Cara Membuka Rekening BRI beserta Persyaratannya

Cara membuka rekening BRI – BRI merupakan satu-satunya bank dengan jaringan terbanyak Indonesia. Bahkan, saat ini tersedia layanan khusus seperti BRILink yang membantu memudahkan transaksi hingga ke pelosok desa. Karena itu, bagi kalian yang belum memiliki rekening BRI, kami sangat menyerankan untuk segera membukanya sekarang juga.

Membuat rekening BRI sangatlah mudah. Bahkan, hampir semua kalangan dapat membukanya, termasuk anak-anak sekalipun. Terlebih, saat ini sudah diperkenalkan fasilitas pembukaan rekening secara online, sehingga siapapun dapat membuka rekening dari mana saja dan kapan saja.

Syarat-Syarat Membuka Rekening BRI

Ada beberapa persyaratan yang dibutuhkan jika kalian ingin membuka rekening di Bank BRI. Berikut penjelasannya:

  • Usia minimal 17 tahun dan sudah memiliki e KTP. Bagi yang usianya di bawah usia tersebut, sebenarnya tetap dapat membuka rekening namun harus didampingi oleh orang tuanya. Selain itu, orang tuanya pun harus memiliki rekening terlebih dahulu sehingga anaknya akan membuka rekening di bawah rekening orang tua.
  • Khusus untuk kalian yang merupakan WNA (Warga Negara Asing) yang menetap sementara atau permanen di Indonesia, maka harus menyertakan paspor dan KITAP/KITAS/KIMS yang dimiliki. Umumnya, para pebisnis dan para pelajar dari negara asing membutuhkan rekening lokal untuk bertransaksi secara domestik.
  • Memberikan setoran awal. Jumlah setoran berbeda-beda tergantung pada jenis rekening yang dipilih. Jika kalian membuka rekening simpedes, maka setoran awalnya hanya Rp100 ribu. Sementara untuk BRItama di bagi menjadi dua yakni classic dengan setoran Rp250 ribu, dan Gold sebesar Rp500 ribu.
  • KK dan akta kelahiran dibutuhkan bagi anak-anak dan pelajar yang ingin membuat rekening BRI Junio. Khusus untuk jenis rekening ini, setoran awalnya ialah Rp100 ribu dan akan mendapatkan ATM Junio private label yang fungsinya terbatas.

Cara Membuka Rekening BRI

cara membuka rekening bri
Cara membuka rekening BRI

Untuk membuka rekening BRI secara online kalian dapat membaca di artikel yang kami bahas sebelumnya dengan judul Cara Membuka Rekening BRI secara Online. Kali ini, kami ingin berbagi kepada kalian tentang cara membuka rekening BRI offline atau via kantor cabang, kalian dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1.      Kunjungi Kantor BRI Terdekat

Datanglah ke kantor BRI yang paling dekat dengan lokasi kalian berada. Usahakan untuk mendatangi kantor BRI sesuai dengan alamat yang tertera pada KTP. Karena dalam beberapa kasus, pihak customer service akan meminta surat keterangan tempat tinggal bila alamatnya cabang yang dipilih berbeda dengan alamat KTP.

Pastikan untuk mengunjungi kantor cabang BRI di jam kerja. Bank BRI sendiri memiliki jam kerja dari pukul 08.00 – 16.00 mulai dari hari Senin sampai hari kamis. Untuk hari Jumat hanya dari pukul 08.00 – 15.00. Usahakan untuk datang ke kantor maksimal 2 jam sebelum jam penutupan berakhir.

2.      Ambil Antrian Customer Service

Antrian di BRI biasanya cukup banyak, jadi kalian perlu mengambil nomor antrian yang disediakan di depan pintu terlebih dahulu. Jangan lupa pilih yang bagian customer service, jangan yang bagian Teller kecuali kalian kalian ingin setor uang.

Selama menunggu antrian di panggil, kalian dapat menunggu pada kursi tunggu yang disediakan. Jika ternyata kursi penuh, maka lebih baik keluar terlebih dahulu sambil menunggu di luar ruangan.

3.      Minta Dibuatkan Rekening ke Customer Service

Setelah dipanggil, segeralah mengunjungi loket customer service sesuai yang diarahkan. Biasanya akan ada customer service 1, customer service 2, dan seterusnya.

Minta ke petugas CS yang melayani untuk dibuat rekening baru. Biasanya kalian akan dimintai e-KTP sebagai bukti validasi data diri. Selain itu, jika dimintai dokumen lain yang diminta maka berikan saja dokumen tersebut ke petugasnya.

4.      Isi Formulir yang Dibutuhkan

Calon nasabah wajib mengisi formulir yang dibutuhkan dengan lengkap dan benar. Jika terjadi kesalahan pada nama atau lainnya mungkin akan berpengaruh terhadap validasi data diri kalian.

Setelah formulir di isi, pihak customer service akan memproses pembuatan rekening kalian sekaligus membuat kartu ATM beserta dengan akun internet banking / mobile bankingnya.

5.      Beri Setoran Awal ke Teller

Jika pembuatan rekening beserta kartu debit / ATM nya sudah selesai, pihak customer service akan memberikan kwitansi yang berisi jumlah setoran untuk diproses di bagian teller. Silakan kalian berikan uang ke teller agar rekening yang sudah jadi tersebut segera terisi dan dapat digunakan untuk transaksi.

Bagaimana, mudah bukan cara membuka rekening BRI? Sekarang giliran kalian untuk mencobanya!

Leave a Comment