Cara Kirim dan Menerima Uang Menggunakan Western Union

Western Union merupakan sebuah layanan pengiriman uang, baik antar kota maupun antar negara. Anda bisa melakukan pengiriman uang hingga seluruh dunia. Layanan ini sudah sangat terkenal dan terpercaya.

Berbeda dengan bank-bank lokal di Indonesia, Western Union tidak membatasi pengiriman uang hanya di satu negara saja melainkan hingga ke berbagai negara. Sehingga Anda bisa melakukan transfer dengan mudah meskipun anda akan melakukan pengiriman uang ke berbagai negara.

Sudah banyak masyarakat yang mempercayakan transaksi pengiriman maupun penerimaan uang melalui Western Union. Karena lebih terpercaya, lebih aman dan juga lebih mudah.

Apa Itu Western Union?

Cara Kirim dan Menerima Uang Menggunakan Western Union

Mungkin dari sebagian ada yang belum tahu apa itu waestern Union. Bagi pelaku bisnis terutama publisher Adsense tentu sudah tidak asing lagi. Karena pencairan/penarikan bonus dulu memang menggunakan jasa pengiriman Western Union.

Namun saat ini publisher di Indonesia sudah bisa mencairkan (withdraw) penghasilan Google Adsense menggunakan Bank Lokal Secara langsung. Seperti menggunakan Bank BCA, Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI dan Bank lainnya di Indonesia.

Kembali lagi mengenai pengertian apa itu Western Union?, ini merupakan perusahan yang bekerja sama dengan perbankan dan beberapa perusahan besar di Indonesia. Dalam hal ini untuk menyediakan jasa pengiriman dan penerimaan uang dengan tujuan ke luar negeri maupun di dalam negeri.

Baca Juga:  Biaya Limit Transfer ATM BCA dan Keunggulannya

Keunggulan dan Keuntungan Menggunakan Western Union

Western Union jasa pengiriman uang yang memiliki banyak keunggulan dan keuntungan dibandingkan jasa pegiriman lainnya, diantaranya sebagai berikut:

1. Pengiriman uang tanpa rekening

Keuntungan menggunakan jasa layanan ini anda tidak harus membuka/memiliki rekening bank. Selain itu, Anda juga tidak memerlukan domisili tempat tinggal. Sehingga Anda bisa melakukan pengiriman dan penerimaan uang dengan nyaman dari maupun ke Luar Negeri.

2. Pengiriman uang secara instan

Western Union menjamin para nasabah untuk mengirimkan uang dengan sangat cepat hanya butuh hitungan detik saja. Maka uang yang Anda kirim dapat langsung diambil penerima atau orang yang dituju. Bila di indonesia anda bisa langsung diambil melalui Kantor Pos.

3. Biaya murah

Untuk bicara mengenai biaya, transfer melalui Western Uion juga tergolong sangat murah. Sehingga Anda tak perlu khawatir masalah biaya transfer pengiriman uang ke berbagai negara. Selain itu, orang yang menerima uang tidak dikenakan biaya sepeser pun.

4. Tidak ada batas minimum

Pengiriman uang melalui jasa ini tidak memerlukan batas minimum nominal uang. Sehingga Anda bisa mengirimkan uang berapapun yang diinginkan. Jadi bisa sangat membantu anda dalam mengirim uang jarak jauh, baik ke dalam maupun luar negeri.

5. Jasa pengiriman uang yang tersebar luas

Jasa pengiriman uang melalui Western Union ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat di banyak negara di dunia. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir jika ingin menggunakan jasa ini karena melayani jasa pengiriman yang tidak terbatas dengan sekala Internasional.

6. Keamanan Terjamin

Meskipun anda tidak memerlukan Rekening bank, menggunakan jasa pengiriman uang ini termasuk ke dalam pengiriman uang yang aman dan nyaman. Hal ini dikarenakan WU memiliki sistem keamanan yang cukup ketat untuk kenyamanan dalam melayani para pelanggannya.

Baca Juga:  Cara Isi Ulang Pulsa Listrik Lewat ATM BRI Yang Mudah dan Cepat

Jasa Layanan Western Union lainnya

Selain keuntungan atau manfaat yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan jasa layanan ini, Anda juga bisa memilih beberapa produk yang ditawarkan. Ada beberapa yang dapat Anda manfaatkan seperti:

1. Quick Pay

Produk Quick Pay merupakan layanan pengiriman uang, dimana pihak penerima uang merupakan sebuah badan usaha sebagai klien yang sudah terdaftar di sistem Western Union itu sendiri.

2. Will Call 

Beda dengan Quick Pay, Jika Produk Will Call merupakan sebuah layanan pengiriman uang dimana pihak penerima uang merupakan pihak individu bukan sebuah badan usaha.

Selain produk dari WU di atas, Anda juga bisa mendapatkan beberapa layanan lainnya seperti pengiriman berita. mengantarkan uang hingga menuju alamat si penerima.

Test pertanyaan yang berlaku di beberapa negara untuk mencegah dari terjadinya penipuan. hingga layanan notifikasi atau pemberitahuan kepada pihak penerima.

Jika Anda ingin menggunakan layanan ini, tak perlu khawatir karena layanan ini tersebar di berbagai agen di Indonesia seperti Bank BII, Bank Mandiri, Bank BRI, Bank Niaga, Bank Syariah Mandiri, Kantor Pos, TIKI dan lain sebagainya.

Masih ada banyak agen Western Union yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Untuk memastikan adanya layanan WU ini, maka Anda bisa memperhatikan dan memastikan adanya logo di beberapa lokasi yang Anda temui.

Jika tidak, Anda juga bisa langsung menanyakan dengan langsung mendatangi kantor tersebut atau  menanyakan via telepon. Anda juga bisa mencari referensinya melalui situs web atau refernsi lain yang ada di google dan wikipedia mengenai dimana layanan WU di Indonesia.

Baca Juga:  Inilah Untung Rugi Take Over Kredit Mobil Yang Harus Anda Ketahui

Cara Kirim dan Menerima Uang Menggunakan Western Union Indonesia

CCara Kirim dan Menerima Uang Menggunakan Western Union

Cara Mengirim Uang Melalui Western Union Indonesia

Setelah mengetahui berbagai keuntungan dan kelebihan dan apa itu Western Union. Maka langkah selanjutnya adalah Bagaimana cara untuk mengirim maupun menerima uang melalui jasa Western Union Indonesia.

Bagi yang ingin menggunakan jasa WU bisa ikuti panduan dan langkah-langkah kirim uang dibawah ini:

1. Langkah pertama silahkan anda cari terlebih dahulu kantor Western Union terdekat. Atau bisa juga melalui kantor post Indonesia, ini yang lebih mudah ditemukan.

2. Minta ke petugas yang ada atau customer servis, katakan bahwa Anda ingin mengirimkan uang. Nanti CS akan memberikan Anda formulir yang harus Anda diisi untuk memenuhi syarat pengiriman.

3. Silahkan isi form aplikasi pengiriman uang yang diberikan oleh CS. Anda bisa bertanya langsung jika mengalami kesulitan atau ada yang belum faham dalam mengisi formulir.

4. Kemudian Anda akan diminta untuk memperlihatkan dan menyerahkan tanda bukti data diri Anda yang masih berlaku bisa menggunakan KTP/ SIM / Pasport.

Hal ini untuk keamanan transaksi pengiriman yang Anda lakukan. Selain itu, agar pihak Western Union bisa menghubungi Anda apabila ada kendala apapun dalam pengiriman.

5. Langkah selanjutnya adalah membayar biaya pengiriman, agar uang bisa langsung dikirim atau ditransfer dengan cepat ke pihak penerima.

6. Langkah terakhir silahkan anda mengkonfirmasikan data pengiriman kepada pihak penerima. Seperti data berupa nama pengirim, nominal uang yang Anda kirim, nama negara asal, beserta kode referensi untuk transfer atau pengiriman uang.

Cara Menerima Uang melalui Western Union Indonesia

Setelah mengetahui cara mengirim uang tentu saja anda ingin tahu bagaimana cara untuk menerima uang dari Western Union. Hampir sama dengan cara mengirim uang, berikut langkah-langkah yang harus anda lakukan.

1. Datangi kantor Western Union (bisa juga melalui kantor Pos Indonesia) yang ingin terima uang dari si pengirim

2. Pastikan Anda sudah mendapatkan informasi detail mengenai rincian transaksi dari si pengirim. Seperti nama pengirim, jumlah uang yang dikirim, dan lain-lain yang diperlukan.

3. Selanjutnya, silahkan menyerahkan data diri Anda (penerima) melalui kartu identitas diri, baik menggunakan KTP/ SIM/ Pasport.

4. kemudian Anda akan diminta untuk mengisi formulir penerimaan oleh CS Western Union atau petugas Post mengenai informasi transaksi, meliputi nama pengirim,jumlah uang, asal daerah, dan lain-lain.

5. Jika informasi yang anda ditulis benar, maka Anda sudah bisa langsung mengambil uang yang yang dikirim oleh si pengirim tanpa ada biaya sedikitpun.

Baca Juga:  Fasilitas Pembayaran Online (e-Payment) dan Contohnya

Melakukan pembayaran sesuai dengan biaya yang ditentukan.

Ketika melakukan pengiriman, maka baik pengirim maupun pihak penerima bisa sama-sama di agen Western Union. di tempat yang berbeda sembari melakukan komunikasi melalui telepon atau ponsel agar lebih mudah.

Selain menggunakan Western Union, anda juga juga bisa mencoba alat pembayaran online lainnya, Seperti menggunakan Paypal. Jika belum mempunyai akun paypal silahkan daftar dengan ikuti panduan daftar disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *