Cara Memulai Bisnis Online Bagi Pemula Mulai dari Nol

Cara memulai bisnis online – Dengan kondisi ekonomi saat ini, tentu mencari pekerjaan sangatlah sulit. Perusahaan besar yang sudah mapan sekalipun sudah banyak yang tumbang. Hal inilah yang mendorong sebagian orang untuk memulai bisnisnya sendiri.

Namun, memulai sebuah bisnis tidaklah semudah yang dibayangkan. Apalagi jika sebelumnya tidak memiliki pengalaman berbisnis, tentu yang ada hanyalah kerugian yang akan dihadapinya. Untuk itu, jika belum punya pengalaman apapun maka setidaknya belajarlah dulu dari mereka yang telah berpengalaman.

Nah, dalam artikel kali ini, kami akan mengulas secara detail mengenai persiapan apa saja yang diperlukan untuk memulai bisnis. Berbagai cara memulai bisnis online yang akan diulas kali ini merupakan insight dari mereka yang telah bergelut lama dalam dunia bisnis.

 Persiapan Sebelum Memulai Bisnis Online

Bisnis online memiliki kelebihan daripada bisnis konvensional, mulai dari jangkauan market yang lebih luas, fleksibel, dan tanpa terpaku pada suatu tempat tertentu. Sebelum anda memulai, pastikan untuk mempersiapkan beberapa hal seperti berikut:

a)      Sarana Prasarana

Memang, bisnis online membutuhkan modal sarana prasarana yang lebih sedikit karena tidak perlu sewa tempat maupun beli kebutuhan yang banyak. Walau begitu, anda pun tetap harus menyiapkan sarana dan prasarana dasar yang diperlukan seperti berikut:

  • Koneksi internet yang cepat dan stabil.
  • Smartphone dan laptop (jika diperlukan).
  • Ruangan atau kamar yang bebas gangguan.
  • Listrik yang stabil dan memadai.
  • Buku catatan / jurnal dan peralatan tulis.

b)      Ilmu tentang Bisnis Online

Apabila belum punya ilmunya, jangan sekali-kali terjun ke bisnis online. Saat ini, bisnis online jauh lebih luas jangkauannya dibandingkan bisnis real. Jadi kita akan berhadapan dengan lebih banyak kompetitor yang ada di lintas negara maupun lintas benua.

c)      Channel Pemasaran

Channel pemasaran dapat berupa sosial media, toko online, website, marketplace, blog, atau sekedar pin point Gmaps. Yang terpenting, channel tersebut dapat menjangkau banyak orang baik secara berbayar (menggunakan iklan) atau secara alami (pengunjung organik).

d)      Modal yang Mencukupi

Di awal memulai bisnis, tidak perlu modal yang banyak. Yang penting cukup untuk sekedar memulai bisnis tersebut. Nantinya saat usaha mulai berkembang dan butuh banyak modal, maka bisa bekerja sama dengan investor atau meminjam kredit usaha dari perbankan.

Baca juga: Peluang Bisnis Menguntungkan Bagi Ibu Rumah Tangga

Cara Memulai Bisnis Online agar Tidak Rugi dan Salah Langkah

Setelah menyiapkan semua persiapan bisnis online seperti di atas, maka selanjutnya agar tidak salah langkah sedari awal menjalankan bisnis, pastikan untuk memahami tentang cara memulai bisnis online seperti yang kami rangkum di bawah ini:

1.      Tentukan Produk yang Dijual secara Tepat

Inti dari bisnis ialah pada produk yang dijual. Entah itu dalam bentuk barang maupun jasa, asalkan produk tersebut diterima di pasar, maka kita akan mendapatkan keuntungan. Lalu bagaimana menentukan produk yang tepat? Ini dia beberapa tipsnya:

  • Pahami keberlangsungan trend produk.
  • Kuasai penuh produk yang akan dijual.
  • Tentukan jangkauan market dari produk tersebut.
  • Pastikan stok selalu memadai setiap saat.
  • Analisa persaingan produk di daerah anda.

2.      Pilih Platform Penjualan sesuai Kategori Produk

Perlu anda tahu, tidak semua produk cocok dijual dalam satu channel atau platform penjualan yang sama. Setidaknya, produk dibagi dalam 3 kategori berdasarkan channel penjualannya seperti berikut ini:

  • Produk digital: meliputi software digital, pulsa, paket data, kursus, ebook, tiket online, dan sejenisnya. Lebih tepat memilih channel penjualan berupa sosial media dan website apabila produk anda merupakan kategori tersebut.
  • Produk fisik: berupa barang berwujud seperti gadget, obat-obatan, aksesoris HP, makanan, perabotan, sabun dan sebagainya. Produk semacam ini lebih cocok dijual menggunakan media marketplace, website, dan sosial media.
  • Layanan jasa: layanan yang disediakan secara online maupun offline. Misalnya jasa penyedia server, jasa penjualan agen haji dan umroh, jasa rental mobil, jasa pembuatan website. Kategori semacam ini lebih tepat memilih channel penjualan berupa forum jualan, website, dan aplikasi mobile.

3.      Pasarkan Produk dengan Baik dan Benar

Memasarkan produk tidak boleh asal-asalan. Agar penjualan dapat terjadi berulang kali dari pelanggan yang sama maupun yang berbeda, maka perlu memperhatikan beberapa hal di bawah ini:

  • Fotolah produk dengan kualitas sebaik mungkin.
  • Kemas dengan wadah yang dibuat semenarik mungkin.
  • Jagalah kualitas produk yang dijual.
  • Gunakan promosi berbayar jika sekiranya diperlukan.
  • Manfaatkan trend sosial media dalam memasarkan produk.
  • Selalu jaga reputasi dengan para konsumen.

Demikianlah beberapa cara memulai bisnis online yang dapat anda praktikan. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment