Alasan Mengapa Memiliki Asuransi Kesehatan Itu Sangat Penting

Alasan Penting Anda Harus Memiliki Asuransi Kesehatan, Ketika kita sedang berhenti dari suatu pekerjaan dan ingin memulai usaha sendiri, atau dalam istilahnya, bosan jadi karyawan, Persoalan yang paling utama untuk dipikirkan adalah tentang biaya kesehatan.

Mungkin biaya kesehatan kita masih aktif bekerja tidak akan ada masalah, karena masih ada pemasukan rutin. Namun apa jadinya jika kita sudah berhenti dari  pekerjaan, tentu pemasukan menjadi terhenti dan untuk biaya kesehatan juga akan mengalami masalah.

Lalu bagaimana cara membiayai kesehatan yang menjadi kebutuhan darurat ini?. Satu-satunya jawaban adalah dengan menggunakan ikut program asuransi kesehatan untuk pembiayaannya.

Sekarang ini banyak sekali jenis asuransi kesehatan, tentu dalam hal ini kita haris lebih teliti sebelum memutuskan untuk bergabung dalam sebuah perusahaan asuransi.

Salah dalam menentukan pilihan asuransi kesehatan bisa berakibat fatal, seperti susahnya klaim asuransi jika saat dibutuhkan.

Atau bisa jadi asuransi tutup ditengah jalan(menghilang tanpa jejak). Untuk menghindari permasalahan itu semua, tentu anda harus tahu bagaimana cara memilih asuransi kesehatan baik.

Pengertian Asuransi Kesehatan

Alasan Penting Anda Harus Memiliki Asuransi Kesehatan

Sebelum membahas mengenai cara memilih asuransi kesehatan terbaik, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa itu asuransi kesehatan.

Pengertian asuransi kesehatan sendiri merupakan suatu jenis produk asuransi yang fungsinya untuk menjamin biaya kesehatan atau perawatan pada pihak tertanggung atau nasabah pemilik asuransi. Ini bisa digunakan ketika pemegang polis asuransi mengalami sakit atau kecelakaan.

Untuk sederhananya asuransi ini merupakan asuransi yang menjamin dan melindungi nasabah pemilik asuransi yang sedang sakit atau mengalami kecelakaan, dan membutuhkan biaya perawatan dan pengobatan.

Dalam hal ini tentu sakit atau kecelakaan yang pembiayaannya masuk dalam daftar yang tertanggung perusahaan asuransi.

Perusahaan asuransi kesehatan di Indonesia banyak sekali diantaranya adalah Allianz, AXA, Manulife, dan Cigna. Keempat perusahaan asuransi tersebut termasuk perusahaan asuransi terbesar di Indonesia.

Besarnya perusahaan asuransi ini karena sudah memiliki kepercayaan penuh dari masyarakat dan juga memiliki kerjasama dengan beberapa rumah sakit ternama di Indonesia.

Baca Juga:  5 Perusahaan Asuransi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Perusahaan Asuransi Kesehatan dan Produk-produknya

ALASAN PENTING ANDA HARUS MEMILIKI ASURANSI KESEHATAN MULAI DARI SEKARANG

Kesehatan adalah menjadi modal yang paling utama dan sangat penting bagi kehidupan manusia. Segala resiko kesehatan bisa dikatakan sangat mengkhawatirkan yang tidak dapat di prediksi, sehingga bisa datang kapan saja.

Resiko tersebut bisa terjadi secara tiba-tiba pada setiap individu. Jadi, mempersiapkan perlindungan pembiayaan kesehatan menjadi sangat penting. Dengan begitu maka peran perusahaan asuransi kesehatan menjadi sangat penting.

Untuk menjamin pembiayaan nasabahnya Perusahaan-perusahaan asuransi akan menawarkan produk-produknya. Berbagai fitur dari perlindungan pra perawatan hingga pasca perawatan di rumah sakit.

Tak hanya itu saja, perusahaan asuransi juga memiliki produk asuransi di mana produk tersebut dapat menjamin perlindungan terhadap proses kelahiran normal maupun sesar kepada para nasabahnya.

Dengan kata lain, bahwa asuransi ini dapat memberikan biaya pengganti perawatan ketika nasabahnya sedang mengalami sakit dan kecelakaan.

Tentunya, besarnya biaya pengganti tersebut sesuai dengan kebijakan yang berlaku di masing-masing perusahaan asuransi. Umumnya pembiayaan ini ditentukan oleh batas limit pada polis yang nasabah ambil saat pertama kali bergabung menjadi nasabah.

Walaupun asuransi berurusan dengan pembiayaan dan uang, namun bukan berarti asuransi dikatakan sebagai lembaga keuangan bank. Melainkan asuransi adalah lembaga keuangan yang mampu melindungi pihak nasabah.

Alasan Memiliki Asuransi Kesehatan Itu Sangat Penting

Alasan Memiliki Asuransi Kesehatan Itu Sangat Penting

Agar bisa mendapatkan perlindungan atau manfaat dari asuransi kesehatan, setiap nasabah diwajibkan untuk membayar premi secara berkala sesuai dengan ketentuan.

Nilai premi pun sangatlah variatif yang mana nilainya ditinjau dari kondisi, tingkat resiko, dan manfaat yang atau fitur asuransi yang didapatkan.

Beda halnya dengan BPJS Kesehatan, bahwa asuransi swasta memiliki kelebihan yang mungkin tidak dimiliki oleh asuransi BPJS. Seperti halnya dalam kecepatan klaim, kemudahaan, hingga fleksibilitas dalam merujuk rumah sakit.

Bahkan pengobatan di seluruh rumah sakit bisa diterima oleh perusahaan asuransi baik itu yang sudah bekerjasama atau cashless maupun yang tidak bekerjasama alias reimbusement.

Baca Juga:  Tips Mengatur Pengeluaran Bulanan Dengan Gaji Pas-pasan

Keuntungan Memiliki Asuransi Kesehatan

Keuntungan memiliki asuransi kesehatan adalah bahwa kita bisa mengelolah keuangan yang bisa dikatakan sebagai investasi atau tabungan kita sebagai manusia ekonomi di masa depan.

Inilah fungsi utama dari asuransi. Keuntungan lain memiliki asuransi kesehatan adalah bahwa asuransi ini mampu menjamin pembiayaan rawat jalan maupun inap bagi pihak nasabah yang sedang menjalani pengobatan.

Sehingga, dengan kata lain bahwa kita sebagai manusia atau makhluk ekonomi sangat memerlukan asuransi ini. Hal ini bisa dibuktikan dengan beberapa alasan di bawah ini, di antaranya adalah :

– Kita tidak akan membebani keluarga, saudara, hingga kerabat jika sewaktu-waktu kita jatu hsakit dan harus dirawat di rumah sakit. Karena pihak asuransi akan memberikan biaya perawatan hingga pengobatan untuk kita di rumah sakit;

– Setiap tahun, biaya kesehatan akan terus mengalami kenaikan sesuai dengan perkembangan ekonomi di dunia. Umumnya, biaya kesehatan akan mengalami kenaikan 10 hingga 15 persen setiap tahunnya.

Sedangkan, bagaimana dengan penghasilan kita tiap tahunnya? Inilah yang kita pikirkan dan akan menjadi alasan mengapa kita perlu memiliki asuransi kesehatan;

– Semakin muda usia kita, maka semakin murah biaya premi asuransi yang dibayarkan. Hal ini dikarenakan resiko penyakit akan semakin kecil yang mana tidak sampai keluar biaya premi yang sangat mahal. Dengan kata lain, lebih cepat lebih baik untuk segera memiliki asuransi ini;

– Dengan adanya sistem asuransi cashless, maka cukup mengeluarkan kartu sakti asuransi yang Anda miliki, maka biaya yang dibayarkan ke rumah akan terjamin.

Kesimpulan

Setelah anda tahu mengenai apa itu asuransi kesehatan dan apa saja keuntungannya, dapat diambil kesimpulan bahwa memiliki asuransi kesehatan sangat diperlukan dan sudah menjadi kebutuhan.

Bahkan saat ini juga sudah banyak kemudahan yang diberikan perusahaan asuransi, terutama asuransi kesehatan, seperti mudahnya dalam pengajuan klaim, pendaftaran.

Contohnya saat ini di beberapa perusahaan asuransi sudah bisa melakukan pengajuan secara online. Jadi anda tidak perlu sibuk-sibuk datang langsung ke kantor asuransi untuk mendaftar.

Perlu diingat, ketika Anda terlambat mendaftarkan diri untuk mengajukan asuransi, maka semakin kecil peluang untuk diterima oleh perusahaan asuransi.

Karena jika usia anda sudah tua, ini tingkat resikonya lebih besar dibandingkan Anda yang sekarang masih berusia muda.

Baca Juga:  7 Alasan Pentingnya Memiliki Asuransi Kesehatan

Tentu saja saat usia muda dan masih produktif tingkat resiko penyakit masih tergolong rendah dibandingkan dengan usia tua.

Jadi, tunggu apalagi, jangan sampai saat untuk terdesak anda baru kepikiran untuk ikut asuransi kesehatan. Ajukan asuransi kesehatan anda sekarang juga!, jika tidak mau menyesal di kemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *