Cara Main Saham Agar Aman dan Menguntungkan

Meski tingkat kepopulerannya terus meningkat, namun banyak masyarakat atau investor yang belum tahu cara main saham agar aman sekaligus mendatangkan profit besar.

Jika memang belum paham secara mendalam tentang seluk beluk perdagangan saham, sebaiknya memulai transaksi dengan membeli saham yang baru pertamakali diperdagangkan atau IPO.

Biasanya setelah ditunggu beberapa waktu, harga saham ini akan mengalami kenaikan. Jadi ketika dijual lagi, investor akan memperoleh profit. Setelah itu jika ingin melakukan transaksi lagi, ada beberapa hal yang perlu dipelajari dan dipahami.

Cara Main Saham Agar Aman dan Menguntungkan

Cara Main Saham Agar Aman dan Menguntungkan

Cara Main Saham Dengan Belajar Melakukan Analisa Teknikal dan Fundamental

Sebelum terjun langsung dilantai bursa, investor harus tahu teknik-teknik melakukan analisa baik secara teknikal dan fundamental. Analisa teknikal dilakukan melalui trend yang sedang terjadi serta pola gerakan suatu saham.

Lalu untuk analisa fundamental, biasanya didasarkan laporan keuangan sehingga kondisi perusahaan dapat diketahui. Keduanya harus dipelajari karena masing-masing memiliki karakter yang tidak sama.

Namun secara garis besar, analisa teknikal lebih sering dipilih oleh investor jangka pendek atau short time. Sedangkan analisa fundamental sangat disukai investor jangka panjang atau long term.

Baca Juga:  Cara Investasi Emas Paling Bagus dan Bijaksana Bagi Pemula

Cara Main Saham Dengan Belajar Mendalami Berita

Selain teknikal maupun fundamental, masih ada faktor lain yang ikut mempengharuhi harga saham yaitu berita. Pada umumnya munculnya berita dianalisa secara fundamental.

Selain itu tidak jarang berita tersebut memiliki pengaruh lebih besar dibanding laporan keuangan yang dikeluarkan oleh perusahaan karena bersifat mikro.

Berita yang perlu diamati ini tidak hanya berita yang berhubungan dengan masalah kebijakan pemerintah saja, tetapi juga kebijakan lain seperti moneter dan kenaikan atau penurunan suku bunga.

Selain itu juga isu-isu tentang kebijakan dari perusahan itu sendiri seperti perubahan target penjualan hingga perubahan susunan direksi dan lainnya. Sedikit banyak, perubahan ini juga akan berpengaruh terhadap harga saham.

Belajar Cara Bermain Saham Dengan Mentor dan Bergabung Dalam Komunitas

Agar semakin tahu cara bermain saham secara lebih aman, ada baiknya belajar dan mencari ilmu dari para mentor atau yang sudah ahli dalam bertransaksi.

Caranya, rajin saja mengikuti berbagai seminar atau pelatihan yang berhubungan dengan dunia bursa saham, agar mendapat ilmu baru tentang teknik-teknik melakukan aksi jual beli saham.

Biasanya broker atau perusahaan securitas selalu mengeluarkan rilis berupa rekomendasi atau saran memilih saham yang sekiranya memiliki prospek mendatangkan profit atau sebaliknya justru harus dihindari.

Namun tidak jarang ulasan seperti ini tidak benar 100%. Jadi alternatif terbaik untuk menghindari kesalahan saat membeli atau menjual saham adalah belajar dari mentor.

Selain juga ilmu juga bisa diperoleh melalui komunitas. Dari anggotanya, pembelajaran tentang teknik-teknik bertransaksi akan mudah diperoleh.

Baca Juga:  8 Tips Investasi Properti Terbaik Untuk Pemula Agar Untung

Belajar Praktek Cara Bermain Saham Secara Virtual

Selain itu masih ada satu tips lain untuk belajar cara bermain saham yaitu praktek langsung secara virtual. Dalam sistem ini investor atau calon investor bisa melakukan praktek transaksi di lantai bursa secara langsung, tapi dengan uang maya.

Jika ternyata dalam transaksi tersebut investor harus menerima kerugian, maka dia tidak akan kehilangan dananya karena bersifat maya atau virtual.

Selain itu dari praktek ini investor bisa lebih tahu teknik-teknik bertransaksi agar dapat meminimalkan resiko kerugian. Sebagian besar perusahaan securitas selalu menyediakan fasilitas ini, agar calon investor bisa belajar dan praktek.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *