Tulis ArtikelMulai Menulis & Share Artikel Terbaikmu Disini Sekarang !

Biaya Asuransi Mobil All Risk ACA, Apa Saja Yang Ditanggung?

Biaya Asuransi Mobil All Risk ACA – PT Asuransi Central Asia atau yang dikenal dengan sebutan asuransi ACA merupakan perusahaan asuransi yang juga menawarkan produk asuransi kendaraan. Salah satu produk asuransi kendaraan ACA yang populer dan menjadi andalan, yaitu asuransi ACA Otomate.

Asuransi Otomate menawarkan pertanggungan atau jaminan atas kendaraan bermotor dengan layanan yang mencakup perbaikan darurat untuk mobil Anda ketika terjadi kerusakan, mobil derek, dan hal lainnya sebagaimana diatur dalam polis. ACA juga memberikan pelayanan istimewa lainnya, seperti mobil pengganti yang memungkinkan Anda tetap bisa melakukan perjalanan saat mobil mengalami kerusakan.

Pun pada saat Anda mengalami kehilangan atau kerugian total (total loss), khusus untuk kendaraan yang 100% baru yang berusia kurang atau sama dengan enam bulan terhitung sejak tanggal pembelian, maka Anda dapat memperoleh ganti rugi sesuai harga baru kendaraan saat Anda mengalami kehilangan.

Menariknya, asuransi Otomate ini dikemas khusus dalam bentuk paket asuransi yang bisa Anda pilih, dan dapat memperoleh perlindungan perluasan. Baca: Apa Itu Asuransi ACA Otomate? dan Fasilitas Layanannya    

Biaya Asuransi Mobil All Risk ACA

Biaya Asuransi Mobil All Risk ACA, Apa Saja Yang Ditanggung?

Selain asuransi otomate, perusahaan asuransi yang berdiri sejak tahun 1956 ini juga menawarkan produk asuransi comprehensive (gabungan). Sesuai namanya, asuransi comprehensive ini memberikan jaminan all risk jika mobil Anda mengalami kerusakan sebagian maupun keseluruhan, dengan perincian sebagai berikut:

1. Tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, atau terperosok ke dalam jurang.
2. Perbuatan jahat dari orang lain yang mengakibatkan mobil Anda rusak.
3. Pencurian dengan kekerasan maupun ancaman.
4. Kerusakan pada saat mobil Anda dalam penyeberangan menggunakan kapal.
5. Mobil terbakar akibat tersambar petir.

Ini adalah beberapa risiko yang tertanggung yang dapat Anda peroleh ketika Anda menjaminkan mobil Anda dengan produk asuransi mobil all risk ACA. Dan tampaknya asuransi ini cocok untuk mobil yang digunakan untuk rental dengan frekuensi pemakaian alias mobilitas yang terbilang tinggi. Pasalnya, semakin sering kendaraan digunakan maka semakin tinggi risiko kerusakannya. Terlebih jika digunakan untuk perjalanan jauh dan banyak rintangannya.

Baca Juga: 6 Tips Membaca Polis Asuransi Agar Mudah Memahami            

Premi asuransi mobil all risk ACA

Biaya Asuransi Mobil All Risk ACA, Apa Saja Yang Ditanggung?

Nah, yang jadi pertanyaan sekarang adalah berapa Biaya Asuransi Mobil All Risk ACA yang harus ditanggung pemilik kendaraan?

Untuk asuransi mobil all risk ACA, harga premi yang ditawarkan ACA disebut-sebut sebesar 2,50% sampai dengan 3% sesuai jenis mobil. Sementara premi yang dipatok untuk asuransi total loss only ACA hanya di kisaran 0,80%. Rinciannya:

Untuk jenis sedan, jeep, maupun minibus dengan uang pertanggungan (UP) >800 juta, premi yang dikenakan 2,50% untuk asuransi mobil all risk ACA, dan 0,80% untuk total loss only. Adapun untuk UP >150-300 juta, preminya 2,00% untuk asuransi komprehensif, sedang untuk total loss only memiliki premi yang sama.

Sementara untuk UP 0-100 juta, preminya 3,00%. Namun ini hanya sebagai gambaran saja. Anda jangan ragu menanyakan detail informasinya kepada agen atau pihak asuransi tersebut.

Tapi baiklah, sebagai contoh perhitungannya, taruhlah Anda memiliki mobil seharga 300.000.000 dan memilih asuransi comprehensive (gabungan) dengan persentase premi sekitar 2% misalnya, maka kalikan harga kendaraan Anda dengan nilai premi tersebut:

2% x Rp300.000.000 = 6.000.000. Maka premi yang harus dibayarkan per tahunnya adalah sebesar Rp6.000.000.

Pertimbangkan Jaringan bengkel rekanan dari pihak asuransi

Keberadaan bengkel menjadi hal yang penting bagi mobil Anda. Karena itu, selain perhitungan besaran premi dan pertanggungan dari produk asuransi mobil all risk ACA, Anda juga harus memastikan jaringan bengkel dari pihak asuransi, baik bengkel resmi maupun bengkel rekanannya.

Perhatikan titik lokasinya, apakah strategis dan mudah dijangkau di daerah Anda atau justru sebaliknya. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir jika suatu saat mobil Anda tiba-tiba rusak atau membutuhkan perawatan. Dengan mengetahui bengkel resmi maupun rekanan perusahaan asuransi yang terdekat, tentunya juga bisa meminimalisir pengeluaran Anda.

Mungkin sebagian Anda berpikir akan adanya bantuan mobil derek dari pihak asuransi, namun tetap saja jika lokasi cukup jauh dari tempat Anda dan bantuan mobil derek tersebut hanya bisa di daerah-daerah tertentu saja, mau tidak mau Anda pun harus mengeluarkan biaya lebih untuk mendapatkan bantuan mobil derek dari pihak lain.

Jadi, selain untuk efisiensi biaya, dengan mengetahui bengkel resmi dari pihak asuransi, Anda bisa memastikan profesionalitas dari bengkel bersangkutan saat menangani mobil Anda. Karena biasanya, bengkel resmi atau rekanan dari pihak asuransi tentunya tidak akan sembarangan dalam menangani kliennya.

Selain itu, kita tentu sudah pernah mendengar ada beberapa oknum bengkel yang mungkin secara sembarangan mengganti spare part kendaraan atau mobil yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Ada juga oknum bengkel yang seakan enggan menangani perbaikan mobil sehingga memakan waktu yang lama tanpa kejelasan.

Baca Juga: Kelebihan dan Keunggulan Perlindungan Asuransi Mobil ACA

Alhasil, hal tersebut merugikan Anda sebagai pemilik mobil. Tidak hanya dari segi waktu, namun juga biaya dan energi karena Anda harus menyewa kendaraan lain di luar. Tak hanya itu saja, dengan mengetahui bengkel resmi dari pihak asuransi, Anda juga dapat dengan mudah menyampaikan keluhan terkait pelayanan maupun profesionalitas dari bengkel yang bersangkutan. Dengan begitu, pihak asuransi pun dapat membantu Anda untuk menanganinya.

Itulah sedikit gambaran biaya Biaya Asuransi Mobil All Risk ACA. Semoga informasi ini bisa menjadi gambaran sebelum anda memutuskan untuk ikut asuransi.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *