Apa Itu Rekening Bersama ( Rekber ) dan Keuntungan Menggunakannya

Bagi yang sudah sering melakukan belanja online atau transaksi online baik itu di online shop maupun melakukan penukaran uang pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Rekening Bersama atau lebih populer disebut REKBER saja.

Biasanya hal ini banyak ditemukan pada jual beli yang nominalnya tinggi (mahal). Seperti jual beli handphone, laptop, dan elektronik lainnya. Apa itu Rekening Bersama (Rekber)?

Pengertian Rekber adalah suatu instansi atau lembaga keuangan yang berperan sebagai perantara dalam terjadinya transaksi online.

Sebenarnya rekber itu cuma istilah yang populer di Indonesia, sedang kalau diluar negeri istilah ini dikenal dengan nama ESCROW SERVICE. Jadi kalau dagang online keluar negeri, pakenya istilah ini. Di Indonesia, istilahnya adalah REKBER.

Apa Itu Rekening Bersama ( Rekber )?

Apa Itu Rekening Bersama (REKBER), dan Keuntungan Menggunakannya

Rekber bisa dibuat resmi oleh sebuah situs / forum ataupun tidak resmi yang dibuat oleh beberapa anggota forum tersebut. Dan biasanya setiap situs atau forum jual beli online mempunyai rekber tersendiri.

Sehingga tidak semua rekber bisa dipakai dibeberapa situs atau forum jual beli online. Anda bisa menanyakan pada situs atau penjualnya langsung apakah ada fasilitas rekber di situs tersebut.

Dalam hal ini, rekber berperan sebagai pihak ketiga dalam arah pergerakan uang antara pembeli dan penjual. Berarti, arah pergerakan uang yang semula dari pembeli langsung ke penjual kini diperantarai oleh rekber, agar penjual tidak langsung menerima uang dari pembeli.

Setelah produk diterima dan disetujui oleh si pembeli, maka rekber yang akan mengirimkan uangnya ke penjual. Biasanya dalam menggunakan jasa penyedia rekber kita sebagai pengguna fasilitas jasa ini akan kenakan sejumlah fee atau biaya sesuai jumlah uang transaksi.

Biasanya dijelaskan dalam aturan perjanjian penggunaan rekber tersebut, Untuk biaya fee rekber ditanggung atas kesepakatan dari penjual dan pembeli, namun ada juga rekber yang tidak memungut biaya alias gratis.

Baca Juga:  Cara Setor Tunai di ATM BCA Ke Rekening Bank

Bagaimana Cara Kerja Rekening Bersama (Rekber)?

Gambaran Ilustrasi Cara Kerja Rekber bisa nada lihat seperti pada gambar dibawah ini.
 Apa Itu Rekening Bersama (REKBER), dan Keuntungan Menggunakannya
Via: digitalentrepreneur.id

Untuk cara kerja Rekening bersama (rekber) agar mudah difahami dapat di ilustrasikan sebagai berikut:

  1. Pembeli dan Penjual menyepakati deskripsi Barang yang dibeli,seperti harga, garansi, asuransi, ongkos kirim dan sebagainya. Setuju untuk melakukan pembayaran barang / jasa tersebut  dengan menggunakan jasa fasilitas Rekber dalam
  2. Kemudian pembeli mentransfer dana serta fee rekber (jika ada) yang sudah disepakati ke Rekber.
  3. Pembeli mengkonfirmasi ke penyedia jasa rekber dengan format sesuai aturan yang berlaku pada jasa rekber yang digunakan.
  4. Penyedia jasa rekber akan memverifikasi bahwa dana pembeli sudah masuk di rekeningnya.
  5. Penyedia jasa rekber akan mengkonfirmasi kepada penjual untuk segera memproses / mengirim barangya kepada pembeli.
  6. Untuk penjual jangan lupa mengirimkan data banknya (sesuai aturan rekber) kepada pemegang rekber yang bersangkutan untuk memudahkan pencairan dana nantinya.
  7. Jika barang sudah sampai kepada pembeli, check apakah barang sesuai dengan yang disepakati sebelumnya, jika ya pembeli melakukan konfirmasi kepada pihak penyedia rekber.
  8. Setelah ada konfirmasi penerimaan barang dari pembeli kepada peneyedia rekber, maka rekber akan mencairkan dana ke penjual setelah di potong fee rekber.
  9. dan transaksi selesai.

Baca Juga:  Daftar Kode Bank Untuk Transfer Paling Lengkap

Apa Keuntungan Menggunakan Rekening Bersama (Rekber)?

Meskipun menggunakan Rekening bersama agak merepotkan, namun menggunakan fasilitas jasa rekber memiliki keuntungan. Terutama bagi anda yang sering bertransaksi melalui media online. Adapun keuntungan menggunakan rekening bersama adalah:

1. Keamanan yang terjamin, hal utama dalam bertransaksi pasti akan mengutamakan kemanan, dengan menggunakan rekber ini akan meminimalisir tidak pidana penipuan.

Terutama keamanan dari pihak pembeli akan merasa aman dan tenang dalam bertransaksi melalui media online. karena pembayaran akan dibayarkan oleh pihak rekber jika barang yang anda pesan sudah sampai ditangan anda dan sesuai dengan keinginan.

2. Pembeli bisa membatalkan jika barang yang diterima ternyata tidak sesuai dengan keinginan atau diskripsi disaat mau membeli. Beda halnya jika anda transaksi langsung.

Maka akan sulit untuk proses pembatalan jika barang yang anda pesan tidak sesuai atau belum nyampai ditangan anda.

3. Bagi penjual dengan menggunakan atau melayani pembayaran menggunakan rekber ini akan secara tidak langsung membuat toko online miliknya lebih dipercaya dan mendapat reputasi baik.

4. Bagi anda pemula atau masih baru dalam menjual barang melalui toko online. Tentu belum banyak mendapatkan kepercayaan konsumen, dengan menggunakan Rekber juga bisa memungkinkan mengenai peningkatan kepercyaaan toko online anda.

Demikian pengertian dan keuntungan menggunakan rekening bersama (Rekber). meskipun dalam penggunaan sedikit lebih lama jika dibandingkan dengan trasaksi tanpa menggunakan rekber. Namun hal ini akan membuat lebih terjamin soal kemanannya.

Baca Juga:  Alternatif Transfer Uang Tanpa Rekening Bank

Semoga setelah anda tahu apa itu rekber dan keuntungan dalam menggunakannya kedepannya tidak ada lagi yang menjadi korban penipuan di dunia maya (online). Baca Juga: Tips Menghindari Penipuan Kartu Debit dan Kartu Kredit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *