Kirim ArtikelMenyalurkan Hobi Sekaligus Mendapatkan Penghasilan

Lakukan Cara Cerdas Untuk Membuat Tabungan Terus Bertambah

Cara Cerdas Untuk Membuat Tabungan Terus Bertambah – Menabung merupakan sebuah kegiatan yang mana akan sangat bermanfaat untuk kondisi kestabilan finasial anda saat ini maupun di masa depan. Untuk itu, menabung dapat dikatakan sebagai sebuah keharusan yang perlu anda lakukan.

Banyak orang yang menganggap jika menabung adalah hal yang sepele, hanya sekedar menyisihkan berapa bagian pemasukan anda dan kemudian dimasukkan ke dalam rekening tabungan setiap bulannya.

Cara Cerdas Untuk Membuat Tabungan Terus Bertambah

Cara Cerdas Untuk Membuat Tabungan Terus Bertambah

Jika anda hanya menyisihkan pemasukan-pemasukan di setiap bulannya tanpa adanya trik-trik khusus. Maka tentu saja tabungan yang anda miliki hanya akan terus berada dalam kondisi yang sama setiap waktunya.

Tentu saja anda ingin bukan jika jumlah tabungan yang anda miliki terus meningkat setiap waktunya? Nah berikut ini cara – cara cerdas membuat tabungan terus bertambah yang dapat anda lakukan. Atau agar saldo di dalam tabungan anda bisa meningkat terus menerus.

1. Memisahkan Rekening Tabungan

Cara mudah untuk membuat rekening tabungan anda bertambah terus menerus adalah dengan memisahkan antara rekening tabungan dengan rekening kebutuhan sehari-hari. Anda bisa membuka rekening baru yang berbeda dengan rekening yang digunakan untuk transaksi-transaksi rutin.

Cara ini akan mempermudah anda untuk melakukan pengecekan arus keluar dan arus masuk pada rekening tabunga.

Memiliki rekening tabungan juga akan memberikan efek psikologis yang membuat anda tidak akan mudah tergoda mengambil uang yang ada di dalam rekening tabungan tersebut untuk hal-hal yang tidak mendesak.

Baca Juga: 12 Ide Mengatur Keuangan Pribadi Yang Bijak

2. Menabung Di Awal Gajian

Jika anda ingin membuat salod tabungan anda terus bertambah setiap waktunya, maka buang jauh mengenai konsep jika menabung merupakan penyimpanan dari sisa uang yang tidak terpakai. Anda harus segera mengubah konsep menabung seperti ini.

Konsep menabung yang baik adalah dilakukan saat awal gaji anda. Saat menerima gaji, maka segeralah untuk memotong beberapa bagian pemasukan untuk ditabungkan. Sisa dari potongan tersebut lah yang malah anda gunakan untuk survive selama satu bulan.

Jika anda menabung di saat akhir bulan, hal ini malah menyebabkan anda akan kesulitan untuk menabung. Bahkan yang ada pemasukan yang anda miliki tidak akan tersisa karena sudah habis dikonsumsi.

3. Aktifkan Fasilitas Autodebet

Fasilitas auto debet secara tidak langsung akan membuat saldo tabungan anda terus bertambah tanpa disadari. Fitur ini akan memotong langsung uang anda untuk dimasukkan ke dalam rekening tabungan secra otomatis.

Mislanya saja, setiap tanggal gajian anda fitur auto debet akan memotong langsung pemasukan anda sekitar 500 ribu untuk dimasukkan ke dalam rekening tabungan.

Fitur ini akan sangat menguntungkan apalagi jika anda tidak terlalu disiplin dalam menabung. Sehingga anda tak perlu susah payah untuk menyisihkan dana untuk ditabungkan setiap bulannya.

Baca Juga: 9 Cara Cerdas Mengatur Gaji Bulanan Agar Terhindar Dari Masalah Keuangan

4. Jangan Membawa Uang Tunai Terlalu Banyak

Hal lainnya yang dapat anda lakukan untuk membuat saldo di dalam tabungan terus bertambah adalah dengan tidak membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak.

Terkait dengan poin nomor empat, bukan berarti Anda tidak boleh ke luar rumah. Boleh saja kalau hanya untuk sekadar refreshing supaya tidak stres karena pekerjaan. Namun ketika Anda ke luar rumah, usahakan jangan terlalu banyak membawa uang tunai.

Anda hanya perlu menyiapkan kartu ATM ini akan berguna apabila suatu ketika uang tunai Anda tidak cukup. Bawalah uang sesuai kebutuhan Anda saja.

Misal Anda berniat untuk pergi ke cafe atau restoran, maka perkirakan dulu berapa jumlah uang yang mungkin bisa Anda habiskan. Baca juga: Ingin Menabung? Kenali Dulu Produk-Produk Tabungan Ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *