Buku Tabungan Hilang? ini Syarat, Biaya Yang Harus Dipersiapkan

Buku Tabungan Hilang? ini Syarat, Biaya Yang Harus Dipersiapkan

Buku Tabungan Hilang atau rusak bisa saja terjadi kepada siapa saja. Baik di sengaja maupun di sengaja, namun intinya anda harus membuat buku tabungan baru agar bisa menabung atau menarik uang melalui teller bank.

Buku tabungan ini di dapat Saat nasabah membuka rekening dan menabung di Bank. Fungsinya sebagai tempat catatan pembukaan dan rincian transaksi yang dilakukan. Selama memiliki rekening tabungan tersebut, semua transaksi nasabah akan tercatat baik kredit maupun debit dan lainnya.

Begitu penting fungsi buku bank ini, sehingga harus disimpan dengan baik agar tidak hilang atau tercecer. Sehingga saat dibutuhkan buku tersebut ada.

Namun tidak menutup kemungkinan terjadi juga, dan ini akan mempersulit anda jika saat dibutuhkan. Oleh karena itu jika Buku Tabungan Hilang sebaiknya anda cepat mengambil tindakan.

Supaya buku tabungan tersebut tidak gunakan untuk hal-hal yang tidak kita inginkan. Sebaiknya anda segera melapor ke Bank bersangkutan guna untuk antispasi dan menggantinya.

Baca Juga:  Syarat Pengajuan Kredit Tanpa Agunan (KTA) Dana Instan Bank Danamon

Syarat Mengganti Buku Tabungan Hilang

Buku Tabungan Hilang? ini Syarat, Biaya Yang Harus Dipersiapkan

Jika Buku Tabungan Hilang, sebaiknya anda mengurus kembali agar anda dapat memiliki yang baru. Untuk dapat mengurus sebaiknya anda mempersiapkan beberapa syarat yang dibutuhkan sebelum anda pergi ke kantor cabang bank yang anda gunakan.

Syarat Mengurus Buku Tabungan Hilang / Rusak di Bank

Syarat yang harus anda siapkan untuk mengurus Buku Rekening Bank Yang hilang adalah sebagi berikut:

  1. Surat Kehilangan dari kepolisian, bisa anda dapatkan dari kepolisian terdekat tempat tinggal anda.
  2. KTP/SIM atau Paspor, sebagai identitas pribadi anda untuk membuktikan bahwa anda pemilik buku tabungan atau rekening.
  3. Kartu ATM/ Debit Card, ini digunakan untuk langkah verifikasi yang akan dicocokan dengan data dibuku bank.

Baca Juga:  Kredit Tanpa Agunan (KTA), Ini 5 Manfaatnya Yang harus Anda Tahu

Cara Mengganti Buku Tabungan Yang Baru

Setelah persyaratan diatas sudah anda persiapkan, kemudian langkah selanjutnya anda dapat langsung datang ke kantor cabang bank terdekat di kota anda. Jangan lupa untuk membawa semua persyaratan yang telah dipersiapkan tadi.

Bila masih bingung anda bisa minta bantuan satpam apa yang harus anda lakukan saat ingin mengurus buku bank. Biasanya anda akan dibawa menghadap ke custamer servis.

Nah disini silahkan Anda melaporkan keperluan yang berkenaan dengan buku tabungan yang hilang. Sekaligus menyerahkan persyaratan yang dibutuhkan. Untuk verifikasi data biasanya anda akan ditanya “nama ibu kandung”.

Untuk proses pembuatan buku baru tidak terlalu lama jika persyaratan semua sudah terpenuhi. Selanjutnya anda bisa menunggu sampai proses menganti buku tabungan baru selesai.

Biaya Ganti Buku Tabungan Baru

Mengganti buku tabungan yang hilang atau rusak, intinya anda ingin mengganti buku tabungan baru akan dikenakan biaya administrasi penggantian buku tabungan.

Besaran biaya administrasi untuk mengganti buku tabungan baru setiap bank tidak sama, itu tergantung dengan kebijakan dan ketentuan bank masing- masin.

Berdasarkan informasi tabungan tiap bank, bahwa Bank BCA mematok biaya sebesar Rp5.000, BNI sebesar Rp15.000, BRI sebesar Rp25.000, dan Bank Mandiri sebesar Rp15.000. Biaya tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.

Baca Juga:  Lakukan Ini Untuk Membuat Tabungan Terus Bertambah

Semoga informasi Cara Mengurus dan Biaya ganti Buku Tabungan Yang Hilang. Ini dapat bermanfaat bagi anda yang sedang mengalami masalah kehilangan / rusak buku tabungan dan mengganti dengan buku tabungan baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *