Cara Membuka Usaha Sendiri di Rumah secara Menguntungkan

Ketika sudah mulai lelah dengan pekerjaan yang kita jalani, pasti terbesit dalam pikiran untuk mencoba berbagai cara membuka usaha sendiri di rumah. Bila memiliki usaha sendiri, pastinya lebih santai karena tanpa ada paksaan dan tekanan dari atasan.

Namun, menjalankan sebuah usaha atau bisnis tidaklah mudah. Kita perlu jatuh bangun terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan pengalaman yang nantinya dapat menuntun perjalanan bisnis kita.

Untuk itu, kali ini kami ingin berbagi panduan terkait cara membuka usaha yang mana ini kami kumpulkan dari pengalaman orang-orang yang telah sukses besar di bisnisnya masing-masing. Semoga ini dapat menuntun perjalanan bisnis kalian dalam menuju kesuksesan.

Cara Membuka Usaha Sendiri di Rumah

cara membuka usaha sendiri di rumah

Ada beberapa cara membuka usaha sendiri di rumah yang dapat kalian ikuti. Berikut diantaranya:

1.      Pilihlah Jenis Usaha sesuai Hobi

Pertama, anda perlu meriset berbagai jenis usaha yang menguntungkan dan memiliki prospek jangka panjang. Setelah itu, pilihlah satu jenis usaha yang paling sesuai dengan minat dan hobi kalian masing-masing.

Begitu sudah menemukan jenis usaha yang tepat dan sesuai hobi, berlatihlah untuk mengembangkan usaha tersebut dengan ide dan kreativitas kalian sendiri. Karena itu, kami menyarankan untuk memilih usaha sesuai hobi agar tidak terbatas oleh kreativitas diri.

2.      Buat / Carilah Produk Pertama Kalian

Setelah mencoba-coba mengolah ide dan kreativitas kalian pada usaha yang dipilih, beranikanlah untuk membuat produk pertama.

Produk pertama anda harus memiliki beberapa kriteria:

  • Memiliki nilai fungsi dan terus menerus dibutuhkan
  • Unik dan idenya original
  • Punya nilai estetika pada kemasan maupun isi produk
  • Kualitas produk bagus
  • Menarik perhatian banyak orang
  • Harga bersaing

Lalu bagaimana jika tidak bisa bikin produk sendiri?

Tenang, kalian bisa bekerja sama dengan produsen di sekitar tempat tinggal kalian atau mempekerjakan orang yang ahli dibidangnya.

Atau, coba cari produk di online shop dan marketplace yang memiliki semua kriteria di atas. Dan pastikan produk yang dipilih bukan produk musiman yang mengandalkan trend semata.

3.      Pasarkan Produk yang Kalian Miliki

Setelah produk dibuat atau mengambil dari produsen / vendor tertentu, sekarang waktunya untuk memasarkan produk.

Untuk memasarkan produk, pertama-tama anda harus membuat channel marketing. Channel marketing adalah tempat untuk mempromosikan produk yang kalian miliki baik secara online maupun offline. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Sosial media (Instagram, Facebook, dll)
  2. SEO (pencarian Google)
  3. Video konten (Youtube)
  4. Forum hobi (kaskus, quora, dll)
  5. Marketplace (tokopedia, shopee, bukalapak, dll)
  6. Iklan (Google ads, facebook & instagram ads, dsb)

Jika kalian tidak memiliki modal yang banyak, maka cobalah untuk menggunakan channel marketing yang gratis (non iklan). Misalnya posting foto produk yang menarik perhatian di instagram, review kelebihan dan kekurangan produk di Youtube, dan mengulas berbagai info produk di blog / website.

Setelah kalian memasarkan produk dengan salah satu atau beberapa pilihan di atas, selanjutnya tinggal menunggu penjualan. Nah, jika terjadi penjualan pertama maka jerih payah kalian dalam membangun usaha bisa dikatakan layak.

Baca juga: Cara Membuat Proposal Usaha yang Baik dan Benar

4.      Kembangkan dan Perbesar Skala Usaha

Karena yang kita bahas disini adalah mengenai cara membuka usaha sendiri di rumah, maka bukan berarti kita tidak bisa melakukan scaling pada usaha kita.

Salah satu cara untuk memperbesar usaha kita adalah dengan terus membuat produk yang menarik perhatian dan jangkau lebih banyak calon pelanggan.

Jadi, mau tak mau untuk mengembangkan usaha agar cepat membesar adalah dengan beriklan. Sisihkan setidaknya 5-10% keuntungan bulanan untuk beriklan di berbagai penyedia periklanan seperti google ads, marketplace ads, facebook ads, dan sejenisnya.

Jika dirasa pekerjaan sudah terlalu berat, maka carilah karyawan untuk menghandle salah satu pekerjaan kita. Misalkan, cari karyawan untuk menangani pelanggan atau sebagai customer service apabila kita sudah kewalahan saat membalas chat masuk.

Itulah beberapa cara membuka usaha sendiri di rumah yang gratis dan tentunya menguntungkan. Yang paling penting, jangan keluar dulu dari pekerjaan kalian saat ini jika belum memiliki usaha yang berjalan lancar. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment