Cara Membuat Facebook Bisnis secara Lengkap dan Detail

Cara membuat facebook bisnis – Facebook bisnis merupakan fitur yang disediakan oleh Facebook yang bertujuan untuk mengamati, mengelola, dan mengatur bisnis yang kita miliki. Untuk membuat akun Facebook bisnis, kalian dapat mengaturnya di Facebook Business Manager.

Dengan memiliki akun bisnis, teman ataupun rekan kerja kalian tidak dapat melihat isi dari profil tersebut, kecuali mereka diberikan akses untuk melihatnya. Mereka hanya dapat melihat nama, email, alamat, serta halaman (Facebook Page) yang terhubung.

Perlukah Memiliki Facebook Bisnis?

Sebelum kita lanjutkan ke pembahasan utama mengenai cara membuat Facebook bisnis, kita akan membicarakan terlebih dahulu apakah Facebook bisnis perlu kita miilki atau tidak. Nah, berikut ini beberapa alasan kenapa kalian perlu membuatnya untuk bisnis yang kalian miliki:

a)      Membantu Pelacakan Iklan

Memang, kalian dapat beriklan dari akun profil pribadi, namun fitur-fitur yang tersedia tidak selengkap Facebook bisnis. Salah satunya ialah alat pelacak iklan (ads tracking) yang berguna untuk tracking iklan Facebook ads yang kita jalankan.

Contohnya dengan melacak kode tracking pixel pada website online shop ataupun pada landing shop, maka semua data yang berhubungan dengan iklan dan pengunjung website akan terlacak di Facebook Business Manager.

b)      Mengelola Facebook Page

Facebook page masih menjadi salah satu channel pemasaran yang paling bermanfaat saat ini. Terlebih, jika halaman kita sudah memiliki banyak follower, maka bisnis kita akan semakin mudah dikenal oleh banyak orang.

Kita dapat memberikan kontrol atau izin akses kepada para karyawan yang sekiranya dapat mengelola Facebook page tersebut. Misalnya kepada konten kreator untuk mengupdate konten-konten bermanfaat seperti infografis dan pengetahuan serta kepada para masing-masing manajer untuk memberikan informasi atau pemberitahuan terkait bisnis kita.

c)      Membuat Aplikasi

Jika kalian adalah seorang developer, maka pasti akan membutuhkan akses aplikasi guna terintegrasi dengan Facebook. Misalnya membuat fitur facebook login, tentu membutuhkan API resmi dari Facebook beserta persetujuan atas kendali yang dilakukan.

Di Facebook Business Manager sendiri terdapat banyak sekali aplikasi yang sangat berguna bagi para developer atau pengembang. Kalian dapat memanfaatkanya untuk membuat menyempurnakan proyek yang kalian miliki.

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Online dari Nol Khusus untuk Pemula

Cara Membuat Facebook Bisnis

Cara Membuat Facebook Bisnis

Untuk membuat Facebook bisnis, pertama-tama kalian harus memiliki akun profil pribadi terlebih dahulu. Fungsinya adalah untuk membantu mengonfimasi profil dan identitas kalian. Jadi, pastikan profil Facebook pribadi yang kalian miliki merupakan akun asli, bukan akun fake.

Jika sudah memiliki, ikuti langkah-langkah membuat Facebook bisnis manager berikut ini:

  1. Buka browser chrome / edge dari perangkat PC / laptop.
  2. Sebenarnya, kalian juga dapat membuka dari smartphone, tapi akan cukup berat dan kurang responsif.
  3. Login terlebih dahulu ke akun facebook pribadi kalian.
  4. Kunjungi halaman Facebook bisnis di link berikut: https://business.facebook.com/overview
  5. Klik tombol Create Account (Buat akun) di pojok kanan atas.
  6. Pada kolom yang tersedia, silakan isikan nama bisnis kalian lalu klik tombol Continue.
  7. Masukan nama pribadi kalian dan email bisnis yang kalian miliki lalu klik tombol Finisih.

Setelah langkah-langkah di atas kalian lakukan sampai selesai, maka artinya akun Facebook bisnis kalian sudah jadi dibuat.

Selanjutnya, kalian harus masuk ke Facebook manager yang telah dibuat lalu disana akan ada 3 misi utama yang harus kalian buat untuk menyelesaikan pengaturan dasar dari Facebook bisnis. Diantaranya adalah:

1.      Menautkan Facebook Page

Selama belum ditautkan ke dalam akun facebook bisnis, maka facebook page yang kalian miliki masih menjadi milik akun personal. Untuk menautkannya, kalian bisa klik tombol Add Page yang ada pada dashboard sebelah kiri lalu ikuti langkah-langkah yang ada.

2.      Menambahkan Akun Iklan

Akun iklan merupakan akun khusus yang berguna untuk mengelola secara penuh iklan Facebook ads. Jika kalian sudah memilikinya di profil pribadi, maka tinggal melakukan request access agar dapat langsung terhubung ke akun bisnis.

3.      Menambahkan Pengelola Facebook Bisnis

Bila kalian ingin menambahkan karyawan atau teman sebagai seorang admin, maka kalian dapat menekan tombol Add People. Setelah itu, beri mereka role yang sesuai untuk membantu mengelola Facebook bisnis tersebut.

Demikianlah beberapa cara membuat Facebook bisnis yang dapat kalian ikuti. Semoga bermanfaat, sampai jumpa di artikel berikutnya.

Leave a Comment