in

Cara Daftar Asuransi Mobil ACA dan Penentuan Tarif Preminya

Cara Daftar Asuransi Mobil ACA – Perkembangan industri asuransi tercatat mengalami kenaikan yang cukup signifikan, baik dari segi pemain maupun produk yang dikembangkan oleh masing-masing perusahaan asuransi. Jadi, sebagai nasabah atau pelanggan asuransi, kita pun harus lebih cerdas dalam memilih perusahaan asuransi.

Meningkatnya penggunaan teknologi bukan berarti kita menyerahkan sepenuhnya segala prosedur kepada sistem teknologi yang dijalankan oleh perusahaan tersebut. Kita juga perlu memastikan bahwa sistem tersebut berjalan dengan baik. Hal ini agar tidak muncul persoalan di kemudian hari yang dapat merugikan kita sebagai nasabah atau pelanggan asuransi.

Cara Daftar Asuransi Mobil ACA

Cara Daftar Asuransi Mobil ACA dan Penentuan Tarif Preminya

Tidak terkecuali dalam hal pendaftaran atau pembelian produk asuransi. Meski sekarang ini sudah lebih mudah, Anda juga perlu cermat dalam membeli asuransi. Berikut cara mendaftar asuransi mobil ACA yang perlu Anda ketahui:

1. Anda dapat membeli produk asuransi mobil ACA secara online dengan mengunjungi website asuransi mobil ACA;

2. Pelajari jenis produk dan perlindungan yang Anda butuhkan dengan cermat, lalu klik fitur beli produk untuk memperoleh informasi dan mendapatkan produk asuransi tersebut.

Pada fitur tersebut Anda akan diminta untuk mengisi form yang disediakan terkait informasi mengenai beberapa hal berikut.

1. jenis asuransi yang akan dipilih,

2. nama,

3. alamat,

4. kota atau kabupaten,

5. nomor yang dapat dihubungi dan alamat email.

Kemudian submit form tersebut, staf asuransi mobil ACA akan menghubungi Anda untuk mendiskusikan produk dan kebutuhan Anda. Atau Anda dapat langsung menghubungi layanan call centre di (021)31999100.

Akan tetapi, sebelum memutuskan untuk membeli asuransi mobil, ada baiknya Anda menanyakan segala sesuatunya kepada petugas yang menghubungi Anda secara detil. Pastikan hal ini sebelum Anda menandatangi klausul kontrak asuransi atau membuat kesepakatan. Sebab, kata sepakat berarti Anda telah menyetujui semua yang tercantum dalam polis.

Dan kesepakatan yang telah dibuat ini tentunya tidak bisa dibatalkan begitu saja. Beruntung, jika perusahaan asuransi memberikan keleluasan untuk Anda mengganti produk asuransi di kemudian hari jika Anda merasa tidak cocok dengan asuransi tersebut. Namun pastinya, Anda harus melewati prosesnya lagi dan tidak menutup kemungkinan ada biaya administrasi yang harus dikeluarkan.

Baca Juga: Untungnya Memiliki Asuransi Mobil, Cari Tahu Fasilitasnya

Asuransi mobil comprehensive (gabungan) atau asuransi otomate

Biaya Asuransi Mobil All Risk ACA, Apa Saja Yang Ditanggung?

Karena itu, dari pada Anda menyesal di kemudian hari, ketahui kebutuhan perlindungan mobil yang Anda butuhkan. Apakah asuransi mobil comprehensive (gabungan), atau asuransi otomate. Nah, agar lebih jelasnya, berikut informasi mengenai kedua jenis asuransi tersebut.

• Asuransi mobil comprehensive (gabungan) ACA merupakan asuransi mobil untuk perlindungan mobil Anda yang mengalami rusak sebagian atau keseluruhan karena benturan, tabrakan, atau kecelakaan lalu lintas maupun perbuatan jahat, seperti perampokan atau perampasan.

• Asuransi otomate ACA adalah perlindungan atau jaminan atas kerusakan mobil Anda dengan pilihan beberapa paket asuransi yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda, di samping beberapa fasilitas layanan, seperti layanan derek, mobil pengganti, dan layanan 24 jam saat Anda dalam kondisi darurat.

Selain perlindungan atau ganti rugi tersebut, asuransi mobil ACA juga memberikan jaminan atas risiko sendiri (own risk) jika mobil Anda mengalami kecelakaan misalnya. Jaminan yang diberikan untuk risiko ini tidak jauh berbeda dengan yang ditentukan oleh Otoritas jasa Keuangan sebagai lembaga pengawas industry keuangan di Indonesia, yaitu sebesar Rp300.000 per kejadian.

Bagaimana dengan tarif preminya?

Untuk mengukur mahal murahnya tarif premi yang dikenakan, Anda juga bisa melihat ketentuan yang digariskan oleh OJK dalam Surat Edaran OJK Nomor 06/SEOJK.05/2017. tentang penetapan tarif premi dan kontribusi pada lini usaha asuransi.

Dalam surat edaran tersebut, OJK mengatur penetapan tariff premi atau kontribusi pada lini usaha harta benda, asuransi kendaraan bermotor, termasuk risiko khusus banjir dan gempa bumi pada lini usaha asuransi kendaraan bermotor dan asuransi harta benda.

Baca Juga : Kelebihan dan Keunggulan Perlindungan Asuransi Mobil ACA

Ketentuan batas wilayah operasional kendaraan

Penentuan tarif premi ini berdasarkan pembagian wilayah, yaitu:

• Wilayah 1 untuk kendaraan yang beroperasi di wilayah Sumatera dan sekitarnya;

• Wilayah 2 untuk wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten;

• Wilayah 3 untuk wilayah yang tidak termasuk dalam kategori wilayah 1 dan 2.

Untuk tarif batas bawah dan batas atas mobil non-bus dan non-truk yang beroperasi di wilayah Sumatera dan sekitarnya yang termasuk dalam kategori wilayah 1 adalah nilai uang pertanggungan (UP) </=Rp125 juta maka berlaku tarif premi sebesar 3,82% -4,20%, dan premi asuransi TLO di kisaran 0,47% – 0,56%.

Sementara untuk UP >Rp200 juta – Rp400 juta, tarifnya sekitar 2,18% – 2,40%, sedangkan untuk premi asuransi TLO sekitar 0,41% -0,46%. Adapun Up > Rp800 juta, tarif yang ditetapkan sebesar 1,05% – 1,16%, dan premi asuransi TLO di kisaran 0,20% -0,24%.

Ketentuan dan peraturan yang dikeluarkan oleh pihak otoritas ini dapat menjadi acuan kita untuk mengukur mahal murahnya biaya premi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi.

Baca Juga: Biaya Asuransi Mobil All Risk ACA, Apa Saja Yang Ditanggung?

Selain agar perusahaan asuransi tidak akan semena- mena dalam memberlakukan tarif biaya premi. Peraturan ini dimaksudkan agar tidak terjadi perang tarif di antara peusahaan asuransi. Sebab, dengan iklim usaha yang sehat maka output yang diperoleh pun dapat mendorong kemajuan ekonomi Indonesia agar lebih baik di masa depan. Terlebih dengan semakin berkembangnya bisnis asuransi.

Written by Zonkeu

Suka mencoba hal baru penuh tantangan yang memaksa otak untuk selalu berfikir keras

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

Asuransi Kesehatan Mandiri dan Syaratan Untuk Menjadi Pemegang Polis

Asuransi Kesehatan Mandiri dan Syarat Untuk Menjadi Pemegang Polis

Pengertian Perbankan Syariah Menurut Para Ahli

Pengertian Perbankan Syariah Menurut Para Ahli