Kirim ArtikelMenyalurkan Hobi Sekaligus Mendapatkan Penghasilan

Asuransi Pendidikan Untuk Melindungi Masa Depan Anak Yang Terjamin

Asuransi Pendidikan pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Tapi tahukah Anda apakah asuransi pendidikan itu? Dan apa manfaatnya? Ini merupakan salah satu produk asuransi yang merupakan gabungan antara pendidikan dan asuransi jiwa.

Pendidikan sudah menjadi suatu prioritas orangtua pada umumnya sebagai bekal untuk masa depan anak-anak. Tetapi biaya pendidikan yang terus meningkat setiap tahunnya. Belum risiko-risiko di masa depan yang belum kita bisa prediksi banyak sekali dan tidak dapat kita hindari.

Melindungi anak anda dengan Asuransi merupakan salah satu pilihan terbaik untuk menjamin masa depannya nanti. Asuransi pendidikan terbagi atas dua jenis yaitu asuransi endowment atau dwiguna dan unit link.

Perbedaan mendasar atas kedua jenis asuransi ini adalah endowment hanya berbentuk tabungan saja sedangkan unit link Anda akan menabung dan berinvestasi. (Baca juga: Asuransi Terbaik di Indonesia 2017 Versi Majalah Terkemuka)

Sebagai orangtua, kita tidak dapat menjamin bahwa kita dapat membiayai pendidikan anak sampai Ia sampai pada jenjang perkuliahan hingga sarjana. Tidak ada yang dapat menjamin keuangan kita tetap stabil untuk membiayai pendidikan anak.

Tidak ada yang dapat menjamin kita tetap sehat dan tidak ada ada yang dapat menjamin kita tetap mendampingi anak-anak kita sampai Ia menyelesaikan pendidikannya padahal pendidikan merupakan bekal untuk masa depannya.

Asuransi pendidikan akan menjamin anak-anak kita akan mendapatkan pendidikan yang terbaik walaupun kita sudah tidak sanggup membayar premi, mengalami cacat, menderita penyakit kronis hingga meninggal.

Asuransi pendidikan dapat menjadi tabungan sebagai perencanaan sejak dini untuk pendidikan anak-anak kita serta investasi masa depan.

Anda tentu pernah mendengar peribahasa ‘sekali mendayung, dua-tiga pulau terlampaui’ yang berarti satu kali melakukan pekerjaan dapat menghasilkan beberapa keuntungan.

Hal tersebut berlaku juga pada asuransi pendidikan karena dengan membeli Anda mendapatkan beberapa manfaat sekaligus. Berikut adalah berbagai manfaat jika Anda membeli asuransi pendidikan.

1. Manfaat Asuransi Pendidikan

Sesuai dengan namanya, asuransi pendidikan akan menjamin pendidikan anak hingga mereka dapat menyelesaikan jenjang pendidikan dengan biaya tanggungan sesuai produk asuransi yang telah dipilih oleh orangtua. Dengan biaya pendidikan yang semakin hari semakin mahal.

Asuransi pendidikan menawarkan solusi dana pendidikan yang menggiurkan. Apalagi ditambah dengan paradigma masyarakat bahwa semakin mahal biaya pendidikan yang dikeluarkan maka semakin bagus pula pendidikan yang anak dapatkan.

Untuk mendapatkan manfaat yang semaksimal mungkin maka sebaiknya gunakan asuransi pendidikan sejak anak masih usia dini. Dengan perencanaan sejak dini, Anda dapat mencairkan dana pendidikan tersebut setiap kali anak menginjak bangku sekolah.

Ini Sangat membantu sekali mulai dari masuk TK, SD, SMP, SMA hingga jenjang perkuliahan. (Baca juga: Agar Keuangan Rumah Tangga Aman Meski Gaji Kecil, Lakukan 5 Langkah Ini!)

2. Sebagai Asuransi Jiwa Orangtua

Seperti yang telah dijelaskan bahwa tidak ada yang tahu kapan musibah menghampiri kita. Mungkin sekarang kita hidup serba berkecukupan dan serba ada tetapi tidak ada yang dapat menjamin sepuluh tahun lagi kita masih ada di tempat yang sama.

Beruntung jika kita mendaki ke tempat yang lebih tinggi bukan malah jatuh ke bawah. Apalagi saat Anda sudah berkeluarga dan memiliki anak tentu sebagai orangtua kita tidak ingin anak ikut menderita bahkan hingga putus sekolah. (Baca juga: Jangan Mengambil Resiko Dalam Mengelola Keuangan Pribadi Anda)

Dalam hidup adalah hal yang alami ketika kita mengalami sakit hingga kematian tetapi kita tentu tidak ingin meninggalkan duka bagi orang – orang yang kita sayangi termasuk anak – anak.

Kita sudah meninggalkan duka tentu tidak ingin meninggalkan mereka dalam kondisi keuangan yang tidak stabil. Asuransi pendidikan menjamin walaupun orangtua sebagai tertanggung mengalami penyakit kronis.

Meskipun hingga sampai mengalami musibah kematian, namun akan tetap dapat mencairkan dana pendidikan untuk anak. Hal ini secara tidak langsung asuransi pendidikan juga memberikan asuransi jiwa orangtua.

3. Mendapatkan Keuntungan Berlipat Ganda

Perekonomian yang tidak stabil terutama di Indonesia menuntut kita agar dapat produktif untuk memenuhi kebutuhan kita. Produktif dalam hal menghasilkan pundi – pundi uang agar dapat terus mengikuti kenaikan tingkat biaya hidup apalagi jika kita sudah berkeluarga tentu biaya yang dikeluarkan berlipat ganda.

Jika menggunakan asuransi pendidikan, anak sudah terlindungi serta terjamin pendidikannya sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir lagi dan juga dapat memberikan keuntungan lainnya berupa manfaat investasi.

Jika Anda memilih asuransi pendidikan berjenis unitlink, asuransi ini tidak hanya sekedar tabungan pendidikan tetapi juga Anda akan berinvestasi.(Baca juga: 4 Jenis Asuransi Perjalanan Yang Ada Di Indonesia)

Walaupun keuntungan dari investasi tidak stabil karena terkadang naik, terkadang menurun bahkan terkadang lebih kecil dari yang diinvestasikan. Namun hasil investasi tetap ada memberikan manfaat bagi pemegang polis asuransi pendidikan.

Sebaiknya tidak mengharapkan keuntungan yang besar pada investasi ini karena tujuan utama dari menggunakan asuransi pendidikan adalah untuk melindungi masa depan anak.

4. Perencanaan Masa Depan Sejak Dini

Memilih asuransi pendidikan anak berarti Anda sudah merencanakan masa depan anak Anda. Asuransi pendidikan akan menuntut Anda untuk merencanakan biaya pendidikan yang akan Anda keluarkan untuk anak selama mengikuti pendidikan formal.

Sampai jenjang pendidikan manakah anak Anda akan jalani, dimana anak Anda akan menjalaninya dan sekolah dengan biaya berapa yang sanggup Anda bayar. (Baca juga: 8 Tips Memilih Asuransi Kesehatan Yang Baik Untuk Keluarga)

5. Menghilangkan Rasa Khawatir dan Menciptakan Rasa Terlindungi

Jika Anda menabung tanpa menggunakan asuransi maka besar kemungkinan tabungan yang Anda sediakan tidak mencukupi. Mengapa demikian? Karena kita akan cenderung menabung jika ada uang yang tersisa.

Terkadang jumlah uang yang ditabung secara berkala tidak seimbang bahkan akan dipakai jika ada keperluan mendesak. Dengan menggunakan asuransi pendidikan, Anda tidak perlu merasa khawatir tentang tabungan yang tidak mencukupi hingga biaya pendidikan yang tinggi.

Asuransi pendidikan sudah menjamin pendidikan anak, menjadi asuransi jiwa, memberikan manfaat investasi hingga menjadi perencanaan matang menyambut masa depan.

Tidak ada yang perlu Anda khawatirkan lagi bahkan ketika Anda sudah tidak dapat membayar premi, dana pendidikan tetap dicairkan dan anak tetap mendapatkan haknya untuk menempuh pendidikan.

Asuransi ini juga dapat menciptakan rasa terlindungi karena walaupun Anda sudah tidak ada atau sudah tidak mampu bekerja lagi, asuransi pendidikan akan tetap menjamin anak Anda. (Baca juga: Mengenal Jenis-Jenis Asuransi Mobil di Indonesia)

Seperti peribahasa di atas bahwa dengan menggunakan asuransi Anda sudah mendapatkan 5 manfaat sekaligus. Berbagai manfaat di atas di luar dari manfaat tambahan yang ditawarkan perusahaan asuransi sesuai dengan produk asuransi yang akan Anda pilih.

Pilihlah asuransi pendidikan dengan bijak sehingga Anda dapat merasakan manfaatnya secara maksimal. (Baca juga: 7 Jenis Asuransi di Indonesia Yang Paling Populer)

Sekian mengenai berbagai manfaat asuransi pendidikan dan semoga dapat bermanfaat bagi pembaca.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *