Cara Mengajukan Pinjaman Kredit ke Bank Untuk Perorangan

Mengajukan Pinjaman Kredit ke Bank – Dapat dikatakan bahwa bank merupakan lembaga/badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat. Kemudian menyalurkan menyalurkan dana tersebut kepada masyarakat kembali.

Pengertian singkatnya bank dapat dikatakan sebagai badan usaha simpan-pinjam. Sudah sangat lazim jika masyarakat menggunakan lembaga bank sebagai salah satu solusi untuk mendapatkan pinjaman/kredit (hutang).

Adapun kegunaannya untuk kebutuhan mulai dari kredit usaha, kredit pribadi, ataupun kredit untuk keperluan lainnya. Namun masalahnya tidak semua pengajuan kredit yang diajukan dapat disetujui oleh pihak bank.

Untuk menyetujui pinjaman (kredit) bank memiliki suatu kriteria penilaian tertentu. Dalam hal ini bank untuk dapat memberikan pinjaman kepada calon debitur (peminjam) tidak asal pilih.

Bank yang notabene sebagai pihak pemberi pinjaman (kreditur), sudah sewajarnya untuk berhati-hati dalam memberikan pinjaman kepada calon kreditur. Selain karena faktor keuntungan, juga untuk memberikan stabilitas ekonomi nasional.

Syarat dan Cara Mengajukan Pinjaman Kredit ke Bank

Syarat dan Cara Mendapatkan Dana Pinjaman Bank Perorangan

Bank itu sangat terikat dengan peraturan pemerintah, jadi jangan terlalu menyalahkan bank jika bank sangat proteksi dalam memberikan pinjaman.

Anda bisa bayangkan ada berapa Bank di Indonesia, jika bank asal dalam memberikan pinjaman kepada debitur, nanti akan menimbulkan banyak kredit macet. Karena peminjam tidak bisa kredit bank, akhirnya keuangan bank  yang kolep.

Sementara nasabah bank yang menyimpan uangnya di bank tersebut memiliki hak untuk kapan saja mengambil uangnya. Oleh sebab itu pihak Bank menerapkan kehati-hatian dalam memberi pinjaman (kredit).

Jika bank-bank di Indonesia mengalami hal tersebut pemerintah dalam memberikan dana talangan pasti akan kesulitan. Tentu ini akan menimbulkan efek domino, yang membuat stabilitas keuangan Negara terganggu, akhirnya terjadi krisis ekonomi.

Tahu kan sekarang, kenapa pihak bank sangat ketat dan teliti dalam memberikan pinjaman kepada calon kreditur. Oleh sebab itu, untuk mendapatkan pinjaman di bank, sebaiknya Anda harus tahu dulu apa saja syarat dan bagaimana cara Mengajukan Pinjaman Kredit ke Bank di bank.

Syarat Mengajukan Pinjaman Kredit ke Bank

Sebenarnya syarat dan Mengajukan Pinjaman Kredit ke Bank itu tidak terlalu sulit, yang penting syaratnya terpenuhi. Singkatnya, pada dasarnya penilaian bank tersebut untuk melihat apakah anda pantas dan layak untuk di berikan pinjaman atau tidak.

Tentu akan dilihat juga tujuan anda positif dan realistis. Selain itu anda juga harus memenuhi syarat lainnya. Jika semua sudah terpenuhi kemungkinan besar bank akan menilai bahwa anda pantas untuk menerima pinjaman yang akan anda ajukan.

Baca Juga:  Cara Mengajukan KPR untuk Karyawan Kontrak dan Freelancer

Perlu anda tahu syarat meminjam di bank di bagi menjadi dua. Pinjaman bank perorangan dan Badan Usaha. Namun kali ini yang akan dibahas mengenai pinjaman uang di Bank perorangan.

Bagi anda yang akan memutuskan untuk meinjam atau mengajukan pinjaman di bank, sebaiknya sebelumnya anda persiapkan terlebih dahulu persyaratannya. Adapun syarat mengajukan pinjaman di bank point-point bisa anda baca dibawah.

Nantinya dalam hal pinjaman perorangan akan dibedakan menjadi tiga golongan. Yaitu sebagai  golongan wirausahawan, professional, dan karyawan. Berikut Syarat-syarat Yang Perlu di Persiapkan Saat Pengajuan Pinjaman di Bank:

1. Persiapkan Foto Copy Kartu Identitas diri (KTP/SIM/PASPOR).

Jika tempat tinggal anda saat ini tidak sesuai dengan alamat yang ada di kartu identitas, maka diperlukan surat keterangan dari kelurahan tempat tinggal anda, yaitu Alamat saat anda mengajukan pinjaman.

Bagi anda yang sudah menikah, biasanya juga diperlukan foto copy kartu identitas dari pasangannya. Jadi anda dan pasangan harus mengetahui bahwa anda akan meminjam uang di bank.

2. Persiapkan Foto Copy Kartu Keluarga

Kartu keluarga ini dibutuhkan oleh bank untuk mengetahui jumlah tanggungan anda. Selain diri anda sendiri dan pasangan anda tentunya.

3. Persipakan juga Foto Copy Akte Nikah

Syarat ini hanya untuk yang sudah menikah saja. Akte nikah diperlukan untuk mengetahui pembagian harta dalam pernikahan. Jika setelah pernikahan harta menjadi milik bersama maka diperlukan persetujuan kedua belah pihak yaitu antara suami dan istri.

Namun jika harta terpisah maka bank akan meminta salinan dari surat perjanjiannya (perjanjian pisah harta).

4. Persiapkan Foto Copy Slip Gaji jika anda seorang karyawan

Slip gaji berguna untuk memberi bukti bahwa anda (calon debitur) benar-benar memiliki pekerjaan dan gaji seperti yang dikatakan.

Syarat ini tentunya khusus hanya diperuntukan bagi orang pribadi yang bekerja di perusahaan swasta atau di instansi pemerintah saja.

6. Persipakan Foto Copy Buku Tabungan/rekening anda

Syarat peminjaman orang pribadi juga di mintai foto copy buku rekening tabungan, paling tidak ini akan dilihat dalam kurun waktu tiga bulan terakhir.

8. Persiapkan Jaminan yang diminta oleh bank

Untuk jaminan ini nilainya paling tidak diatas nilai pinjaman yang ingin anda ajukan. Dengan menggunakan jaminan biasanya pinjaman anda akan lebih mudah diterima oleh Bank.

Baca Juga:  Syarat Kredit Tanpa Agunan (KTA) Bank BCA dan Cara Pengajuannya

Cara Mengajukan Pinjaman Kredit ke Bank

Apa Yang Menjadi Faktor Penentu Besaran Pinjaman Dana Tanpa Jaminan Proses Cepat di Bank?

Prosedur untuk mengajukan Dana Pinjaman kredit ke bank sebenarnya sangat mudah. Namun terlebih dahulu anda harus menyiapkan dan memenuhi semua persyaratannya.

Sebenarnya yang menghambat anda dalam memperoleh pinjaman dari bank adalah persyaratannya. Khususnya dalam hal menyiapkan jaminannya itu sendiri seperti yang disebutkan dalam persyaratan Meminjam uang dibank diatas.

Jika saat ini anda sudah siap dengan persyaratan tersebut, baru anda bisa melakukan langkah-langkah sesuai prosedur berikut ini:

1. Menentukan Bank yang akan Dipilih

Silahkan anda tentukan mana bank yang akan anda Pilih. Dalam hal ini tentu saja Bank untuk mengajukan dana pinjaman. Setelah anda menentukan bank, kemudian silahkan anda datangi bank tersebut dengan membawa berkas-berkas yang dibutuhkan tadi.

Ketika nanti anda masuk ke bank, anda akan ditanya oleh satpam atau pegawai bank mengenai keperluan anda.

Baca Juga:  Kredit Tanpa Agunan Bank Mega Bunga Rendah

2. Hubungi Customer Service Bank Tujuan

Anda akan di arahkan ke customer service yang akan menjelaskan kepada Anda tentang tata caranya di bank tersebut. Kemudian oleh customer service akan diarahkan pada bagian kredit di bank tersebut.

Oleh bagian kredit Anda tentunya akan diajukan pertanyaan-pertanyaan seputar tujuan Anda mengajukan kredit. Silahkan jawab sesuai pertanyaan singkat dan jelas.

3. Persiapkan Berkan Pengajuan Pinjaman

Setelah itu anda akan dimintai berkas yang dibutuhkan untuk persyaratan pinjaman (kredit). Biasanya Setelah anda memenuhi berkas yang dibutuhkan, anda akan diminta untuk menunggu beberapa hari.

Ini bertujuan agar pihak bank dapat menganalisis dan mempelajari berkas anda, guna menilai apakah anda layak atau tidak untuk diberikan pinjaman (kredit).

4. Tunggu Konfirmasi dari Pihak Bank

Setelah itu anda hanya perlu menunggu panggilan. Dalam hal ini anda menunggu hingga pihak bank memberikan konformasi.

Biasanya pihak bank akan menghubungi anda melalui telepon atau kontak lainnya yang anda berikan. Ini perihal apakah pengajuan pinjaman yang anda lakukan diterima atau ditolak.

5. Berdoa agar Pengajukan Pinjaman Kredit ke Bank diterima

Dalam menunggu konfirmasi atau panggilan dari pihak bank, yang bisa anda lakukan cukup berdoa saja. Supaya pengajuan anda diterima. Jika semua sudah anda penuhi, yakinlah pihak bank akan menerima pengajuan kredit/pinjaman anda.

Baca Juga:  Tips Pengajuan Kredit Agar Disetujui Oleh Bank

Semoga informasi ini dapat membantu anda. Terutama bagi anda yang akan mengajukan pinjaman di bank. Semoga pengajuan pinjaman yang anda lakukan dapat diterima dan lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *