Tulis ArtikelMulai Menulis & Share Artikel Terbaikmu Disini Sekarang !

Cara Bayar Pajak Kendaraan Lewat ATM Dengan Mudah

Saat ini cara bayar pajak semakin dipermudah, sudah banyak fasiltas yang bisa melayani. Anda bisa bayar pajak motor online, bisa juga membayar pajak di Bank. Seperti halnya membayar pajak dana desa, membayar pajak kendaraan juga saat ini bisa dilakukan lewat internet banking atau mobile banking. Seperti lewat internet bangking BRI, lewat mobile banking mandiri dan bisa lewat ATM.

Semua fasilitas tersebut guna mempermudah masyarakat untuk selalu bayar pajak, karena membayar pajak merupakan salah satu kewajiban sebagai warga negara yang baik. Ini demi membantu pemerintah untuk melakukan berbagai macam pembangunan yang dimana sumbernya berasal dari pajak itu sendiri. Salah satu jenis pajak yang memang harus kita bayar selama setahun sekali adalah pajak kendaraan.

Hal itu tertuang dalam aturan perundang – undangan 288 UU No 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Dimana apabila kita tidak membayar pajak  kita tidak di perkenankan untuk membawa kendaraan yang belum kita bayar ke jalanan. Namun , pada kenyataannya masih banyak orang yang memang sengaja melupakan akan urusan pajak kendaraan dan dengan percaya diri melajukan kendaraan yang pajak nya belum ter bayarkan.

Cara Bayar Pajak Kendaraan Lewat ATM

Cara Bayar Pajak Kendaraan Lewat ATM

Bahkan tidak sedikit orang menunggu 5 tahun saat harus ganti plat nomor untuk melunasi semua pajak nya. Alhasil kita membayar pajak tidak hanya pokoknya saja namun harus membayar denda dari pajak yang ter tunggak. Namun ada saja alasan yang keluarkan masyarakat akan keterlambatan membayar pajak , salah satunya adalah menganggap proses pembayaran pajak sangat menyita waktu dan proses yang membingungkan.

Akan tetapi di jaman yang seba canggihpun akhirnya di terapkan di divisi kepolisian di mana kita bisa membayar pajaka kednaraan lewat mesin ATM. sehingga anggapan sulit masyarakat terpatahkan. Bagi anda yang belum bisa dan juga belum mengetahuinya , berikut adalah beberapa langkah atau pun cara membayar pajak kendaraan melalui Atm.

Sebelum kita pergi ke ATM untuk membayarnya ,  jangan lupa untuk menyiapkan terlebih dahulu beberapa persyaratan nya dan mengetahui apa saja syarat yang harus di penuhi yaitu :

  1. Memiliki rekening bank
  2. Nomor kendaraan tidak dalam keadaan diblokir karena beberapa hal
  3. Hanya berlaku untuk pembayaran PKB per tahun
  4. Tidak berlaku untuk perpanjangan STNK 5 tahun ganti plat nomor
  5. Bisa bayar pajak 6 bulan sebelum jatuh tempo.
  6. Kendaraan atas nama perorangan bukan perusahaan.
  7. Memiliki nomor telepon pribadi yang aktif.

Setelah kita siap mengerti terhadap beberapa persyaratan yang sudah di sebutkan di atas , kita lanjut ke langkah selanjutnya.

Cara Bayar Pajak Kendaraan dengan Kode Pembayaran dari SMS 

Cara pembayaran yang ini di haruskan anda memiliki kode bayar terlebih dahulu. Setelah itu kita bisa mentransferkan dana untuk membayar dana pajak. Beberapa bank yang menyediakan sistem bayar pajak online ini adalah BJB, BNI, BRI, dan BCA.

1. Kirim SMS untuk Dapat Kode Pembayaran

Cara pertama kita siapkan handphone untuk mengirimkan SS  ke nomor 0811-211-9211Cara bayar pajak atau format dari penulisan nya adalah  esamsat [spasi] nomor rangka [spasi] Nomor KTP. Contoh, esamsat MH1KC12349s905576 3204312855690001.  Lalu kirim ke nomor yang sudah di jelaskan di atas.

2. Menunggu Balasan SMS

Setelah sms sudah di kirimkan ke nomor diatas , langkah selanjutnya adalah dengan menunggu sms balasan. Biasanya balasan akan ada 2 kali atau 2 format yaitu yang pertama  rincian pembayaran pajak kendaraan yang dikenakan. Dan informasi yang ke dua adalah informasi terkait kendaraan yang dimiliki. Anda akan di berikan 16 dikit kode bayar. Jadi kode tersebut merupakan kode bayar yang harus di masukan nanti ketika memasuki pembayaran via ATM.

3. Pembayaran di ATM

Setelah kita mendapatkan kode pambayaran, selanjutnya kita bisa datang ke ATM untuk . Namun perlu di cermati  Cara Bayar Pajak kendaraan lewat ATM tidak dapat dilakukan di ATM Link

Langkah untuk melakukan pembayarannya adalah sebagai berikut.

1.BCA
  • Masukan Kartu ATM ke Mesin ATM
  • Input Nomor PIN anda
  • Masuk ke menu utama, pilih menu MPN > Pajak Kendaraan > Pembayaran Pajak
  • Input kode provinsi
  • Masukan kode pembayaran dari sms
2. BJB
  • Masukan Kartu ATM ke Mesin
  • Input Nomor PIN
  • Masuk menu utama > Bayar > Menu Lainnya > Pajak/Retribusi > Provinsi Jawa Barat > Pajak Kendaraan
  • Masukan kode pembayaran dari sms
  • Bisa juga tanpa sms, dengan mengganti kode pembayaran dengan format kode provinsi Jabar (32) ditambah masa berlaku pajak (tanggal, bulan, dan tahun). Contoh: 3211032017
3. BNI
  • Masukan Kartu ATM ke Mesin
  • Input Nomor PIN
  • Masuk menu utama > Pembayaran > Pajak/Penerimaan Negara >E-Samsat
  • Input kode institusi (1502) diikuti kode SAMSAT jabar (32) dan kode pembayaran dari sms. Contohnya 1502323212340875114567

Layar akan menampilkan rincian informasi terkait kendaraan dan beban pajak. Pilih OK.

Bisa juga tanpa sms, dengan mengganti kode pembayaran dengan format kode institusi (1502) diikuti kode provinsi Jabar (32) ditambah masa berlaku pajak (tanggal, bulan, dan tahun). Contoh: 15023211032017.

4. BRI
  • Masukan Kartu ATM ke Mesin
  • Input Nomor PIN
  • Masuk menu utama > Pembayaran > Pajak > Lainnya > Lainnya > E-Samsat
  • Input kode 30004 (kode institusi Jawa Barat)
  • Masukan kode pembayaran dari sms.
  • Layar akan menampilkan rincian informasi terkait kendaraan dan beban pajak. Pilih OK.
  • Bisa juga tanpa sms, dengan mengganti kode pembayaran dengan format k kode provinsi Jabar (32) ditambah masa berlaku pajak (tanggal, bulan, dan tahun). Contoh: 3211032017.

Berikut di atas adalah cara pembayaran pajak kendaraan bermotor lewat atm yang dimana mendapatkan kodenya melewati SMS. Selanjutya kita bisa membayar pajak lewat ATM yagn dimana akan memudahkan kita dalam membayar pajak.

Baca juga: Tips Cara Membuat NPWP Pribadi Yang Cepat dan Benar

Hal itu pun akan mengurangi beberapa orang yang memang selalu telat bayar pajak kendaraan karena malas mengantri ataupun memang memiliki waktu yang relatif minim,

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *