Cara Membuat Rekening BRI Via Unit Kerja secara Cepat

Cara membuat rekening BRI – Saat ini, kebutuhan rekening bank sangatlah penting. Hampir semua transaksi keuangan kini dilakukan melalui rekening bank. Berbeda dengan zaman dulu yang mana transaksi dapat dilakukan melalui POS atau semacamnya.

Untuk itu, bila saat ini anda belum memiliki rekening bank maka saya sangat menyarankan untuk segera membuatnya. Anda bisa memilih berbagai jenis bank, tapi saya rekomendasikan ialah Bank BRI karena kantor cabangnya banyak serta jaringanya pun luas.

Persyaratan Membuat Rekening BRI

Pengajuan pembukaan rekening bank harus melalui berbagai prosedur yang terverifikasi serta harus melengkapi persyaratan yang diperlukan. Di bawah ini merupapkan beberapa persyaratan yang harus anda persiapkan.

a)      e-KTP yang Masih Aktif

e-KTP atau KTP elektronik merupakan syarat utama pembukaan rekening BRI. Selain sebagai bukti identitas pribadi, e-KTP juga berguna untuk menunjukan kelayakan anda untuk membuka rekening.

Hingga kini, BRI masih belum menerima pendaftaran untuk WNI yang berumur kurang dari 17 tahun (untuk rekening selain Junio). Karena itu, KTP berfungsi sebagai penentu kelayakan berdasarkan usia.

b)      Kartu Keluarga

Memang, sebagian besar bank tidak mensyaratkan kartu keluarga. Namun alangkah baiknya untuk membawa kartu keluarga karena bisa jadi ditanyakan sebagai verifikasi tambahan.

Beberapa data seperti kepala keluarga, nama ibu kandung, dan nomor kartu keluarga memang dibutuhkan oleh bank dalam pembukaan rekening yang pertama kali.

c)      NPWP (Optional)

NPWP bersifat optional atau tidak wajib. Namun bila anda memilikinya maka lebih baik ditautkan karena akan tersambung langsung antara transaksi rekening BRI dengan data dari dirjen pajak.

Bila memang tidak memilikinya, maka tenang saja. Tidak membawa NPWP pun tidak masalah karena tidak akan mempengaruhi pembuatan rekening nantinya.

d)      Setoran Awal

Berapa sih setoran awal di Bank BRI?

Setoran awal BRI berbeda-beda tergantung dari produk tabungan yang anda pilih. Untuk mengetahuinya, silakan lihat data di bawah ini:

  1. Setoran Awal Britama Classic: Rp250.000, Gold: Rp500.000
  2. Setoran Awal Simpedes Rp100.000
  3. Setoran Awal Britama X Rp100.000
  4. Setoran awal BRI Simple Rp5000

Untuk KTP dan KK selain membawa yang asli juga diharapkan untuk membawa salinannya. Untuk jaga-jaga, lebih baik membawa salinan sebanyak 2 rangkap.

Baca juga: Cara Buka Rekening BRI Online Langsung dari Smartphone

Cara Membuat Rekening BRI via Unit Kerja

Setelah sebelumnya kami mengulas tentang cara membuat rekening BRI online, saat ini kami ingin mengulas kembali namun dengan tema yang berbeda yakni cara membuat rekening BRI via unit kerja kantor cabang.

1.      Persiapkan Segala Persyaratan yang Dibutuhkan

Siapkanlah berbagai persyaratan seperti yang di bahas di atas sebelum anda datang ke kantor BRI. Pastikan bawa juga salinan atau foto copy nya karena nanti akan diminta oleh pihak bank.

Jangan lupa, bawa juga smartphone. Nantinya, smartphone tersebut akan didaftarkan fasilitas internet banking dan mobile banking dengan menggunakan nomor yang ada di dalamnya.

2.      Kunjungi Unit BRI sesuai Alamat KTP

Pembuatan rekening mengharuskan kita untuk mengunjungi cabang unit kerja BRI yang sesuai dengan alamat KTP. Berbeda saat pembuatan ATM dan pelayanan lain yang bisa di unit mana saja.

Setelah itu, segera ambil antrian untuk bagian Customer Service. Tunggu saja hingga nomor antrian anda dipanggil. Jika sudah dipanggil baru menghadap customer service.

3.      Minta Pembuatan Rekening

Begitu bertemu CS, maka langsung saja serahkan persyaratannya dan minta untuk dibuatkan rekening. Setelah itu, proses pembuatan rekening akan segera dimulai dengan pengisian formulir.

Silakan isi formulir data diri tersebut lalu tunggu hingga aktivitasi berhasil. Jangan lupa minta juga aktivasi kartu ATM, SMS Banking, dan Internet Banking.

4.      Berikan Setoran Awal ke CS

Setelah pembuatan rekening selesai, anda akan diberikan kwitansi untuk diberikan kepada teller. Silakan berikan kwitansi, buku rekening, dan uang setoran tanpa perlu antri terlebih dahulu.

Setoran awal harus lebih banyak dari minimal ketentuan masing-masing jenis produk tabungan yang anda pilih seperti yang telah kami informasikan di paragraf atas.

Demikianlah beberapa cara membuat rekening BRI yang terjamin simpel dan tidak ribet. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment