Mengenal Asuransi Pendidikan Anak Agar Tidak Salah Pilih

Mengenal Asuransi Pendidikan Anak – Asuransi pendidikan anak merupakan produk asuransi yang menawarkan tabungan sekaligus investasi dana pendidikan untuk anak. Orangtua sebagai tertanggung wajib membayar premi sesuai dengan pilihan produk yang akan menjadi tabungan serta investasi dana pendidikan.

Tabungan dapat diambil ketika anak akan masuk ke jenjang pendidikan. Selain itu, jika orangtua mengalami musibah walaupun premi sudah tidak dibayar, tabungan dana pendidikan tersebut tetap diberikan kepada anak yang bersangkutan.

Umumnya kita sebagai orang tua tentu ingin memberikan hal terbaik yang dapat diberikan untuk anak-anak dimulai dari makanan, pakaian, hiburan hingga pendidikan. Pendidikan sendiri merupakan bekal untuk masa depan anak-anak agar dapat berkembang dan bertumbuh hingga mampu menghidupi dirinya sendiri.

Mengenal Asuransi Pendidikan Anak Agar Tidak Salah Pilih

Mengenal Asuransi Pendidikan Anak Agar Tidak Salah Pilih
Image by ©LWA-Dann Tardif/CORBIS

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa Indonesia memiliki rata-rata kenaikan biaya pendidikan setiap tahunnya sebesar 10%. Dengan kenaikan biaya pendidikan yang cukup tinggi ditambah dengan perekonomian di Indonesia yang tidak stabil cukup membuat kita was-was.

Apakah kita mampu mengimbangi biaya pendidikan yang terus meningkat. Dibutuhkan perencanaan sejak dini agar anak-anak kita mendapatkan pendidikan yang terbaik.

Kita pasti menginginkan kualitas tenaga pengajar yang tinggi dan fasilitas sekolah yang memadai. Ini merupakan hal penting yang harus Anda pertimbangkan ketika Anda sudah berkeluarga atau memiliki anak balita.

Semakin bertambahnya jumlah anak tentu semakin besar biaya yang akan dikeluarkan untuk pendidikan anak apalagi ketika anak sudah memasuki perguruan tinggi. Solusi terbaik untuk mengatasi biaya pendidikan yang terus meningkat adalah dengan asuransi pendidikan anak.

Simak penjelasan mengenai asuransi pendidikan anak berikut ini agar dapat lebih memahami bagaimana asuransi pendidikan mengatasi kenaikan biaya pendidikan setiap tahunnya serta manfaat  lainnya.

Baca Juga:  Kelebihan dan Keunggulan Perlindungan Asuransi Mobil ACA

Perbedaan Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan

Jika berhubungan dengan tabungan tentu kita bertanya-tanya apa perbedaan dari menggunakan asuransi pendidikan dibanding tabungan pendidikan? Keduanya memiliki kesamaan yaitu berbentuk tabungan untuk dana pendidikan anak.

Walaupun begitu tetapi keduanya juga memiliki perbedaan berikut ini yang akan membantu Anda lebih mengenal asuransi pendidikan.

1. Tabungan pendidikan akan lebih sesuai digunakan untuk tabungan jangka pendek sedangkan asuransi pendidikan lebih sesuai digunakan untuk tabungan jangka panjang.

2. Tabungan Pendidikan dikeluarkan oleh bank sehingga lebih terjamin walaupun terjadi sesuatu pada bank tersebut maka tabungan kita akan tetap aman karena dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan).

Sedangkan asuransi pendidikan tidak memiliki jaminan apabila terjadi sesuatu pada perusahaan yang bersangkutan.

3. Tabungan pendidikan karena berbentuk tabungan memiliki bunga yang kecil yaitu kisaran 3%-6% serta biaya tambahan administrasi sedangkan asuransi pendidikan memiliki bungan yang lebih besar yaitu kisaran 15%-20% karena berbentuk investasi.

4. Tabungan pendidikan memiliki pertanggungan lebih terbatas karena Bank hanya menanggung biasanya sampai batas maksimum jumlah setoran sedangkan asuransi pendidikan memiliki pertanggungan tidak terbatas sesuai dengan produk asuransi yang Anda pilih dan sanggupi.

5. Keuntungan dari tabungan pendidikan akan Anda dapatkan sesuai dengan pembayaran bunga yang ditetapkan oleh bank sehingga tabungan Anda tidak akan berkurang.

Sedangkan asuransi pendidikan memiliki keuntungan bergantung pada kinerja dan risiko investasi berdasarkan jenis investasi yang akan Anda pilih maka keuntungan investasi menjadi tidak pasti yaitu dapat berkurang maupun bertambah.

Umumnya perbedaan antara tabungan pendidikan dan asuransi pendidikan adalah tabungan pendidikan memiliki risiko yang kecil dan asuransi pendidikan memiliki risiko yang tinggi tetapi manfaat dengan keuntungan tidak terbatas.

Mengapa Anda harus memilih asuransi pendidikan?

Asuransi Pendidikan terdapat kelebihan-kelebihan yang dapat Anda pertimbangkan berikut ini.

Perlindungan yang ditawarkan sangat menggiurkan apalagi sebagai orangtua tentu kita ingin anak kita selalu terjamin dan terlindungi. Jika orangtua meninggal, cacat atau didiagnosa menderita penyakit kritis maka premi dihapuskan.

1. Walaupun premi dihapuskan tetapi anak tetap dibiayai sesuai produk asuransi pendidikan anak yang telah dipilih orangtua. Ini juga dapat menjadi pertimbangan jika orangtua tunggal karena jika terjadi sesuatu maka tentu kita akan mempertanyakan siapa yang akan menjaga dan merawat anak kita?

2. Selain itu, asuransi pendidikan anak merupakan rencana tabungan dana pendidikan yang masuk akal. Hal ini dikarenakan terdapat kemungkinan jumlah keuntungan bertambah tergantung bagaimana kita memilih asuransi yang tepat.

Baca Juga:  6 Tips Jitu Memilih Asuransi Pribadi Maupun Keluarga

Langkah-Langkah Memilih Asuransi Pendidikan Anak Yang Tepat

Keuntungan yang maksimal dapat diperoleh jika kita memilih dan merencanakan asuransi pendidikan anak yang tepat, Berikut adalah langkah-langkah memilih asuransi pendidikan yang tepat.

1. Mengetahui Kondisi Keuangan Anda

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui kondisi keuangan Anda. Mulai meninjau dari kemampuan Anda memenuhi kebutuhan saat ini, apakah kebutuhan sehari-hari Anda sudah terpenuhi atau belum.

Kemudian ketersediaan dana serta aset yang Anda miliki dan bagaimana kemampuan keuangan Anda untuk memenuhi biaya pendidikan anak.

Mengetahui kondisi keuangan sangat penting karena asuransi pendidikan dirancang untuk menjamin dan melindungi Anda dan anak-anak Anda bukan untuk membuat keuangan Anda goyah. Jadi sebaiknya pastikan kondisi keuangan Anda memungkinkan untuk mengajukan asuransi pendidikan.

2. Merencanakan Dana Pendidikan

Setelah mengetahui kondisi keuangan Anda, Anda dapat mulai merencanakan dana pendidikan untuk masa depan anak Anda.

Anda perlu merencanakan berapa biaya yang dibutuhkan untuk pendidikan dari PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) hingga menyelesaikan perguruan tinggi serta mempertimbangkan kenaikan biaya pendidikan anak.

3. Mencari Informasi Tentang Produk Asuransi Pendidikan Yang Tersedia

Sebelum merencanakan asuransi pendidikan sebaiknya Anda mencari informasi mengenai produk-produk asuransi pendidikan yang tersedia. Pilah produk asuransi yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

Yang terpenting adalah pastikan produk asuransi pendidikan tersebut berasal dari perusahaan yang terjamin dan terpercaya. Pilihlah perusahan yang sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Di era teknologi yang berkembang dengan pesat bukan hal yang sulit untuk menemukan informasi mengenai perusahaan asuransi tersebut. Perusahaan asuransi semakin berkembang mengikuti perkembangan zaman dengan memberikan informasi produk mereka di website resmi mereka.

Baca Juga:  Asuransi Terbaik di Indonesia Versi Majalah Terkemuka

Mengenal Asuransi Pendidikan Anak: Lebih Awal Lebih Baik

Untuk lebih jelasnya, sebaiknya tanyakan pada agen asuransi yang dapat menjelaskan produk-produk yang mereka jual. Hindari agen asuransi yang tidak dapat menjelaskan produk-produknya karena hanya akan membuat Anda salah memilih produk asuransi pendidikan.

Tanyakan mengenai apa yang tidak ditanggung dan ditanggung oleh perusahaan serta paparkan apa saja yang Anda butuhkan sebagai orangtua.

Setelah mengetahui kondisi keuangan, merencanakan dana pendidikan hingga mencari informasi produk asuransi pendidikan, Anda dapat memilih asuransi pendidikan yang tepat untuk Anda dan anak-anak Anda.

Sebaiknya Anda mulai merencanakan tentang asuransi pendidikan sejak anak masih balita. Potensi pengembalian mungkin lebih tinggi karena ada periode waktu yang lebih lama untuk pengembalian yang akan diakumulasikan.

Serta jika terjadi sesuatu pada orang tua saat anak berada pada usia yang sangat muda maka pendidikan anak di masa depan sudah diurus. Sekian penjelasan mengenai asuransi pendidikan, semoga dapat bermanfaat untuk Anda memilih asuransi pendidikan yang tepat untuk Anak Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *