ATM Setor Tunai BRI, Berapa Batasan Maksimalnya?

Sejak kecil, anak-anak telah diajarkan untuk menabung oleh orang tuanya. Kebiasaan ini kemudian dilanjutkan hingga anak beranjak dewasa dan memiliki penghasilan sendiri. Biasanya menabung dilakukan di celengan atau mendatangi bank. Tapi kini, tersedia layanan ATM setor tunai BRI dan bank lainnya. Namun bagaimana cara memanfaatkannya?

Keberadaan setor tunai melalui ATM akan membantu nasabah saat menabung. Nasabah tidak perlu mendatangi bank dan mengantri untuk melakukan setor tunai BRI. Di sisi lain, nasabah nyaman karena tidak perlu membawa uang dan menunju bank yang jaraknya lebih jauh dari ATM. Sebelum lebih lanjut, apakah sebenarnya ATM setor tunai tersebut?

Apa Itu ATM Setor Tunai BRI?

Apa Itu ATM Setor Tunai BRI

Kini menabung dapat dilakukan di ATM, layanan ini dikenal dengan layanan ATM setor tunai. Pada ATM ini, anda dapat menabung dan menyetorkan uang ke dalam rekening. Namun tidak perlu khawatir, karena layanan ini tetap dapat dimanfaatkan untuk pengambilan uang. Bagaimana dengan ketersediaannya, apakah ada di seluruh Indonesia?

Layanan ATM setor tunai telah disediakan di seluruh Indonesia. Anda dapat menemukannya di ATM dekat bank terdekat. Berbeda dengan cara setor tunai BRI melalui bank, layanan ini tidak membutuhkan form dan mendatangi teller. Selain hal ini, apa saja yang menjadi kelebihan layanan setor tunai melalui ATM?

Berapa Maksimal Setor Tunai BRI?

Ketersediaannya cukup banyak di Indonesia, namun anda perlu mencarinya secara perlahan di posisi terdekat. Setelah menemukannya, muncul pertanyaan baru yaitu berapakah jumlah maksimal uang yang dapat ditabungkan. Karena bersifat mesin, tentu terdapat batasan uang yang dapat dimasukkan dalam mesin.

Anda yang berencana menabung dengan mesin ATM, akan dibatasi dengan 50 lembar uang Rp 50.000 atau Rp 100.000. Jumlah ini ditetapkan, agar tidak ada kesalahan perhitungan ataupun kerusakan pada mesin. Hal inilah yang menjadi salah satu kekurangan dari setor tunai di ATM, terdapat jumlah maksimal setor tunai BRI dan jumlah ini harus diikuti bila ingin proses menabung berjalan lancar.

Baca juga : Cara Transfer Uang Ke Rekening Orang Tanpa ATM

Keuntungan Setor Tunai ATM

Keuntungan Setor Tunai ATM

Banyak keuntungan yang akan didapat bila anda berencana menabung melalui ATM. Beberapa keuntungan yang dimaksud akan dijelaskan dibawah ini,

  • Tanpa Mengantri

Keuntungan utama ialah nasabah dapat menabung tanpa mengantri panjang. Di bank, anda akan diminta mengantri untuk menuju teller. Hal ini akan semakin buruk bila terdapat waktu-waktu ramai di bank. Waktu yang dibutuhkan untuk mengantri pun akan lebih panjang dan nasabah perlu bersabar hingga antrian usai.

  • Cepat

Di bank, proses menabung perlu melewati beberapa langkah yang panjang. Berbeda dengan bank, di ATM menabung dapat berjalan dalam waktu singkat. Anda hanya perlu menyediakan uang yang akan ditabung dan menyesuaikannya dengan syarat yang dimaksud. Namun dengan kecepatannya, nasabah tetap harus memeriksa jumlah uang dan yang lainnya.

  • 24 Jam

Di bank, anda dibatasi dengan waktu operasional masing-masing bank. Dalam setiap minggunya, bank hanya dibuka selama enam hari. Sementara jam operasionalnya, yaitu pukul 08.00 hingga 16.00. Berbeda dengan bank, setor tunai melalui ATM dapat dilakukan setiap hari tanpa ada batasan jam operasional.

  • Keseluruh Jenis Bank

Adanya ATM setor tunai akan membantu anda yang tidak memiliki uang di rekening. Hal ini karena, uang yang disetorkan ada dalam bentuk tunai. Sehingga, transfer dapat dilakukan ke seluruh jenis bank tanpa harus memiliki uang di rekening. Hal yang perlu diperhatikan hanyalah nomor rekening tujuan penerima.

  • Tanpa Biaya

Hadirnya ATM setor tunai memberikan kemudahan anda untuk menabung. Namun lebih dari itu, anda diberikan kebebasan dengan tidak adanya biaya setor tunai BRI. Hal ini termasuk layanan yang disediakan oleh BRI untuk memberikan kemudahan bagi nasabahnya. Bahkan hal ini berlaku, bila proses menabung dilakukan berulang.

Kekurangan Setor Tunai di ATM

Tidak hanya kelebihan, rupanya terdapat kekurangan saat anda melakukan proses menabung melalui ATM. Apa saja kekurangannya? Berikut ulasan lengkapnya,

  • Jumlah Uang Dibatasi

Pada bagian sebelumnya telah disampaikan bahwa kelemahan setor tunai di ATM ialah adanya pembatasan jumlah uang. Jumlah maksimal setor tunai ATM BRI ialah 50 lembar untuk Rp 50.000 atau Rp 100.000. Jika jumlah uang lebih dari itu, anda dapat melakukan kembali transaksi, hingga seluruh uang berhasil ditabungkan.

  • Tidak Dapat Print

Setiap transaksi di ATM, anda tidak dapat melakukan print buku tabungan otomatis. Transaksi hanya akan membuahkan selembar kertas bukti. Hal inilah yang kemudian dipertimbangkan nasabah bila menabung di ATM. Karena tidak dapat printing dan mengharuskan nasabah untuk mendatangi bank khusus untuk print buku tabungan.

  • Uang Pecahan Tertentu

Jumlah uang dibatasi, demikian halnya dengan pecahan uang yang dapat digunakan. Pecahan uang yang dapat ditabungkan hanya pecahan Rp 50.000 atau Rp 100.000. Artinya, pecahan uang Rp 20.000 dan lainnya, tidak dapat ditabungkan melalui ATM. Bila berencana menabung dengan pecahan tersebut, maka nasabah harus mendatangi bank.

5 Cara Setor Tunai di ATM BRI

Selesai dengan kelebihan dan kekurangannya, anda mulai penasaran dengan cara pemanfaatannya. Langkah-langkah menggunakannya, dapat disimak dibawah ini

  • Siapkan Uang dan Kartu ATM

Pertama, siapkan seluruh persyaratan yang dibutuhkan. Persyaratan tersebut berupa uang dalam bentuk rapi, tidak terlipat ataupun terstapless, kemudian siapkan kartu ATM. Sebelumnya, pastikan jumlah uang sesuai dengan jumlah maksimal. Bila berlebihan, mesin akan menolaknya dan membunyikan tanda tertentu.

  • Masukkan PIN dan Opsi

Setelah tiba di mesin ATM, masukkan kartu ATM dan pilih bahasa yang digunakan. Kemudian masukkan PIN dan pilih opsi setor tunai. Lanjutkan dengan memilih pecahan uang yang akan dimasukkan dan tekan lanjutkan. Beberapa saat kemudian, mesin uang akan terbuka, masukkan uang kedalamnya. Ingat, bahwa terdapat jumlah maksimal uang yang dimasukkan.

  • Perhitungan Uang

Anda akan diberikan waktu beberapa detik untuk memasukkan uang. Setelahnya, mesin akan melakukan perhitungan uang yang telah dimasukkan ke kotak setor uang. Periksa layar ATM sebagai cara setor tunai di ATM selanjutnya dan lakukan konfirmasi. Konfirmasi dilakukan dengan menekan opsi setor dan pemeriksaan jumlah uang yang dimasukkan.

  • Struk Bukti Setoran

Terakhir, bila seluruhnya telah sesuai anda akan mendapatkan bukti transaksi. Pada bukti inilah terdapat jumlah uang yang disetorkan dan total uang ditabungan. Bila anda akan melakukan setoran kembali, ulangi dari langkah pertama. Selesaikan hingga langkah ke empat dan uang habis di setorkan seluruhnya.

Semua seluk beluk tentang menabung melalui ATM setor tunai telah diketahui. Kini waktunya menjalankan cara setor yang telah disampaikan sebelumnya. Namun untuk menjadikan informasi ATM setor tunai BRI ini untuk bank lainnya, tidak disarankan. Karena masing-masing bank memiliki cara tersendiri untuk setor tunainya melalui ATM.

Leave a Comment