Cara Membuka Rekening BNI secara Online maupun Offline

Cara membuka rekening BNI– Bank BNI (Bank Negara Indonesia) merupakan bank BUMN yang terkenal akan biayanya adminya yang ringan. Sebagai bank Himbara, BNI juga melayani berbagai penyaluran bantuan pemerintah seperti pembuatan kartu tani, penyaluran BLT, serta penyaluran bantuan usaha.

Bagi anda yang ingin membuka rekening di bank satu ini, maka pastikan untuk mengikuti berbagai prosedur yang kami berikan dalam artikel ini.

Cara Membuka Rekening BNI Online

Membuka rekening BNI secara online lebih kami sarankan di zaman pandemi seperti saat ini. Selain itu, pelayanan secara online jauh lebih cepat dengan pelayanan via unit kerja karena tidak perlu antri.

1.      Siapkan Berkas yang Dibutuhkan

Walaupun daftar secara online, kita tetap perlu menyiapkan berbagai macam berkas. Nantinya, dokumen ini kita upload melalui BNI Mobile sebagai bahan verifikasi oleh pihak bank.

  • e-KTP bagi WNI.
  • Paspor dan KITAS bagi WNA.
  • KK (Kartu Keluarga).
  • NPWP jika ada.

2.      Download & Instal BNI Mobile

Jika belum memiliki aplikasi BNI Mobile, silakan download dari Playstore ataupun Appstore sesuai sistem operasi smartphone kalian masing-masing. Pastikan untuk mendownload BNI Mobile versi terbaru.

Bila sudah diinstal, buka aplikasi tersebut lalu terima semua perizinan yang diminta oleh aplikasi. Setelah itu baru anda bisa menggunakannya.

3.      Pilih Menu Buka Rekening BNI

Karena tujuan kita adalah untuk membuka rekening, maka langsung saja pilih menu “Buka Rekening BNI” yang ada di homepage.

Setelah itu, klik tombol “Daftar” yang terletak di sebelah tengah bawah aplikasi. Bagi anda yang sudah memiliki rekening, anda tidak perlu login ke akun, langsung saja klik tombol tersebut.

4.      Tentukan Tabungan yang akan Dibuka

Ada banyak jenis tabungan yang tersedia di BNI. Diantaranya yaitu BNI Taplus, Taplus Bisnis, Taplus Anak, Taplus Muda, TabunganKu, Tabungan Haji, dan lainnya.

Tiap jenis tabungan tersebut tentu punya ketentuan masing-masing. Jadi, silakan buka tabungan berdasarkan kebutuhan anda.

5.      Lengkapi Formulir Data Diri

Formulir data diri yang diberikan mencakup banyak hal. Mulai profil kita, data pekerjaan, gaji bulanan / tahunan, nomor HP, email, NPWP, dan masih banyak lagi.

Jika telah melengkapi semuanya, anda akan diarahkan ke halaman verifikasi Video Call yang terhubung langsung ke customer service.

6.      Setor Uang via Transfer Bank

Begitu pembukaan rekening selesai, sekarang anda tinggal menyetorkan sejumlah uang via transfer sesuai yang ada di instruksi aplikasi BNI Mobile.

Untuk setor uang ini bisa dilakukan hingga 90 setelah pendaftaran. Jadi tidak harus anda setor di hari itu juga.

Baca juga: Transfer Antar Bank BNI, Hanya Melalui Handphone

Cara Membuka Rekening BNI via Kantor Cabang

Jika anda bingung untuk membuka rekening secara online, maka anda dapat membukanya via kantor cabang. Berikut langkah-langkahnya:

1.      Kunjungi Unit Kerja BNI

Kunjungi unit kerja cabang BNI yang sesuai dengan domisili tempat tinggal anda. Jika beda, maka anda wajib melampirkan surat keterangan domisili dari pemerintahan setempat.

Bawa juga dokumen persyaratan seperti KTP, NPWP (jika ada), KK, dan dokumen tambahan beserta dengan foto copy masing-masing 2 rangkap.

2.      Ambil Nomor Urut Antrian

Setelah sampai, segera ambil nomor urut antrian yang biasa terletak di depan pintu masuk. Setelah mengambilnya, duduk di kursi antrian dan tunggu hingga dipanggil.

Agar antrian tidak terlalu lama, usahakan untuk datang setidaknya setengah jam sebelum jam kerja dimulai.

3.      Request Pembukaan Rekening

Saat bertemu dengan CS, langsung saja minta dibuatkan rekening BNI baru. Nanti anda diminta menyerahkan dokumen yang dibutuhkan beserta salinannya.

Lengkapi juga formulir data diri yang diberikan secara lengkap dan tentunya harus benar. Jika ada yang salah, nanti akan menghambat proses verifikasi.

4.      Aktivasi Kartu Debit dan e-banking

Setelah rekening jadi, anda ditanya apakah ingin membuat kartu debit dan akun e-bankin sekalian atau tidak. Saran saya langsung saja buat saat itu juga karena anda pasti akan segera membutuhkannya.

Bila semuanya sudah beres, anda diminta untuk menyetorkan uang setoran awal ke teller. Langsung saja berikan kwitansi ke teller tanpa perlu ikut antrian lagi.

Itu dia beberapa macam cara membuka rekening BNI. Terlihat begitu simpel bukan? Sekarang waktunya anda mencobanya sendiri.

Leave a Comment