Cara Buka Rekening BCA secara Online maupun Offline

Sebagai bank terbesar di Indonesia, BCA tentunya menghadirkan pelayanan dengan kualitas terbaik demi kenyamanan para nasabahnya. Salah satunya ialah terkait cara buka rekening BCA yang begitu mudah, praktis, dan dapat melakukanya tanpa perlu datang ke kantor.

Untuk itu, kali ini kami ingin memberikan beberapa panduan singkat kepada anda yang ingin membuka rekening BCA baik secara online maupun offline. Metode ini bisa digunakan oleh anda yang sebelumnya sudah memiliki rekening BCA maupun yang belum memiliki sama sekali.

Cara Buka Rekening BCA secara Online

Berkat kecanggihan teknologi saat ini, kita dapat membuka rekening BCA secara online tanpa perlu bersusah payah lagi menunggu antrian di kantor.

Terlebih, di era pandemi semacam saat ini yang mengharuskan kita untuk meminimalisir segala kegiatan di luar ruangan, tentu membuka rekening secara online menjadi pilihan yang terbaik. Berikut caranya:

1.      Instal Aplikasi BCA Mobile

Pertama, anda harus mendownload aplikasi yang bernama BCA Mobile via Google Playstore bagi pengguna Android dan melalui Apple AppStore bagi pengguna iOS.

2.      Membuka Rekening BCA Baru

Setelah terinstal, silakan buka aplikasi tersebut lalu klik tombol “Buka Rekening Baru” untuk melanjutkan pembukaan rekening BCA baru.

3.      Memilih Produk Tabungan yang Tepat

Ada bebeberapa produk tabungan yang ditawarkan oleh BCA. Diantarnya yaitu Tapres, Tahapan, Tahapan Gold, dan Tahapan Xpresi. Pilihlah sesuai yang kebutuhan transaksi harian anda.

4.      Membuat Kode Akses BCA Mobile

Kode akses berfungsi layaknya PIN. Anda harus mengingat kode ini karena nantinya digunakan untuk masuk ke fitur transaksi perbankan dari BCA Mobile.

5.      Mengirimkan Dokumen yang Dibutuhkan

Dokumen yang diperlukan untuk di upload ialah e-KTP, NPWP (jika memilikinya), foto wajah, dan tanda tangan. Semuanya harus diupload secara online dalam bentuk digital.

6.      Melengkapi Formulir Profil Data Diri

Selanjutnya anda disuruh untuk melengkapi profil. Diantaranya mulai dari tujuan membuka rekening, melengkapi profil diri, serta melengkapi data pekerjaan dan pendapatan tahunan.

7.      Memilih Kartu Debit / Kartu ATM

BCA menyediakan 3 pilihan ATM untuk kita pilih yaitu Blue, Gold, dan Platinum. Untuk ATM Blue biaya adminya Rp14 ribu, Gold Rp16 ribu, dan Platinum sebesar Rp19 ribu per bulan.

8.      Memverifikasi Data Diri

Verifikasi data diri dilakukan secara video call atau bertatapan langsung dengan customer service dari Hallo BCA. Video call dapat dilakukan di jam kerja dan saat antrian tidak sibuk.

9.      Mengaktifkan Internet Banking dan M-Banking

Akun yang telah terverifikasi berarti rekeningnya sudah aktif. Selanjutnya anda tinggal mengaktifkan internet banking dan m-banking dengan cara mengikuti instruksi yang ada.

10.  Menyetorkan Saldo Awal

Terakhir, anda tinggal menyetorkan saldo agar rekening bisa digunakan. Setor saldonya tidak harus tunai, anda bisa transfer melalui rekening teman ataupun via internet banking dari bank lain.

Baca juga: Cara Transfer M-Banking BCA Tanpa Biaya Transfer

Cara Buka Rekening BCA secara Offline

Bila anda kurang memahami perihal pembukaan rekening secara online, maka anda dapat mencoba membuka secara offline dengan mengunjungi kantor BCA terdekat.

Berikut langkah-langkah yang harus anda lakukan:

1.      Siapkan Dokumen yang Diperlukan

Siapkan dokumen data diri seperti KTP, KK dan NPWP (jika ada). Jangan lupa, bawa juga salinan atau foto copy nya setidanya masing-masing dua rangkap.

2.      Datang ke Kantor BCA Terdekat

Datanglah ke cabang BCA sesuai dengan alamat di KTP anda. Pastikan untuk mematahi protokol kesehatan saat akan datang ke kantornya.

3.      Minta ke CS Perihal Pembukaan Rekening

Setelah sampai, langsung saja ambil nomor antrian dan tunggu hingga dipanggil. Setelah itu, minta ke CS untuk dibantu dalam membuka rekening baru.

4.      Isi Formulir yang Diberikan oleh CS

Serahkan dokumen yang anda bawa, lalu CS akan memberikan formulir yang harus diisi. Karena formulirnya cukup banyak, isi yang sekiranya penting dan anda ketahui.

5.      Minta ke CS untuk Aktivasi i-Banking dan m-Banking

Begitu formulir terisi, maka pembuatan rekening akan segera diproses. Sambil menunggu, anda bisa sekalian minta untuk melakukan aktivasi iBanking dan mBanking nya sekalian.

6.      Berikan Uang Setoran ke Teller Bank

Apabila sudah selesai, berikan uang setoran awal ke teller sambil menunjukan buku rekening yang baru saja anda terima.

Demikianlah beberapa macam cara buka rekening BCA yang dapat anda coba. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Leave a Comment