Tulis ArtikelMulai Menulis & Share Artikel Terbaikmu Disini Sekarang !

Cara Mendapatkan Bitcoin, Salah Satunya Dengan Mining Bitcoin

Cara mendapatkan bitcoin – Sudah tau mengenai mata uang Bitcoin? Penjelasan singkatnya Bitcoin merupakan mata uang virtual yang bisa digunakan untuk kegiatan transaksi secara online. Bitcoin bisa masuk ke dalam uang digital, namun uang digital tidak bisa disebut uang virtual layaknya Bitcoin. Kemunculan mata uang ini memberikan peluang besar, terutama bagi mereka para pegiat online dan para investor yang memanfaatkan teknologi sebagai sumber keuntungan.

Bitcoin hadir dengan kelebihan dan kekurangannya, kini popularitasnya sudah semakin memuncak. Para pencari Bitcoin sebagain penggunaannya dijuluki sebagai Bitcoin miner. Para Bitcoin miner ini kerap kali melakukan penambangan Bitcoin agar bisa memperoleh keuntungan sangat besar.

Sederhananya, Bitcoin mining merupakan kegiatan seseorang untuk bisa memperoleh Bitcoin dengan memakai perangkat komputer yang sudah dilengkapi dengan beragam fitur dan juga sistem yang sangat dibutuhkan. Orang-orang yang melakukan kegitan ini dinamakan Bitcoin miner atau penambang Bitcoin.

Cara Mendapatkan Bitcoin (Bitcoin Mining)

Pada dasarnya, untuk melakukan Bitcoin mining tidaklah mudah. Bahkan beberapa orang yang sudah sangat mengenal akan kegiatan tersebut sangat membutuhkan proses dan juga perangkat komputer online yang canggih untuk bisa melakukan penambangan.

Ada Beberapa Cara Mendapatkan Bitcoin, Salah Satunya Dengan Mining
Cara Mendapatkan Bitcoin

Konsep Bitcoin Mining

Bitcoin mining merupakan cara mendapatkan bitcoin dengan proses perhitungan secara matematis yang dilakukan di dalam jaringan Bitcoin. Seperti yang sudah Anda ketahui, Bitcoin akan berjalan di dalam sebuah sistem online. Tujuan dari perhitungan secara matematik ini adalah agar bisa melakukan verifikasi transaksi Bitcoin yang ada di dalam Internet.

Dengan melakukan proses verifikasi tersebut, seorang penambang Bitcoin akan memperoleh cek blok baru di dalam jaringan Bitcoinnya, yang berisi sejumlah Bitcoin baru dan tentunya dapat digunakan. Disanalah seorang penambang bisa memperoleh Bitcoin untuk dirinya sendiri. Jika semakin banyak proses verifikasi dan juga penemuan blok baru, maka Bitcoin yang terus ditambang juga akan semakin banyak.

Lalu, bagaimana jika kita ingin melakukan proses verifikasi dan bisa menemukan blok baru di dalam jaringa Bitcoinnya? Sama hal nya seperti saat kita ingin membuat file mp3 atau pun word. Bitcoin mining juga pada dasarnya memiliki cara kerja sama.

Namun, saat kita sudah masuk melalui jaringan Bitcoin, maka proses yang dilakukan bisa jauh lebih berat, sebab komputer harus bisa membuka data yang suda dilindungi menggunakan sistem keamanan yang cukup ketat. Oleh sebab itu, dalam proses melakukan Bitcoin mining, memiliki perangkat serta spesifikasi yang tinggi adalah hal yang sangat wajib.

Baca juga: Selain Mining, Ini Dia Cara Lain Untuk Mendapatkan Bitcoin

Sistem-Sistem Yang Berhubungan Dengan Proses Bitcoin Mining

Jika kita melihat pada perkembangan sejarah Bitcoin Mining, kita akan tahu bahwa dulu kegitan ini pertama kali dilakukan dengan cara mengandalkan perangkat hardware komputer yang dinamakan CPU atau Central Processing Unit. Dulu, dengan berbekal komputer dan juga CPU yang bagus seseorang sudah dapat melakukan proses mining atau penambangan.

Namun, saat ini dengan adanya sistem keamanan Bitcoin yang sudah semakin ditingkatkan. Makam sistem CPU mining sudah tidak dapat diandalkan kembali. Selanjutnya berkembang lagi dengan para miner yang memakai GPU atau Graphical Processing Unit. Salah satu hardware yang sangat dikenal dengan istilah yang cukup populer kartu grafis ini memang bisa diupayakan untuk melakukan penambangan Bitcoin.

Dengan kemampuan dan kekuatan prosenya yang akan lebih kuat, ternyata sistem GPU mining dinilai jaug lebih handal. Jika dibandingkan dengan CPU mining. Selain itu, berdasarkan pengalaman dari para penambang yang pernah memakai sistem ini, bagian kartu gradis ATI Radeon HD 5870 nya sempat dinobatkan sebagai kartu terbaik untuk melakukan penambangan Bitcoin.

Bitcoin Mining Ring

Seiring berjalannya waktu perkembangan dari Bitcoin mining semakin mutakhir. Mulailah dikenal adanya sistem yang dinamakan FPGA Mining atau field programmable gare array. Sederhananya, FGA merupakan penggabungan dari perangkat komputer yang sudah lengkapi dengan penambahan Bitcoin mining ring.

Bitcoin mining ring merupakan jenis perangkat hardware yang diciptakan untuk menggantikan fungsi dari CPU dan juga GPU yang sangat mampu untuk menjalankan proses pengolahan pada data mining Bitcoinnya dengan semakin cepat dan lebih maksimal lagi. Dengan adanya sistem penggabungan ini maka perangkat komputer yang ada hanya akan mempunyai 2 tugas saja, yaitu melakukan penambangan Bitcoin dan tidak ada kegunaan lainnya.

Namun sayangnya, sistem FGA memiliki kekurangan. Sistem ini merupakan tampilan perangnkat yang saat digunakan sangat tidak teratur dan bahkan tidak enak untuk dipandang sebab penggunaan Bitcoin mining ringnya akan berseliweran dimana-mana. Oleh sebab itu, saat ini sudah hadir sebuah teknologi perangkat yang terbaru untuk menambang Bitcoin. Teknologi ini dinilai lebih ringkas dan juga tetap bisa mengakomodasi apa yang dibutuhkan Bitcoin mining. Sistem ini adalah ASIC mining.

Baca juga: Mata Uang Kripto, Investasi Seksi Tapi Berisiko

ASIC Mining

ASIC Mining atau disebut juga Application Specific Integrated Circuit. Pada umumnya akan menggunakan sebuah perangkat hadware yang sudah akan ditanami dengan sebuah chip khusus yang mempunyai fungsi untuk melakukan penambangan Bitcoin.

Dengan lahirnya teknologi ini makan tampilan pada perangkat para miner akan terlihat jauh lebih teratur dan ringkas. Namun, tentunya tidak akan mudah untuk bisa membuat sebuah perangkat ASIC Mining. Sehingga Anda tidak perlu heran jika ternyata nantinya sebuah perangkat ASIC Mining ini bisa dihargai dengan harga yang sangat tinggi.

Cukup sulin melakukan penambangan Bitcoin, apalagi jika kita belum ahli dan belum tahu bagaimana caranya. Untuk itu, jika Anda seorang pemula jangan pernah berhenti belajar mengenai selak beluk Bitcoin agar bisa mendapatkan keuntungan sesuai keinginan. Baca juga: Cara Withdraw atau Penarikan Saldo di Bitcoin Indonesia

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *