Cara Meminjam Uang di Bank beserta Syarat-Syaratnya

Cara meminjam uang di bank – Bagi yang sedang butuh tambahan modal untuk mengembangkan bisnisnya maupun untuk keperluan pribadi, maka satu-satunya solusi yang tepat adalah meminjam di bank. Hampir tiap bank memiliki fasilitas peminjaman uang untuk para nasabahnya. Namun tiap bank tentunya punya syarat dan ketentuannya masing-masing terkait peminjaman uang.

Masing-masing bank memiliki beberapa produk pinjaman yang berbeda satu sama lain. Mereka tentunya punya limit dan tenor yang berbeda serta aturan pinjaman yang berbeda pula. Karena itu kalian harus paham terlebih dahulu tentang produk pendanaan yang kalian rencanakan untuk dipinjam.

Syarat-Syarat Meminjam Uang di Bank

Walaupun setiap bank punya syarat yang berbeda, namun secara umum mereka memiliki syarat utama yang sama. Berikut syarat meminjam uang di Bank BRI dan bank lainnya yang wajib kalian ketahui.

Syarat Utama:

  • Warga Negara Indonesia berusia antara 21 tahun hingga 60 tahun.
  • Punya penghasilan tetap selama setidaknya 1 tahun.
  • Memiliki alamat tinggal yang jelas.
  • Punya rekening pada bank masing-masing.
  • Penghasilan bersih minimal Rp2 juta – Rp3 juta perbulan.

Syarat Dokumen:

  • Fotokopi e-KTP dan KK sebanyak 2 lembar
  • Slip gaji selama 3 bulan terakhir
  • Mutasi rekening 3 bulan terakhir bagi pengusaha
  • Fotokopi halaman cover depan buku tabungan
  • Fotokopi NPWP (untuk pinjaman 50 juta ke atas)
  • Fotokopi kartu kredit (jika diminta)

Cara Meminjam Uang di Bank

Cara Meminjam Uang di Bank
Cara Meminjam Uang di Bank

Setelah tahu apa saja syarat yang dibutuhkan untuk meminjam uang di bank, sekarang kita bahas tentang cara meminjam uang di bank pilihan kalian. Berikut langkah-langkahnya:

1.      Pilih Bank Tujuan yang Ingin Kalian Pinjam

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum kalian memutuskan untuk menentukan bank tujuan pinjaman adalah:

  • Pilih bank besar yang kredibel dalam hal peminjaman uang.
  • Pastikan syarat yang diberikan bank tidak rumit.
  • Usahakan kantor bank dekat agar memudahkan proses survey.
  • Pastikan bank tersebut menawarkan pinjaman dengan bunga yang ringan.

Apapun banknya, yang perlu diperhatikan adalah limit pinjaman, masa tenor, bunga, serta syarat perjanjian yang ditetapkan. Bila kalian berencana untuk meminjam di bank-bank kecil seperti bank KPR, maka pastikan dulu beberapa hal tersebut.

2.      Tentukan Produk Pinjaman yang Diinginkan

Bank membagi produk pinjamannya berdasarkan kebutuhan nasabahnya serta berdasarkan target pelanggan. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Berikut beberapa rinciannya:

  • KTA (Kredit Tanpa Agunan): pinjaman bank tanpa mengharuskan adanya agunan dalam bentuk apapun. Produk pinjaman ini cukup populer walau bunganya relatif lebih tinggi.
  • KUR (Kredit Usaha Rakyat): program pinjaman dari pemerintah yang diberikan kepada para pengusaha UMKM. Bunganya sangat kecil dan tenornya panjang sehingga sangat disukai nasabah.
  • Kredit Kendaraan Bermotor: pinjaman dalam bentuk sepeda motor, bukan uang yang membuat proses pembelian kendaraan bermotor (motor, mobil) jadi lebih mudah dan lebih ringan.

3.      Ajukan Pinjaman ke Bank

Datanglah ke Bank yang telah kalian pilih dengan membawa dokumen yang diperlukan. Setelah itu, datanglah ke bagian customer service dan minta form permohonan pengajuan kredit pinjaman. Isilah semua formulir tersebut secara lengkap sesuai data di KTP.

Setelah itu, kalian mungkin akan ditanyai beberapa hal seputar pekerjaan, alasan peminjaman, dan jumlah tanggungan keluarga. Setelah itu pengajuan pinjaman akan diproses dan kalian dapat pulang terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Pinjam Uang di Bank + Tips agar Cepat Disetujui

4.      Tunggu Proses Verifikasi

Proses verifikasi akan dilakukan oleh tim audit dari bank tersebut. Mereka akan melakukan survey lapangan ke rumah kalian masing-masing termasuk juga melihat barang yang menjadi jaminan agunan.

Setelah melakukan uji kelayakan, mereka akan memberitahukan proses verifikasinya apakah diterima atau tidak. Biasanya butuh waktu antara 1 – 2 minggu hingga proses verifikasi selesai.

5.      Pencairan Kredit Pinjaman

Bila pinjaman disetujui, kalian akan dihubungi untuk datang ke kantor untuk menandatangani kontrak pinjaman. Setelah itu, pihak bank akan mengirimkan dana pinjaman tersebut langsung ke rekening kalian masing-masing pada hari itu juga.

Untuk pinjaman jenis KUR, biasanya butuh waktu pencairan yang lebih lama karena proses verifikasinya lebih banyak. Namun jangan khawatir, bila kalian lulus uji kelayakan kredit maka pinjaman akan cepat cair.

Nah itulah beberapa cara meminjam uang di bank beserta dengan persyaratan yang harus kalian penuhi. Tertarik untuk mencobanya?

Leave a Comment