Cara Investasi Emas Paling Bagus dan Bijaksana Bagi Pemula

Ada beberapa cara investasi emas dengan metode yang lebih menarik dan sangat bijaksana untuk diterapkan oleh investor dan pemilik modal. Selama ini emas memang sering dianggap sebagai instrumen investasi paling menguntungkan dan sangat mudah dicairkan kembali atau dijual. Selain dari waktu ke waktu terus harganya terus mengalami kenaikan sehingga mampu mendatangkan profit besar.

Cara Investasi Emas Paling Bagus dan Bijaksana

Cara Investasi Emas Paling Bagus dan Bijaksana bagi pemula

Menentukan Tujuan

Sebelum memilih emas sebagai media investasi, ada baiknya menentukan lebih dahulu tujuan dari investasi tersebut. Jangan melakukan investasi emas apabila alasannya hanya mengikuti trend belaka.

Apapun bentuk investasinya jika hanya ikut-ikutan saja biasanya selalu berakhir dengan kerugian. Selain itu akan jadi lebih bagus lagi apabila berinvestasi emas dalam jangka panjang.

Menentukan waktu

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan tanpa sadar oleh investor emas adalah tidak tahu waktu terbaik untuk membeli. Padahal, jika membeli emas saat harganya sedang tinggi, tentu akan menimbulkan kerugian apabila dijual lagi. Terlebih ketika harga sedang turun.

Untuk itu agar kerugian tersebut bisa dihindari investor harus jeli memperhatikan kondisi dan situasi pasar. Cari informasi selengkap mungkin tentang perkiraan harga emas dalam jangka pendek dan jangka panjang. Jika kurang memahami masalah ini, dapat bertanya kepada yang sudah ahli.

Memilih jenis emas

Investasi emas
zetizen.com

Tips atau cara investasi emas berikutnya adalah menentukan jenis emas yang akan dijadikan investasi. Perlu dipahami, emas dalam bentuk perhiasan bukan merupakan bagian dari sarana investasi terbaik.

Karena saat membeli akan kena beban ongkos produksi. Bahkan ketika mau dijual biasanya ditawar dengan harga lebih murah. Langkah terbaiknya adalah memilih emas berbentuk batangan dan koin.

Terutama emas yang kadarnya 24 karat. Emas yang berbentuk batangan dan koin serta mempunyai kadar 24 karat biasanya dilengkapi sertifikat. Jadi dapat dijual kembali dengan harga lebih tinggi dibanding emas perhiasan atau yang kadarnya kurang dari 24 karat.

Baca Juga: Investasi Logam Mulia, Pilih Emas Batangan, Perhiasan, atau Koin?

Jangan berutang untuk investasi

Selain itu harus diketahui pula, cara investasi emas paling bijaksana adalah tidak dilakukan dengan dana hutangan. Sebelum berinvestasi harus selalu dipastikan sudah mempunyai dana yang mencukupi untuk membeli dan menabung emas dalam jangka panjang.

Emas tidak akan mendatangkan labar besar apabila dijual dalam jangka pendek. Jadi membeli emas dengan hutangan hanya akan menghasilkan kerugian saja, karena investor mempunyai kewajiban mengangsur hutangan tersebut berikut bunganya.

Menyiapkan anggaran cadangan

Investasi Emas dalam Islam, Yang Muslim Wajib Baca!

Selain tidak boleh berhutang, investor emas juga harus memiliki dana untuk cadangan yang mencukupi. Besarnya anggaran tersebut sekitar 6 hingga 12 bulan belanja keluarga. Jadi saat ada kebutuhan mendadak, emas tetap tersimpan aman dan tidak perlu dijual untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Teknik penjualan

Tips atau cara investasi emas yang terakhir berkaitan dengan teknik penjualan. Harus selalu diusahakan agar menjual emas lagi pada toko dan tempat yang sama waktu membeli. Apalagi jika kwitansi atau nota pembeliannya masih tersimpan.

Biasanya pihak toko berani membeli dengan harga lebih tinggi dibanding toko yang lain. Satu hal lagi, pilih waktu terbaik yaitu saat harga emas sedang tinggi agar bisa mendapatkan profit yang lebih besar.

Jadi sebaiknya menunggu dengan sabar dan tidak tergesa-gesa untuk menjual. Dibanding saham, fluktuasi harga emas itu tergolong lebih rendah sehingga semakin mudah untuk membuat perkiraan.

Di Indonesia sendiri, emas terbaik serta punya nilai jual paling tinggi sekaligus terbaik untuk dijadikan alat investasi adalah emas produksi ANTAM. Dibanding dengan lainnya, emas dari ANTAM lebih dipercaya karena memiliki jaminan garansi dan mutu yang baik.

Semoga beberapa tips dan cara investasi emas terbaik dan paling bijaksana ini bisa memberi manfaat untuk calon investor dan masyarakat. Selamat berinvestasi. Baca Juga: Tips Investasi Emas Menguntungkan Bagi Pemula

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *