Cara Bisnis Tanpa Modal beserta Jenis-Jenis Bisnisnya

Mungkinkah untuk berbinis tanpa modal? Memang, hampir semua bisnis membutuhkan modal walaupun sedikit. Dengan modal yang mencukupi, maka bisnis akan cepat berkembang dari waktu ke waktu. Lalu, bagaimanakah cara bisnis tanpa modal dan hal apa sajakah yang perlu kita lakukan agar bisnis kita mampu bersaing dengan yang lain?

Modal / dana memang menjadi hambatan utama bagi pebisnis pemula. Terlebih, jika mereka bukan dari kalangan yang terbilang “mapan”, maka hanya mengandalkan ide briliannya saja tidak cukup. Terlebih di era dimana persaingan usaha sangat ketat seperti sekarang, para pemain kecil dengan modal minim akan sangat sulit bersaing dengan mereka yang memiliki banyak modal.

Cara Bisnis Tanpa Modal bagi Pemula

cara bisnis tanpa modal
Cara Bisnis Tanpa Modal

Bila kalian ingin menjalankan suatu bisnis namun tidak memiliki modal, maka ada beberapa tips yang dapat kalian ikuti. Berikut diantaranya:

1.      Cari Investor / Pemodal

Mencari investor memang tidak semudah yang dibayangkan. Terlebih, jika kalian belum punya pengalaman sama sekali dibidang bisnis, maka tentunya tidak ada orang yang akan percaya dengan kemampuan kalian.

Untuk menggaet hati para investor agar mau mendanai bisnis yang akan kalian bangun, maka selain harus membuat proposal yang bagus kalian juga harus memastikan beberapa hal berikut:

  • Pastikan bisnis kalian memiliki potensi keuntungan dalam jangka panjang. Kebanyakan investor akan menghindari bisnis yang berbasis trend. Jadi, pastikan bisnis kalian bukan model yang sekedar mengikuti trend belaka.
  • Tipe bisnis yang kalian miliki merupakan bisnis yang minim risiko. Investor lebih suka bisnis yang tumbuh secara perlahan namun memiliki risiko yang kecil. Ini karena mereka tidak ingin kehilangan banyak uang.
  • Tunjukan kemampuan kalian. Mereka tidak peduli dengan proses kerja keras kalian, yang mereka inginkan adalah bukti dari kerja keras yang selama ini kalian lakukan. Karena itu, mereka lebih percaya hasil kerja / proposal bisa kalian buktikan.

Baca juga: Cara Mendapatkan Modal Usaha untuk Memulai Bisnis Baru

2.      Ajak Teman untuk Kerjasama

Jika tidak ada satupun investor yang mau untuk mendanai bisnis yang sedang kalian rencanakan, maka ajaklah teman untuk bekerja sama.

Banyak bisnis besar yang dibangun bersama-sama dengan teman-temannya. Mereka terus bekerja sama baik dalam menyediakan modal maupun dalam mengelola bisnis agar bisa tumbuh serta dapat bertahan dari persaingan yang ada.

Untuk mengembangkan bisnis bersama teman, maka carilah teman yang setujuan atau sefrekuensi dengan visi misi bisnis yang sedang kalian bangun. Syukur-syukur teman kalian tersebut bisa membantu dalam memodali bisnisnya.

Namun, jika sejak awal kalian memang bekerja sama dengan teman, maka tentukan dulu bagian dari kepemilikan bisnis tersebut antara kalian dan teman kalian. Hal ini karena banyak bisnis yang hancur karena para pendirinya berebut hasil keuntungan akibat tidak di atur terlebih dahulu saat awal membangun bisnis.

3.      Pilih Bisnis yang Minim Modal

Di zaman digital seperti ini, banyak sekali bisnis yang bisa kita jalankan tanpa modal. Hanya butuh tekad, kerja keras, dan ide-ide yang mumpuni untuk menjalankannya. Berikut beberapa diantaranya:

  1. Affiliater: kalian hanya perlu membagikan / share link atau promosi ke teman-teman. Bila ada yang pesan dari link yang dibagikan tersebut, maka kalian akan mendapatkan komisi.
  2. Content creator: bila kalian memiliki bakat menjadi konten kreator (blogger, youtuber, tiktoker, podcaster, instagrammer) maka curahkan waktu untuk membuat konten yang bermanfaat.
  3. Dropshipper: berbeda dengan reseller, dropshiper tidak membutuhkan biaya apapun karena kalian tidak perlu membeli barang terlebih dahulu.
  4. Joki game online: bakat bermain game yang kalian miliki bisa kok digunakan untuk menghasilkan uang. Caranya ialah dengan menjadi joki game online.

4.      Gunakan Teknik Marketing yang Gratis

Siapa bilang semua teknik marketing butuh biaya besar? Banyak kok teknik marketing yang hanya membutuhkan modal kecil, bahkan gratis.

Berikut beberapa contoh teknik marketing yang gratis:

  • Mengupdate konten informatis di Facebook page.
  • Mengupload foto yang unik di Instagram.
  • Membuat konten video yang keren di Youtube.
  • Mengupload produk di Marketplace (Tokopedia, Shopee, dll)
  • Menulis artikel bermanfaat di blog.

Itulah berbagai macam cara bisnis tanpa modal yang bisa kalian ikuti. Memang, sekecil apapun bisnis yang kita jalankan tetap saja membutuhkan modal yang tidak kecil. Namun, dengan beberapa tips di atas kalian dapat menghemat modal secara maksimal.

Leave a Comment