Tulis ArtikelMulai Menulis & Share Artikel Terbaikmu Disini Sekarang !

Asuransi Mobil All Risk Meliputi Apa Saja? Cari Tahu Yuk!

Asuransi Mobil All Risk Meliputi Apa Saja? Memiliki asuransi kendaraan kini menjadi hal penting yang tidak bisa dilewatkan oleh Anda yang memiliki kendaraan, atau berniat ingin membeli kendaraan bermotor atau mobil. Sebab, kita tidak pernah tahu apa yang terjadi di kemudian hari dan menimpa aset yang kita cintai tersebut.

Bukan hanya sebagai bentuk perlindungan dari berbagai kerusakan yang terjadi, kepemilikan asuransi kendaraan juga memberikan rasa aman dari segala kemungkinan yang terjadi di luar perkiraan Anda. Apalagi dengan semakin tingginya mobilitas, semakin besar risiko yang harus ditanggung.

Karena itu, asuransi all risk banyak dipilih para pemilik mobil, meskipun premi untuk asuransi mobil all risk dikatakan lebih mahal dibandingkan jenis asuransi TLO (Total Lost Only). Sebab, jaminan yang diberikan asuransi all risk sangat komprehensif, bahkan hampir mencakup semua yang dibutuhkan mereka.

Baca Juga: Perbedaan Asuransi Mobil All Risk dan Total Loss Only (TLO)

Asuransi Mobil All Risk Meliputi Apa Aaja yang ditanggung?

Asuransi Mobil All Risk Meliputi Apa Saja yang Ditanggung?
Asuransi Mobil All Risk via: Asuransime.com

Jika dirinci satu per satu, Asuransi Mobil All Risk Meliputi Apa Saja yang ditanggung, berikut beberapa hal yang ditanggung.

1. Menjamin kerusakan yang terjadi pada mobil karena kecelakaan

Ketika terjadi kerusakan pada mobil Anda, asuransi all risk atau yang disebut juga asuransi gabungan menjamin segala kerugian yang disebabkan kerusakan besar maupun kecil akibat kecelakaan, atau tabrakan dengan kendaraan lain.

2. Memberikan jaminan jika mobil hilang

Asuransi Mobil All Risk Meliputi Apa Saja, asuransi ini memberikan jaminan kepada Anda apabila mobil Anda hilang karena dirampas, dan Anda dapat membuktikan kasus perampasan tersebut secara yuridis.

3. Menjamin kerusakan yang disebabkan kerusuhan

Asuransi all risk juga memberikan perlindungan terhadap kerusakan yang terjadi pada mobil Anda akibat menjadi sasaran kerusuhan. Bukan dijadikan alat untuk berbuat kerusuhan atau kejahatan. Ini yang perlu dicatat.

4. Menjamin kerusakan akibat bencana alam

Kondisi geografis Indonesia yang menyebabkannya rentan terhadap musibah bencana alam, seperti banjir dan sebagainya menjadikan asuransi all risk dipilih oleh banyak pemilik kendaraan. Tapi, harus dicatat di sini bahwa asuransi ini tidak berlaku jika mobil yang Anda miliki sengaja digunakan untuk menerjang banjir.

Baca Juga : Ini Alasan Mengapa Memiliki Asuransi Kendaraan Itu Penting

Beberapa Hal Yang Harus diketahui Pemilik Kendaraan

Karena itu, selain mengetahui dengan cermat Asuransi Mobil All Risk Meliputi Apa Saja yang ditanggung, ada beberapa hal yang perlu digaris bawahi oleh para pemilik kendaraan, di antaranya:

1. Kendaraan tidak digunakan untuk kejahatan

Ya, pihak asuransi jelas sudah tentu tidak akan memberikan jaminan atau perlindungan pada mobil yang digunakan untuk melakukan kejahatan. Apa pun jenis kejahatannya. Jadi, jangan pernah menggunakan mobil Anda untuk berbuat kejahatan atau melanggar hukum.

2. Kendaraan hilang karena penggelapan dana atau penipuan

Sebagaimana dijelaskan pada poin yang pertama, mobil yang hilang karena sebab kejahatan tidak berhak atas perlindungan atau penjaminan, termasuk kendaraan yang hilang karena penipuan, penggelapan dana, hipnotis, ataupun Anda secara sadar menyerahkan kunci mobil Anda kepada pihak yang tidak bertanggung jawab.

3. Kendaraan tidak digunakan sebagaimana mestinya

Poin ini juga harus menjadi perhatian mereka yang sudah dan akan memilih asuransi all risk. Sebab, mobil yang rusak sebagian atau menjadi tidak berfungsi akibat kelebihan muatan, menarik benda, atau mengangkut hewan maupun barang di luar peruntukannya tidak akan mendapatkan penggantian dari pihak asuransi.

Baca Juga : Mengenal Asuransi Kendaraan Bermotor Yang Ada di Indonesia

4. Melanggar lalu lintas

Pun pada saat mobil mengalami kerusakan karena Anda terbukti melanggar lalu lintas, dibawa secara ugal-ugalan, dan tidak mengantongi Surat Izin Mengemudi (SIM), Anda juga tidak dapat meminta jaminan mobil Anda kepada pihak asuransi. Karena itu, pastikan selalu Anda berkendara dan menempatkan kendaraan Anda secara benar.

Buat Perencanaan Keuangan!

Lepas dari beberapa poin di atas, hal yang tidak kalah penting saat akan menentukan jenis asuransi kendaraan adalah sesuaikan biaya yang harus dikeluarkan dengan kocek Anda. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat perencanaan keuangan yang matang; Berapa besar pos keuangan yang harus Anda keluarkan untuk membayar premi asuransi setiap bulannya.

Asuransi mobil all risk memang dapat menjamin hampir semua kerusakan yang terjadi pada mobil Anda, dibanding asuransi TLO yang hanya meng-cover sekitar 75% dari kerusakan yang terjadi. Namun, harus dilihat kembali seberapa besar manfaatnya bagi Anda.

Untuk mereka yang menggunakan kendaraan dengan mobilitas dan risiko yang tinggi jelas dapat memilih asuransi mobil all risk dengan segala manfaatnya, sehingga merasa lebih aman dan nyaman saat berkendara. Berbeda dengan mereka yang hanya menggunakan kendaraan sewaktu-waktu, mungkin dapat memilih jenis asuransi lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Pilihannya tentu saja tergantung pada Anda! Karena itu, buatlah perencanaan keuangan sebelum memutuskan untuk membeli mobil dan memilih jenis asuransi yang akan digunakan.

Pilih Perusahaan Asuransi Terpercaya

Selain menyesuaikan perencanaan keuangan, pilihlah agen asuransi dari perusahaan asuransi terpercaya yang menawarkan produk asuransinya kepada Anda. Pastikan, perusahaan asuransi tersebut memiliki izin dan terbukti dapat memberikan pelayanan terbaik kepada nasabahnya.

Tidak hanya pada saat pengajuan asuransi, tapi juga pada saat melakukan klaim. Baca dan pelajari dengan baik klausul dalam kontrak yang dibuat agar Anda benar-benar dapat merasakan manfaat dari produk asuransi yang Anda pilih. Baca : Apa Itu Asuransi ACA Otomate? dan Fasilitas Layanannya

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *