Cara Memulai Bisnis Online dari Nol Khusus untuk Pemula

Pada zaman dimana ekonomi serba sulit seperti ini, tentu kita butuh usaha sampingan guna menambah penghasilan bulanan. Nah, salah satu usaha yang dapat kita coba ialah bisnis online dengan memanfaatkan perangkat digital yang ada. Untuk itu, kali ini kami ingin berbagi beberapa cara memulai bisnis online dari nol yang dapat kalian jalankan sendiri dari rumah.

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

cara memulai bisnis online dari nol
Cara memulai bisnis online dari nol bagi pemula

Perlu kalian tahu, menjalankan bisnis online tidaklah semudah yang dibayangkan. Kita perlu jatuh bangun terlebih dahulu sebelum menggapai kesuksesan. Lalu apa saja kiat-kiat yang perlu kita lakukan agar dapat sukses ketika memulai bisnis online? Berikut informasinya:

1.      Cari Modal Usaha

Mencari modal usaha merupakan tantangan utama yang perlu kalian lakukan saat ingin memulai menjalankan bisnis online. Tidak ada satupun bisnis online yang bisa kita bangun jika tanpa modal yang mencukupi.

Modal usaha bisa didapatkan dari berbagai sumber. Misalnya dari menjual barang, meminjam ke saudara, pinjam ke Bank, cari investor, dan masih banyak lainnya. Kalian dapat membaca artikel khususnya di sini: Cara Mendapatkan Modal Usaha untuk Memulai Bisnis.

Lalu, berapa banyak modal yang dibutuhkan?

Hal ini tergantung dari jenis bisnis online yang kalian ingin mulai. Misalnya bisnis online dropship, maka butuh modal yang lebih ringan yakni hanya beberapa ratus ribu. Sementara jika kalian ingin jadi investor atau trader online, maka butuh modal yang banyak.

2.      Pilih Jenis Bisnis Online yang Tepat

Bisnis online itu tidak hanya soal jualan. Segala hal yang bisa kalian lakukan secara online dan tentunya dapat menghasilkan uang maka bisa disebut sebagai bisnis online.

Beberapa bisnis online yang layak kalian coba ialah:

  • Youtuber
  • Blogger
  • Online shop
  • Marketplace
  • Endorse
  • Social media content creator
  • Makelar online
  • Investasi
  • Developer / programmer
  • Trading online
  • Photograper
  • Desain grafis
  • Jasa penerjemah / translator
  • Freelance writer
  • Jasa affiliate
  • Jasa hosting dan maintenance web
  • Survey online

Yang perlu diperhatikan dalam memilih bisnis online adalah kalian harus menyukainya. Jika tidak, nantinya pasti akan cepat bosan dan akan beralih mencoba memulai bisnis online lain yang pada akhirnya akan gonta-ganti terus tanpa adanya hasil.

Selain harus menyukai bisnis tersebut, kalian juga perlu menguasainya. Teruslah belajar untuk mengelola bisnis yang telah kalian pilih sebaik mungkin sampai benar-benar menguasainya. Dengan begini, kerugian pun akan terhindarkan.

3.      Lakukan Pemasaran Bisnis

Memang tidak semua bisnis butuh penjualan maupun pemasaran. Namun, kebanyakan diantaranya pasti mengharuskan kita untuk melakukan pemasaran maupun pengembangan jaringan komunitas.

Karena yang kita jalankan adalah bisnis online, maka pemasarannya pun harus dilakukan secara online. Beberapa channel pemasaran yang dapat kalin pilih diantaranya:

  1. Sosial media (Facebook, Youtube, Instagram, Twitter)
  2. Search engine (SEO, adwords, bing ads)
  3. Marketplace (Tokopedia, Bukalapak, Shopee)
  4. Komunitas (forum sosial media, grup chat, dan forum jual beli)

Dalam melakukan pemasaran bisnis, kalian perlu memperhatikan masalah pembiayaan. Apabila modal yang dimiliki besar, maka kalian dapat mencoba menggunakan layanan iklan seperti Facebook ads, Google adwords, instagram ads, Youtube ads, maupun melakukan endorse ke artis.

Namun, apabila modal yang dimiliki terbatas, maka cobalah untuk membangun pelanggan dengan konten-konten yang bermanfaat di sosial media. Dengan ini, brand yang kalian miliki akan lebih terkenal ke calon pembeli.

4.      Scale Up Bisnis Online yang Kalian Miliki

Apabila bisnis online yang kalian miliki sudah berkembang, maka cobalah untuk melakukan scale up bisnis. Misalnya dengan melakukan iklan di berbagai channel untuk menarik audiens yang lebih banyak, membuka cabang bisnis online baru, atau bisa juga merekrut karyawan untuk membantu memperbesar usaha yang kalian jalankan.

Dengan cara ini, bisnis online kalian tidak akan stuck disitu-situ saja. Tetapi akan berkembang lebih besar dari waktu ke waktu. Jika sudah semakin besar bisnisnya maka kalian baru bisa fokus membuka jenis bisnis online yang lain sebagai disersivikasi bisnis.

Itulah beragam cara memulai bisnis online dari nol yang dapat kalian ikuti. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment