Cara Buka Rekening BCA Online Tanpa Perlu ke Kantor

Disaat-saat pandemi seperti sekarang, tentu kita wajib menjaga kesehatan dengan meminimalisir kegiatan di luar ruangan. Karena itu cara buka rekening BCA online lebih banyak dipilih orang.

Dengan membuka rekening secara online, kita tidak perlu lagi pergi ke kantor BCA. Cukup menyiapkan smartphone dan jaringan internet yang stabil, maka rekening bisa kita buat.

Cara Buka Rekening BCA Online

Jenis tabungan yang dapat kita buka via BCA online ada empat. Diantaranya yaitu: Tahapan BCA, Tahapan Gold, Tahapan Xpresi, dan Tapres.

Sementara jenis kartu ATM / kartu debitnya ada tiga yaitu: Blue, Gold, dan Platinum. Ketiganya memiliki limit masing-masing sesuai besarnya biaya admin bulanan.

Setelah tabungan dibuat, maka artinya anda sudah memiliki rekening. Namun, untuk kartu ATM dan buku rekeningnya harus diambil di kantor cabang BCA pada jam kerja.

Bagi yang tidak sabar ingin segera tahu cara buka rekening BCA online, maka langsung saja kami berikan langkah-langkahnya berikut ini:

1.      Siapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuka rekening BCA secara online, anda wajib menyiapkan dokumen pendukung yang diperlukan pihak bank. Diantaranya ada:

  • KTP elektronik yang aktif
  • Tanda tangan digital
  • Data diri
  • NPWP (optional)

2.      Download dan Instal BCA Mobile

Selanjutnya, anda perlu mendownload dan menginstal BCA Mobile versi terbaru sesuai platform smartphone anda. Pastikan juga anda mendownload aplikasi versi terbaru.

BCA Mobile untuk Android: Download

BCA Mobile untuk iOS: Download

3.      Klik tombol Buka Rekening Baru

Setelah BCA Mobile terinstal, selanjutnya buka aplikasi tersebut lalu klik tombol “Buka Rekening Baru” yang ada di halaman utama aplikasi.

Opsi Buka Rekening Baru ini dapat dipakai oleh anda yang sudah memiliki rekening BCA sebelumnya maupun yang belum pernah memilikinya sama sekali.

Sesudah anda klik, nanti akan muncul tutorial dan persyaratan singkat untuk membuka rekening. Silakan baca sebentar lalu klik tombol “Lanjut” yang ada di bagian bawah halaman aplikasi.

4.      Pilih Jenis Tabungan

Pada tahap ini kita disuruh untuk memilih jenis tabungan yang akan dibuat. Seperti yang disinggung sebelumnya bahwa jenisnya meliputi Tahapan BCA, Tahapan Gold, Tahapan Xpresi, dan Tapres.

Masing-masing tabungan memiliki fasilitas yang berbeda. Jadi, pastikanlah untuk membuka tabungan sesuai dengan kebutuhan anda sendiri.

5.      Verifikasi Nomor HP

Begitu anda selesai memilih jenis tabungan, maka akan diarahkan ke halaman verifikasi nomor HP. Silakan masukan nomor HP yang anda gunakan saat ini lalu klik Verifikasi.

Untuk mendapatkan SMS verifikasi, pastikan anda memiliki pulsa setidaknya 1000 karena biaya SMS tersebut dibebankan kepada kita.

Setelah mendapatkan SMS verifikasi, masukan kode yang ada dalam SMS tersebut ke kolom verifikasi yang tersedia.

6.      Buat Kode Akses

Kode akses merupakan kode rahasia yang digunakan untuk membuka aplikasi m-BCA yang nantinya digunakan untuk melanjutkan proses buka rekening BCA serta mengamankan transaksi keuangan.

Ingat, simpanlah kode ini ke dalam Notes agar tidak hilang. Jadi, sewaktu-waktu anda membutuhkannya maka bisa dengan mudah menemukan kode tersebut.

Baca juga: Cara Transfer M-Banking BCA Tanpa Biaya Transfer

7.      Mengisi Dokumen yang Dibutuhkan

Anda akan disuguhi formulir data diri yang harus anda isi. Pastikan untuk mengisi dokumen dengan benar, karena bila ada satu hal yang tidak cocok maka pendaftaran akan gagal nantinya.

Beberapa data yang ditanyakan meliputi nama, tanggal lahir, alamat tinggal, nama ibu kandung, tujuan buka rekening, agama, status perkawinan, dan masih banyak lainnya.

Selain itu, anda juga akan dimintai untuk mengupload foto KTP, foto wajah, foto NPWP jika ada, dan tanda tangan yang mana semua itu telah anda siapkan sejak langkah pertama di atas.

8.      Memilih Kartu ATM

Kartu ATM memiliki manfaat yang sangat penting untuk transaksi keuangan. Mulai dari transaksi di ATM, belanja di minimarket, hingga transaksi keuangan di BRILink.

Di BCA, kita dapat memilih tiga jenis kartu yakni Blue, Gold, dan Platinum yang disesuaikan dengan masing-masing tabungan yang telah dipilih.

9.      Lakukan Verifikasi dan Aktivasi

Setelah semua lengkap, kita tinggal melakukan verifikasi data melalui video call. Customer service akan menghubungi anda selama setidaknya satu menit pada pukul 06.00 – 20.00 WIB.

Terakhir, anda tinggal melakukan aktivasi ke mobile banking mulai dari membua PIN dan menyiapkan akun mobile dan internet banking.

Jika kesembilan cara buka rekening BCA online di atas sudah anda kerjakan, maka selamat! Rekening anda sudah sepenuhnya siap digunakan.

Leave a Comment