Tulis ArtikelMulai Menulis & Share Artikel Terbaikmu Disini Sekarang !

5 Bank Syariah Terbaik di Indonesia 2018 yang Perlu Anda Ketahui

  • 2
    Shares

Bank Syariah Terbaik di Indonesia – Sesuai dengan namanya Bank Syariah berasal dari Perbankan Syariah atau perbankan Islam. Perbankan Syariah atau perbankan Islam ini merupakan sistem perbankan yang mana dalam pelaksanaan sistem perbankannya menggunakan hukum islam atau syariah. Hukum syariah ini timbul karena dalam agama Islam ada larangan pemungutan bunga dalam pinjaman. Selain itu, ada larangan melakukan investasi dalam usaha yang memiliki kategori terlarang.

Berdasarkan hal tersebut maka di Indoesia juga melaksanakan sistem perbankan syariah. Sistem perbankan syariah di Indonesia ini mulai berkembang sejak diberlakunya Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah. Undang-Undang Nomor 21 tahun 2008 ini disahkan pada tanggal 16 Juli 2008. Nah, sejak saat itu pertumbuhan bank syariah di Indonesia berkembang cepat bahkan kinerjanya tidak perlu diragukan lagi.

Tujuan didirikannya bank syariah di Indonesia adalah mensejahterahkan kondisi ekonomi masyarakat Indonesi yang berlandaskan prinsip Islam atau syariah. Bank Syariah yang tumbuh dan berkembang di Indonesia ini menawarkan produk yang beraneka ragam, seperti simpanan atau tabungan, pembiayaan atau pinjaman bahkan investasi. Namun, investasi produk Bank Syariah ini berbeda dengan Bank Umum. Produk investasi yang ditawarkan oleh Bank Syariah di Indonesia menggunakan sistem bagi hasil atau biasa disebut dengan akad murabahah.

Bank Syariah Terbaik di Indonesia Tahun 2018

zonkeu-5 Bank Syariah Terbaik di Indonesia Tahun 2018 yang Perlu Anda Ketahui
Sumber gambar :http://amanahsejahtera.com

Bank Syariah yang berkembang di Indonesia patut diacungi jempol karena telah memberikan layanan dan menawarkan produk terbaik kepada masyarakat Indonesia. Oleh karenanya, masyarakat Indonesia percaya bahwa Bank Syariah di Indonesia telah memberikan pelayanan terbaik. Nah, Bank Syariah apa saja yang telah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Indonesia? Berikut adalah 5 Bank Syariah terbaik yang ada di Indonesia disusun berdasarkan peringkat kinerja dari yang pertama.

1. Bank Syariah Mandiri atau BSM

zonkeu-5 Bank Syariah Terbaik di Indonesia Tahun 2018 yang Perlu Anda Ketahui

 

Bank Syariah Mandiri atau biasa disebut dengan BSM merupakan Bank Syariah yang pelaksanaannya berdasarkan syariat Islam. BSM ini berdiri pada tahun 2011. BSM telah terbukti memberikan pelayanan yang bebas riba. Produk yang ditawarkan oleh BSM kepada masyarakat kesemuanya merupakan produk yang bebas riba.

Banyak produk yang ditawarkan oleh BSM mulai dari simpanan pribadi hingga simpanan untuk kepentingan
bisnis. Selain itu, BSM menawarkan simpanan uang dalam jangka panjang yaitu deposito BSM. Adapun jasa dan produk yang ditawarkan oleh BSM adalah sebagai berikut:

• Produk penghimpun dana, yang termasuk dalam produk ini adalah tabungan BSM, Giro BSM dan deposito BSM.
• Produk pembiayaa, yang termasuk dalam produk ini adalah pembiayaan griya BSM, pembiayaan umrah dan pembiayaan BSM lainnya.
• Produk jasa, yang termasuk dalam produk ini adalah jasa produk, jasa operasional dan jasa investasi.

Baca Juga: Keuntungan Menabung di Bank Mandiri Syariah Yang Sebaiknya Anda Tahu

2. Bank Muamalat Indonesia

alloped-5 Bank Syariah Terbaik di Indonesia Tahun 2018 yang Perlu Anda Ketahui

Bank Muamalat Indonesia merupakan bank umum pertama di Indonesia yang pelaksanaan pelayanan dan penawaran produknya berdasarkan syariat Islam. Bank Muamalat ini didirikan pada tahun 1991. Bank Muamalat Indonesia ini diprakarsai oleh pemerintah Indonesia dan Majelis Ulama Indonesia. Dalam pendiriannya, Bank Muamalat ini mendapat dukungan dari para cendekiawan muslim, para pengusaha dan andil masyarakat Indonesia.

Adapun layanan dan produk yang ditawarkan oleh Bank Muamalat Indonesia adalah sebagai berikut.

• Muamalat Prioritas merupakan layanan pengelolaan keuangan serta pengelolaan investasi dan proteksi.
• Tabungan Muamalat merupakan produk simpanan
atau tabungan.
• Giro Muamalat merupakan produk akan pemenuhan kebutuhan transaksi.
• Deposito merupakan produk simpanan dalam jangka panjang.
• Kartu Shar-E merupakan kartu debit untuk melakukan berbagai macam transaksi baik di ATM maupun di merchant dengan logo Shar-E.
• Pembiayaan merupakan produk yang menawarkan pembiayaan kepada masyarakat bisa dalam bentuk pembiayaan rumah, apartemen atau pembiayaan lainnya.

Baca Juga: Jenis Pembiayaan Multiguna Syariah Bank Muamalat dan Syarat Mendapatkannya

3. Bank Rakyat Indonesia Syariah atau BRI Syariah

zonkeu-5 Bank Syariah Terbaik di Indonesia Tahun 2018 yang Perlu Anda Ketahui

 

Bank Syariah di peringkat terbaik ketiga adalah Bank Rakyat Indonesia Syariah atau BRI Syariah. Pada dasarnya, BRI Syariah ini merupakan hasil akuisisi PT Bank Rakyat Indonesia terhadap Bank Jasa Arta pada tanggal 19 Desember 2007. Kemudian BRI Syariah ini mendapatkan izin beroperasi secara resmi berdasarkan Surat 10/67/KEP.GBI/DpG/2008 tanggal 17 November 2008. Nah, sejak saat itu BRI Syariah memberikan layanan syariah terbaiknya.

Adapun produk yang ditawarkan BRI Syariah kepada masyarakat Indonesia adalah sebagi berikut:

• Dana pihak ketiga, yang termasuk dalam dana pihak ketiga ini adalah tabungan Faedah BRI Syariah, tabungan Haji BRI Syariah, Giro BRI Syariah, deposito BRI Syariah serta tabungan BRI Syariah.
• Pembiayaan, yang termasuk dalam produk ini adalah Qardh Beragun Emas BRI Syariah, KKB BRI Syariah, pembiayaan umroh BRI Syariah serta KMG BRI Syariah.

Baca Juga: Sebelum Menabung! Ketahui Dulu Jenis-Jenis Produk Tabungan Bank BRI

4. Bank Negara Indonesia Syariah atau BNI Syariah

zonkeu-5 Bank Syariah Terbaik di Indonesia Tahun 2018 yang Perlu Anda Ketahui

Bank Negara Indonesia Syariah atau biasa dikenal BNI Syariah. BNI Syariah ini sejak tahun 2016 hingga sekarang 2018 mendapat predikat sebagai 5 besar bank syariah terbaik di Indonesia. BNI Syariah ini dipercaya telah memberikan layanan dan produk terbaiknya dengan berlandaskan syariat Islam. Oleh karenanya, BNI Syariah ini banyak memiliki nasabah yang loyal. Dalam pelaksanaannya sebagai bank syariah, BNI Syariah menawarkan 3 kategori produk dan layanan.

Adapun 3 kategori tersebut adalah sebagai berikut:

• Produk dana, yang termasuk dalam produk dana adalah giro wadiah, tabungan haji mudharabah, deposito mudharabah serta tabungan syariah plus.
• Produk pembiayaan, yang termasuk dalam produk ini adalah pembiayaan mudharabah, murabah, musyarakah serta pembiayaan ijarah bai ut takjiri.
• Produk jasa, yang termasuk dalam produk ini adalah kiriman uang, garansi bank dan inkasi.

Baca Juga: Jenis – Jenis Produk Pinjaman Kredit Bank BNI Syariah

5. Bank Mega Syariah

zonkeu-5 Bank Syariah Terbaik di Indonesia Tahun 2018 yang Perlu Anda Ketahui

Pada awalnya, bank ini merupakan hasil konversi Bank Tugu menjadi PT Bank Syariah Mega Indonesia (BSMI) yang diresmikan pada tanggal 27 Juli 2004. Kemudian pada tanggal 25 Agustus 2004, BSMI resmi beroperasi di Indonesia. Sejak saat itu, Bank Mega Syariah ini konsisten menjalankan layanan dengan berlandaskan syariat Islam.

Kemudian pada tanggal 16 Oktober 2008, Bank Mega Syariah menjadi bank devisa sehingga Bank Mega Syariah dapat ikut serta dalam transaksi devisa untul perdagangan internasional. Karena layanan dan sistem kerja yang bagus pada tanggal 8 April 2009, bank ini mendapat kepercayaan dari Departemen Agama RI untuk menjadi bank penerima setoran biaya haji.

Layanan dan produk yang ditawarkan oleh Bank Mega Syariah adalah sebagai berikut:

• Produk tabungan terdiri atas: Tabungan Utama iB, Tabungan Mitra iB, Tabungan Utama Pensiun iB, Tabungan Plus iB, Tabungan Rencana iB, Tabungan Dolar iB serta tabungan yang cukup terkenal di Bank Mega Syariah adalah Tabungan Haji iB.
• Produk pembiayaan terdiri atas pembiayaan micro bussiness, Syariah Mega Investasi, Syariah Mega Capital, Syariah Mega Mitra, Multi jasa iB, Mega Pensiun iB, Syariah Mega Multi serta Implant Bank Program.

Baca Juga: Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Bank Syariah Mandiri

Nah, 5 bank syariah tersebut merupakan 5 bank syariah terbaik di Indonesia yang telah memberikan layanan terbaik bagi nasabah di Indonesia. Bagi Anda yang ingin menyimpan uangnya di bank syariah, Anda boleh memilih satu di antara 5 bank syariah terbaik tersebut. Selamat menabung.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *