

Itulah beberapa alasan industry masa depan Membutuhkan Blockchain. Baca Juga: Mata Uang Virtual Lain, Yang Diprediksi Menjadi Saingan Bitcoin

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *