Kirim ArtikelMenyalurkan Hobi Sekaligus Mendapatkan Penghasilan

Cara Bermain Saham untuk Investor Pemula

Bermain saham adalah salah satu pekerjaan sampingan maupun full time yang bisa anda lakukan agar mendapatkan keuntungan yang besar. Cara bermain saham saat ini memang sedang banyak dicari.

Sebab bermain saham keuntungan yang bisa didapatkan juga bisa berlipat ganda melebihi gaji pekerjaan biasa.

Bermain di pasar saham membutuhkan sebuah kejelian ekstra karena jika anda salah langkah akan merugikan anda.

Cara Bermain Saham untuk Investor Pemula

Tetapi jika anda adalah seorang yang fokus, bisa mengambil keputusan serta memiliki keberanian untuk mengambil resiko besar bisa menjadi seorang yang bermain di pasar saham.

Cara Bermain Saham Dengan Rumusan Umum:

1. Cara bermain saham untuk rumusan umum sebenarnya lebih pada rasa ingin mendapatkan keuntungan yang besar dan memiliki kemauan.

Hal tersebut haruslah tertanam pada diri anda sejak awal dan jangan bermain saham jika anda tidak memiliki ketertarikan bermain saham.

2. Hal kedua yang perlu anda miliki adalah modal yang cukup untuk bermain saham karena biasanya harga saham itu tidaklah sedikit.

Tetapi untuk pemula sebaiknya anda bermain saham dalam jumlah kecil terlebih dahulu agar ketika mengalami kerugian tidak terlalu bermasalah.

Cara Bermain Saham Dengan Rumusan Teknis:

1. Rumusan teknik yang pertama adalah lihat pada arah perekonomian, taksir laju perekonomian nasional sangatlah penting karena sangat berpengaruh terhadap pekerjaan seorang trader.

Karena itulah anda bisa bermain saham ketika pertumbuhan perekonomian sedang meningkat, dan keluar dari pasar saham ketika keadaan negative.

2. Hal kedua yang perlu anda pelajari adalah anda harus memilih industry dan track record yang bagus agar anda bisa bermain saham lebih tenang.

Setidaknya baca pendapat yang diberikan para ahli tentang industry tersebut dan lihat berapa banyak perusahaan tersebut bisa memberikan keuntungan.

Baca Juga: Jenis-jenis Investasi Jangka Pendek dan Tips Memilihnya

3. Pilihan Saham dan track recordnya gunakan 1 atau 2 saja, jangan bermain di banyak saham terlebih dahulu karena anda masih pemula.

Kecuali jika anda sudah lama bermain di pasar saham ini, maka tidak masalah jika anda membeli banyak saham di berbagai tempat.

4. lihatlah PE saham yang anda pilih tersebut, PE merupakan ratio antara harga pasar saham perlembar dibagi dengan net income bersih perlembar saham.

Karena itulah pada dasarnya PE merupakan angka relative, PE 10 saat ini menjadi batas antara murah dan mahal meskipun tidak ada teori yang menyebutkan nya.

5. Pilihlah kapitalisasi saham yang besar agar para pemain saham tidak memiliki cukup uang untuk menggoreng saham tersebut.

Cara Bermain Saham untuk Investor Pemula

Artinya kalau kapitalisasi besar dari suatu saham kecil maka pemain perseorangan dengan mudah bisa menggerakkan harga sama naik turun dengan modal yang mereka miliki.

Baca Juga: Cara Investasi Saham di Bursa Efek Indonesia

6. Sentiment pasar juga sangat dibutuhkan karena cara bermain saham yang benar adalah dengan mengetahui indeks harga saham regional.

Hal lain yang harus anda ketahui adalah kejadian menarik yang berpengaruh pada industry anda menanam saham hingga angka-angka perekonomian secara umum.

7. Belajar dari buku saham legendaries juga dibutuhkan agar anda bisa bermain saham dan mendapatkan banyak keuntungan dari situ.

Anda bisa membaca buku The Intelligent Investor, The Essays of Warren Buffet dan lain-lain.

Jika anda memang ingin berinvestasi dalam jangka panjang, anda perlu membaca banyak referensi karena semua itu sangat dibutuhkan bagi anda.

Membeli saham membutuhkan sebuah ilmu, tidak bisa sembarangan langsung bermain saham karena bisa merugikan.

Itulah beberapa cara bermain saham yang baik dan benar agar bisa mendatangkan banyak profit.

Karena itulah anda perlu belajar banyak sambil praktik terlebih dahulu. Dengan begitu, anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar dan teratur dari bermain saham, terima kasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *