in

Tips Menentukan Asuransi Mobil All Risk Bulanan yang Tepat

Asuransi Mobil All Risk Bulanan – Ketika Anda akan membeli asuransi, hal yang mungkin terbersit dalam pikiran Anda adalah berapa biaya premi yang harus Anda bayarkan. Berapa rupiah yang harus keluar dari kantong Anda. Nah, untuk mengetahui hal tersebut, pertama-tama tentunya Anda harus menentukan terlebih dahulu jenis asuransi mobil yang akan diambil.

Apakah Anda akan mengambil jenis asuransi mobil all risk, ataukah asuransi total loss only (TLO). Hal ini tentu saja tergantung dari berapa besar perlindungan yang Anda butuhkan. Dari sini baru selanjutnya Anda dapat memperkirakan berapa jumlah nominal asuransimobil all risk bulanan (per tahunnya).

Asuransi Mobil All Risk Bulanan

Tips Menentukan Asuransi Mobil All Risk Bulanan yang Tepat

Jika Anda ingin mendapatkan perlindungan yang mencakup semua perlindungan, seperti jaminan perlindungan untuk kecelakaan, tabrakan, bencana alam, pencurian, dan sebagainya, maka Anda dapat mengambil asuransi mobil all risk, atau yang disebut juga asuransi gabungan (comprehensive).

Lagi-lagi, jenis asuransi ini tentu lebih mahal dibanding asuransi mobil total loss only (TLO). Perlindungan atau jaminan dari jenis asuransi TLO hanya meng-cover sebagian, atau kerusakan total yang terjadi mencapai 75% dari harga kendaraan. Jadi, untuk perhitungan biaya asuransi mobil all risk bulanan, asuransi TLO mungkin bisa jadi pertimbangan.

Meski demikian, Anda sejatinya menghitung kebutuhan berapa besar proteksi yang seharusnya diberikan kepada mobil kesayangan Anda. Pasalnya, ketika mobil Anda rusak, atau hanya mengalami lecet atau tergores saja, mau tidak mau Anda harus mengeluarkan uang untuk perbaikannya. Karena itu, tidak heran jika banyak orang yang semakin sadar pentingnya memiliki asuransi mobil all risk bulanan.

Baca Juga: Perhatikan Hal-Hal ini Sebelum Menggunakan Asuransi Mobil All Risk

Dengan premi yang dibayarkan setiap bulannya atau pertahun, maka pengeluaran untuk perbaikan mobil akan terasa ringan. Apalagi sekarang ini risiko kerusakan kendaraan, baik yang diakibatkan kecelakaan di jalan ataupun karena musibah lainnya semakin meningkat. Lalu, bagaimana memilih asuransi mobil all risk bulanan yang tepat?

Perusahaan Penyedia Asuransi Mobil All Risk Bulanan

Tips Menentukan Asuransi Mobil All Risk Bulanan yang Tepat

Sekarang ini banyak perusahaan asuransi umum yang menawarkan asuransi mobil all risk bulanan. Produk yang ditawarkan pun sangat beragam. Anda juga tidak perlu khawatir mengenai perhitungan premi asuransi mobil all risk bulanan. Sebab, agen asuransi yang professional tentu akan membantu Anda dalam membuat perhitungan tersebut. Persiapkan saja berapa budget yang Anda anggarkan untuk perlindungan atau jaminan asuransi ini.

Beberapa perusahaan asuransi yang memiliki jenis asuransi mobil all risk bulanan, di antaranya:

1. Asuransi Central Asia (ACA),
2. Asuransi AXA Mandiri,
3. Asuransi Adira Insurance,
4. Asuransi Garda Oto, dan
5. Asuransi Bumiputera Muda.

Buatlah perbandingan dari beberapa perusahaan asuransi tersebut. Tidak hanya dari sisi harga premi, namun juga jaminan pertanggungan dan risiko, serta lihat juga layanan klaimnya. Mengapa?

Pertama, dengan mengetahui tarif premi dan perhitungannya di awal, Anda bisa mengukur atau membuat estimasi biaya premi asuransi mobil all risk bulanan atau per tahunnya.

Kedua, besaran nilai premi juga seharusnya sebanding dengan nilai pertanggungan (UP) yang diberikan pihak asuransi, dan juga risiko yang dijamin. Biasanya hal tersebut akan dijelaskan secara rinci oleh agen asuransi. Jadi, jangan sampai terkecoh dengan biaya premi yang murah.

Baca Juga: Asuransi Mobil All Risk Meliputi Apa Saja? Cari Tahu Yuk!

Prosedur dan Layanan Klaim

Mengetahui bagus tidaknya layanan klaim dari perusahaan asuransi juga termasuk salah satu hal yang paling penting dalam membeli asuransi, di samping mengetahui biaya premi asuransi mobil all risk bulanan, atau yang dibayarkan setiap tahunnya. Layanan klaim ini pun sejatinya akan dijelaskan oleh agen asuransi saat Anda akan membeli produk asuransi.

Untuk perhitungannya tidaklah mudah dilakukan, namun saat kita membuat perbandingan antara satu perusahaan asuransi dengan perusahaan asuransi lainnya. Bagus tidaknya pelayanan yang diberikan pihak asuransi hanya bisa diukur dari pengalaman penggunanya (user experience); seberapa puas nasabah atau pelanggan saat melakukan klaim di perusahaan asuransi tersebut.

Hanya kepuasan pelanggan inilah yang kemudian bisa memberikan nilainya. Karena itu, penting juga untuk mempertimbangkan rekomendasi dari kerabat, teman, kolega, atau orang yang Anda kenal baik dan telah menggunakan layanan dari perusahaan asuransi tersebut. Sebab, seperti yang kita tahu, semua “kecap” adalah kecap nomor satu.

Tapi, seberapa lezat? Jawabannya tentu hanya bisa kita ketahui jika kita telah menggunakannya. Jadi, rekomendasi teman bisa menjadi salah satu alternatif jalan yang patut dipertimbangkan.

Pertanyakan Reputasi Perusahaan Asuransi

Selain beberapa hal di atas, ketahui juga reputasi dan kredibilitas perusahaan asuransi Anda. Anda harus memastikan terlebih dahulu, apakah perusahaan asuransi mobil all risk yang Anda pilih tersebut memperoleh izin dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Di samping juga ketentuan yang dibuat dan dipersyaratkan oleh pihak asuransi; apakah sesuai dengan ketentuan dan peraturan OJK selaku badan pengawas di industri keuangan atau tidak. Seperti yang kita tahu, OJK telah memberlakukan ketentuan baru terkait tarif premi asuransi. Ketentuan ini terdapat di dalam Surat Edaran OJK Nomor 6/SEOJK.05/2017.

Dalam surat edaran ini, OJK menetapkan ketentuan nilai pertanggungan, dan batas atas maupun batas bawah tarif premi yang menjadi acuan bagi perusahaan asuransi. Penetapan batas atas dan batas bawah juga didasarkan pada masing-masing wilayah kendaraan beroperasi. Jadi, jangan sampai terjebak, ya. Baca : 6 Tips Membaca Polis Asuransi Agar Mudah Memahami

Written by Zonkeu

Suka mencoba hal baru penuh tantangan yang memaksa otak untuk selalu berfikir keras

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

Cara Klaim Asuransi Mobil All Risk ACA

Cara Klaim Asuransi Mobil All Risk ACA Yang Benar

Biaya Asuransi Mobil All Risk Garda Oto Yang Perlu Anda Tahu

Biaya Asuransi Mobil All Risk Garda Oto Yang Perlu Anda Tahu