Cara Buka Rekening BNI Online hanya dari Rumah

Ingin membuat rekening BNI tapi malas ke luar rumah? Jika ya, maka pakai saja cara buka rekening BNI online yang dapat anda lakukan langsung menggunakan smartphone, tanpa perlu keluar rumah!

Sebagai bank BUMN, BNI terus melakukan pengembangan sistem layanannya dengan mengikuti bank lain seperti halnya BRI yang menyediakan layanan buka rekening secara online.

Dengan begitu, selain memudahkan nasabahnya untuk membuka rekening, juga turut serta dalam membantu mengurangi penyebaran penyakit di zaman pandemi seperti sekarang ini.

Jenis-Jenis Akun Tabungan di Bank BNI

Sebelum membuka rekening, pastikan anda mengetahui terlebih dahulu tentang jenis-jenis akun apa saja yang tersedia di BNI.

Hingga saat ini, BNI sendiri memiliki lebih dari 7 jenis rekening tabungan. Namun kami hanya akan menjelaskan beberapa yang terpopuler di antaranya.

a)      TabunganKU

TabunganKu merupakan produk tabungan dari Bank BNI yang paling ringan karena bertujuan untuk menumbuhkan tradisi dan budaya menabung bagi semua kalangan masyarakat.

b)      BNI Taplus

Dibandingkan TabunganKu, BNI Taplus memiliki fasilitas yang lebih lengkap seperti internet banking, mobile banking, dan kartu ATM. Dari segi bunga bulanan pun lebih besar dibandingkan TabunganKu.

c)      BNI Taplus Bisnis

BNI Taplus Bisnis tidak hanya dibuat untuk perusahaan atau bisnis saja, melainkan dibuat untuk perorangan dan pemilik usaha kecil menengah. Keunggulan utamanya ialah pada fasilitas bisnis.

d)      BNI Taplus Anak

Jika anda memiliki anak di bawah usia 15 tahun, maka anda bisa mendaftarkan BNI Taplus Anak kepada mereka. Tabungan jenis ini lebih tepat digunakan sebagai pembelajaran tentang pentingnya menabung.

e)      BNI Taplus Muda

BNI Taplus Muda diperuntukan untuk kalangan muda mulai dari usia 15-25 tahun tanpa perlu tanda tangan orang tua. Cukup dengan kartu pelajar atau kartu mahasiswa, maka anda bisa mendaftar.

f)       BNI Haji

Seperti namanya, BNI Haji memang difungsikan untuk anda yang ingin menabung demi tujuan suci yakni melanjankan ibadah haji. Saat ini, BNI Haji juga bisa digunakan untuk tabungan umrah.

Baca juga: Transfer Antar Bank BNI, Hanya Melalui Handphone

Cara Buka Rekening BNI Online dari Rumah

Membuka rekening di Bank BNI sangatlah mudah, berikut prosedur dan langkah-langkah yang harus anda lakukan:

1.      Download dan Instal Aplikasi BNI Mobile

Anda dapat mendownload aplikasi BNI Mobile dari Playstore bagi pengguna android dan dari AppStore bagi pengguna iOS. Pastikan untuk mendownload versi terbaru.

Setelah terdownload, instal aplikasi tersebut kemudian jalankan. Nantinya ada beberapa persetujuan penggunaan aplikasi, silakan klik saja tombok “OK” untuk mengizinkan persetujuan.

2.      Klik Buka Rekening BNI

Begitu aplikasi terinstal, langsung saja klik tombol “Buka Rekening BNI” untuk melanjutkan pembukaan rekening baru. Selanjutnya klik “Daftar” yang ada di bagian bawah.

Bila anda sebelumnya sudah pernah memiliki rekening BNI baik masih aktif maupun tidak, maka anda juga dapat mengklik tombol ini sebelum anda login ke dalam aplikasi.

3.      Pilih Jenis Tabungan

Sebelum anda memilih jenis tabungan, akan muncul data berupa syarat dan ketentuan yang harus anda baca dan disetujui. Untuk menyutujuinya, cukup centang kotak persetujuan paling bawah.

Pilihlah jenis tabungan yang sesuai dengan kebutuhan transaksi harian anda. Misalkan untuk kebutuhan umum, saya sarankan BNI Taplus, namun untuk kepentingan bisnis maka saya sarankan BNI Taplus Bisnis.

4.      Isi Formulir Data Diri

Ada beberapa data diri yang dibutuhkan. Diantaranya NIK, No KK, tanggal lahir, email, nomor handpohone, NPWP (jika ada), alamat lengkap, sumber penghasilan, dan nama ibu kandung.

Jika sudah klik “OK”. Lalu, anda akan diminta untuk memasukan nomor penerima kode OTP. Pastikan nomor ini selalu aktif karena akan jadi nomor utama untuk kebutuhan transaksi via mobile banking.

5.      Lakukan Verifikasi Video

Aktivasi rekening BNI hanya dilakukan setelah akun terverifikasi. Nah, proses verifikasi ini hanya dapat dilakukan dengan video call dengan Customer Service yang berlangsung paling lama 10 menit.

Setelah itu, aktifkan juga layanan lain mobile banking, SMS banking, dan internet banking sesuai kebutuhan anda. Untuk mengaktifkannya, ikuti saja instruksi yang muncul.

Itulah berbagai cara buka rekening BNI online yang bisa anda lakukan dari rumah. Mudah bukan?

Leave a Comment