Apa Itu Paypal ? Serta Kelebihan dan Kekurangan Menggunakannya

Bagi yang usdah malang melintang tentu di dunia online tentu sudah tidak asing dengan Apa Itu Paypal. Yaitu Sebuah perusahaan dalam jaringan yang menyediakan jasa transfer uang melalui surat elektronik, menggantikan metode lama sebelumnya yang masih menggunakan kertas, seperti menggunakan cek dan wesel pos, selain itu juga menyediakan jasa untuk para pemilik situs e-commerce, lelangan, dan jenis usaha lain.

Markas perusahaan ini terletak diSan Jose, California, Amerika Serikat. Awal Berdirinya Paypal Corp. Apa Itu Paypal, sebenarnya merupakan sebuah hasil penggabungan perusahaan antara Confinity dengan X.com yang dilakukan pada tahun 2000. Confinity sendiri didirikan pada bulan Desember 1998 oleh seorang bernama Peter Thiel dan Max Levchin yang awalnya bertujuan sebagai perusahaan perantara pembayaran Palm Pilot dan penyedia layanan kriptografi.

Apa Itu Paypal ? Serta Kelebihan dan Kekurangan Menggunakannya

Mengenal Apa itu Paypal?, Kelebihan dan Kekurangan Menggunakannya
Apa Itu Paypal

Adapun X.com didirikan oleh Elon Musk pada bulan Maret 1999 sebagai penyedia jasa perencanaan keuangan. Kantor pusat kedua perusahaan ini mulanya berada di 165 University Avenue, Palo Alto, California, Amerika Serikat.

Paypal di Akuisisi oleh ebay

Awal mula diakuisi ini karena melihat masa depan PayPal yang menjanjikan, dengan begitu eBay menyimpulkan bahwa hal tersebut cocok digunakan sebagai perantara pembayaran lelang online untuk mereka. Sebelumnya, ebay telah membeli Billpoint pada bulan Mei 1999 dan menjadikannya sebagai alat perantara pembayaran satu-satunya yang diakui oleh eBay meskipun pilihan untuk menggunakan metode pembayaran lain masih diizinkan.

Dilihat dari penggunaan pada bulan Februari 2000, rata-rata ada sekitar 200.000 penawaran barang per hari yang menggunakan PayPal, sedangkan yang menggunakan Billpoint hanya mencapai sekitar 4.000 penawaran saja. Bahkan pada bulan April 2000, sudah ada lebih dari satu juta penawaran yang menggunakan jasa alat transaksi tersebut.

Akhirnya pada tahun 2002, eBay resmi mengakuisinya seharga USD 1,5 miliar. ebay belakangan menghapus layanan pembayaran melalui Billpoint untuk meningkatkan potensi PayPal. Banyak pesaing utama yang akhirnya bangkrut atau dijual. Seperti Citibank C2IT yang ditutup pada akhir 2003, Yahoo! PayDirect yang tutup pada akhir 2004, dan layanan BidPay milik Western Union yang ditutup pada tahun 2005.

Namun saat ini masih ada Pesaing lain yang bertahan seperti diantaranya adalah AlertPay sekarang menjadi Payza,  Kagi, dan Moneybookers. Pada kuartal pertama 2006, total nilai transaksi yang dilakukan menggunakan PayPal meningkat mencapai USD 8 miliar, peningkatannya sekitar  41% dari tahun ke tahun.

Baca Juga: Cara Membuat Akun Paypal Gratis Terbaru.

Fungsi Paypal

Saat ini diindikasikan hampir seluruh pengusaha ataupun blogger yang berkecimpung di dunia internet telah mengenal dan menggunakan pelayanan jenis ini. Dan merupakan jasa yang memberikan pelayan pembayaran melalui internet (online) biasa dikenal dengan sebutan payment processors.

Fungsinya sendiri sangat banyak dan menguntungkan bagi yang menggunakannya, seperti pengajuan lisensi software original, keanggotaan situs, urusan bisnis, pengiriman uang antar pemilik rekening Paypal yang bisa dilakukan hingga ke seluruh dunia dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Walaupun memiliki banyak manfaat bagi para penggunanya, Namun paypal juga memiliki kelebihan dan kekurangan dari penggunaan pelayanan lelang, jual beli dan perdagangan online ini tentunya masih ada. karena semua yang diciptakan tentu tidak ada yang sepurna.

Kelebihan Menggunakan PayPal

Adapun Salah satu kelebihan daripada layanan menggunakan paypal adalah kebijaksanaan tertulis yang dilindungi dalam pengajuan komplain. Seperti jika ada pembeli yang melakukan transaksi online menggunakan media pembayaran paypal, dalam jangka waktu 45 hari. Pengajuan komplain dari pembeli seperti barang yang belum datang ataupun permintaan barang yang tidak sesuai dengan keterangan deskripsi.

Pihak perusahaan yang mengeluarkan kartu kredit milik pembeli akan mengembalikan uang chargeback dengan nominal yang sama. Selain itu juga kelebihan menggunakannya, memberikan perlindungan bagi penjual barang melalui media online jika ada komplain dari pembeli. Termasuk pengembalian uang maupun lainnya. Namun tentunya komplain dari pembeli tersebut tetap ditinjau terlebih dahulu dari permasalahan yang ada dan juga pembuktian yang tepat.

Kebijakan perlindungan yang ditujukan kepada penjual tersebut bertujuan untuk mencegah adanya penipuan dari pembeli yang mengaku bahwa telah mengirimkan uang namun ternyata belum. Karena dalam sistemnya sendiri untuk melindungi hal tersebut disetiap pembayaran yang dilakukan oleh pembeli. Selalu memiliki catatan bukit pembayaran sesuai jumlah yang sudah dikirimkan. Bukti tersebut berupa bukti pengiriman dan juga bukti penerimaan uang.

Baca Juga: Cara Verifikasi Paypal Tanpa Kartu Kredit Terbaru

Kekurangan Menggunakan PayPal

Kelebihan yang bisa anda dapatkan jika menggunakan akun ini sangat membantu dalam sebuah transaksi khususnya dengan media online. Namun disamping itu, selain memiliki kelebihan tentu penggunaan paypal juga memiliki kekurangan. Adapun kekurangan menggunakan jasa payment processor ini seperti penggunaan akses yang minim atau limitation account on access.

Hal yang seperti itu terjadi karena sistem keamanan yang terdapat didalam perangkat paypal cukup ketat dengan penjagaan super ekstra. Hal ini terkadang dapat menyulitkan penggunanya dalam mengakses transaksi yang banyak. Biasanya pembatasan menggunakan akun dilakukan bila terdapat hal yang dianggap mencurigakan yang sifatnya bisa merugikan paypal itu sendiri.

Setelah Mengenal Apa itu Paypal?, Kelebihan dan Kekurangan Mengunakannya, apa anda tertarik menggunakannya sebagai alat transaksi online? jika tertarik anda bisa membuat akun dengan gratis. Semoga informasin ini dapat menjadi solusi untuk memudahkan anda dalam trasaksi online seperti untuk keperluan pembayaran belanja online, maupun kebutuhan trasaksi online lainnya.

Leave a Comment