in

Aplikasi Pinjam Uang Untuk Mahasiswa, Ini Bisa Menjadi Pilihan

Aplikasi Pinjam Uang Untuk Mahasiswa – Selain manajemen waktu, mahasiswa juga dituntut untuk mengatasi masalah keuangannya. Dan mau tidak mau mengupayakan dana pinjaman untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Apalagi pada saat adanya kebutuhan yang mendesak.

Sementara uang yang Anda pegang saat itu sangat terbatas, atau bahkan tidak mencukupi untuk membayar keperluan yang sangat mendesak tersebut. Anda pun terpikir untuk menggunakan aplikasi pinjam uang online yang kini sedang marak.

Ya, sesuai dengan namanya, aplikasi ini memang dapat diakses oleh siapapun. Tidak terkecuali mahasiswa. Hanya tinggal menginstal aplikasi tersebut di smartphone Anda, kemudian melakukan registrasi atau pendaftaran dengan melengkapi data akun Anda.

Anda pun dapat melakukan pinjaman uang dari aplikasi pinjam uang tersebut. Bahkan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menunggu proses pencairan dana pinjaman tersebut.

Aplikasi Pinjam Uang Untuk Mahasiswa

Aplikasi Pinjam Uang Untuk Mahasiswa, Ini Bisa Menjadi Pilihan

Berbeda dengan pinjam uang melalui perbankan atau institusi lain secara konvensional yang membutuhkan beberapa dokumen atau berkas pengajuan pinjaman, pinjam uang online tidak membutuhkan syarat ataupun prosedur yang berbelit. Biasanya, Anda hanya perlu mengisi kelengkapan data akun Anda, kemudian mengajukan berapa nilai pinjaman Anda.

Namun tentunya, dalam pengajuan pinjaman ini, Anda tentu memiliki konsekuensi untuk mengembalikan dana tersebut dengan tepat waktu, berikut bunganya. Nah, semakin lama Anda mengembalikan dana tersebut, maka secara otomatis, beban bunga yang harus Anda bayarkan juga semakin besar.

Karena itu, penting bagi Anda untuk memegang komitmen pelunasan utang tersebut. Dan informasinya, bunga yang dikenakan penyedia pinjaman online lebih tinggi dari pinjaman perbankan. Bahkan, ada yang mengenakan 1% per hari.

Baca Juga:  Pinjaman Uang Tanpa Jaminan Langsung Cair

Kelebihan pinjaman online

Jadi, aplikasi pinjam uang ini memang memiliki kelebihan dan kekurangan jika dibandingkan dengan pinjaman konvensional. Berikut beberapa kelebihannya:

1. Syarat mudah dan praktis

Ya, seperti yang sudah disebutkan di atas, syarat yang sangat mudah menjadikan sebagian masyarakat tertarik untuk menggunakan aplikasi pinjaman online. Setiap pengguna hanya perlu melengkapi formulir atau isian data yang ada di aplikasi tersebut dengan lengkap. Biasanya, hanya perlu idenstitas diri, seperti KTP atau SIM yang masih berlaku.

2. Tidak membutuhkan jaminan

Selain itu, aplikasi pinjaman uang juga tidak membutuhkan jaminan, sehingga posesnya memang lebih mudah dan cepat. Mungkin hanya butuh waktu sekitar satu sampai tiga hari. Bahkan ada pula yang menjanjikan proses pencairan dana hanya dalam waktu beberapa menit saja. Kita juga tidak perlu membuang energi ataupun ongkos transportasi untuk mengurus persyaratannya.

3. Bisa digunakan untuk keperluan apa pun

Dalam pengajuan pinjaman online, Anda tidak perlu menjelaskan secara detil keperluan dana pinjaman Anda. Dengan begitu, Anda dapat menggunakan dana tersebut, untuk berbagai keperluan, seperti berbisnis, memenuhi kebutuhan hidup, atau untuk membayar kuliah. Asalkan, Anda dapat memiliki komitmen untuk mengembalikan dana tersebut secara tepat waktu.

4. Waktu dan jumlah pinjaman yang fleksibel

Aplikasi Pinjam Uang Untuk Mahasiswa, Ini Bisa Menjadi Pilihan

Anda dapat mengajukan pinjaman mulai dari nominal yang paling rendah, yaitu dikisaran Rp400 ribu sampai dengan puluhan juta, yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun, besaran dana pinjaman dan lamanya waktu tentu akan berpengaruh terhadap beban biaya bunga yang harus Anda bayarkan. Karena itu, ini bisa menjadi aplikasi pinjam uang untuk mahasiswa yang tidak membutuhkan dana besar.

Baca Juga:  Cara Investasi Saham Untuk Mahasiswa Yang Menguntungkan

Kekurangan aplikasi pinjaman uang online

Sebagai mahasiswa, Anda tentu harus jeli dalam menganalisis sesuatu sebelum memutuskannya. Termasuk pada saat Anda akan mengajukan pinjaman secara online. Mulai dari jumlah pinjaman, tenor atau lamanya waktu pinjaman, dan biaya bunga pinjaman.

Selain itu, juga seperti apa mekanisme pengembalian dana pinjaman tersebut. Jangan sampai Anda tergiur, apalagi tertipu dengan kemudahan yang ditawarkan. Karena seperti yang kita tahu, tidak sedikit oknum yang memanfaatkan peluang bisnis di tengah masyarakat.

Tidak jarang pula kita dengar kasus kerugian nasabah dari perusahaan layanan keuangan yang beredar di masyarakat. Hal ini tentu juga harus menjadi pertimbangan Anda. Salah satunya, besarnya biaya bunga yang harus dibayarkan dibandingkan dengan hitungan di awal.

Beban biaya bunga pinjaman bisa semakin membengkak, jika Anda terlambat melakukan pembayaran, Karena itu, ketahui dengan jelas mekanisme pengembalian dana pinjaman beserta hitung-hitungannya.

Baca Juga:  Cara Investasi Saham Untuk Mahasiswa Yang Menguntungkan

Aplikasi pinjam uang untuk mahasiswa

Aplikasi Pinjam Uang Untuk Mahasiswa

Berikut beberapa aplikasi pinjam uang untuk mahasiswa:

1. Aplikasi pinjam uang kredit pintar

Dari aplikasi kredit pintar, pinjaman uang bisa didapatkan mulai dari Rp500 ribu sampai dengan Rp2 juta, dengan tenor pinjaman mulai dari 14 hari hingga waktu 90 hari. Bunga yang diberlakukan aplikasi ini informasinya tidak lebih dari 10%. Tapi lihat kembali secara detil “term and condition” pinjaman uang dari aplikasi tersebut secara langsung.

2. DanaRupiah

Danarupiah juga menyediakan bantuan pinjaman uang secara online dengan mudah. Jumlah pinjaman yang bisa diajukan mulai dari Rp400 ribu hingga Rp4 juta. Tenor pinjamannya mulai dari 7 hari hingga 21 hari, dengan perhitungan bunga sekitar Rp1% per hari.

3. PinjamanGo

Besaran pinjaman yang dapat diajukan mulai dari Rp.600 ribu hingga Rp1,2 juta, dengan biaya bunga sekitar 10% per tahun. Aplikasi ini juga menawarkan pinjaman untuk dengan nilai yang cukup besar, yakni mencapai Rp50 juta. Namun tentu memiliki konsekuensi yang lebih besar pula.

Kartu Kredit Citibank dengan Berbagai Manfaatnya

Kartu Kredit Citibank dengan Berbagai Manfaatnya

Pinjaman Dana Tanpa Jaminan Langsung Cair

Pinjaman Uang Tanpa Jaminan Langsung Cair