Cara Mengatur Keuangan Pribadi Bagi Yang Masih Lajang

Cara Mengatur Keuangan Pribadi – Bagi Anda yang masih berstatus lajang dan tidak memiliki tanggungan, Anda mungkin akan selalu berpikir bahwa uang adalah hal yang begitu mudah dicari dan dibelanjakan.

Anak muda yang belum menikah biasanya tidak memiliki anggaran keuangan yang jelas. Meskipun mereka sejak lama telah memiliki pendapatan tetap (gaji). Kebanyakan dari mereka masih dengan sesuka hati dalam mengelola keuangan.

Dimana rata-rata dalam mengatur keuangan masih bercampur aduk dan tidak memiliki porsi yang seimbang dan teratur.

Cara Mengatur Keuangan Pribadi Yang Baik Bagi Lajang

Tips Mengatur Keuangan Pribadi Bagi Yang Masih Lajang

Mengatur keuangan pribadi tanpa anggaran yang jelas ini sangat berpotensi membuat segala sesuatunya menjadi berantakan. Bisa saja Anda hanya akan hidup dari siklus gaji bulanan saja, di mana gaji Anda tidak pernah tersisa di akhir bulan.

Bahkan yang lebih buruk lagi, Anda justru bertahan dengan cara hutang. Setiap akhir bulan Anda selalu mencari pinjaman dan membayarnya di awal bulan. Jika pola seperti ini terus dilakukan, bukan tidak mungkin nantinya kehidupan Anda akan sangat bermasalah.

Hal ini tentu bisa saja berdampak buruk bagi kehidupan Anda secara keseluruhan, meskipun Anda masih berstatus lajang. Selalu ada kemungkinan sebuah masa sulit / krisis di dalam kehidupan seseorang, termasuk Anda juga.

Jika keuangan tidak kuat dan mapan, lalu bagaimana Anda akan melalui masa-masa sulit ini nantinya?

Meski Anda masih lajang dan tidak memiliki tanggungan, tentu saja Anda wajib mengetahui Cara Mengatur Keuangan Pribadi yang baik. Hal ini akan membantu Anda menjaga keuangan Anda tetap stabil dan berjalan dengan seimbang.

Dengan Begitu semua kebutuhan Anda akan terpenuhi dengan baik dan masa depan Anda bisa tertata dengan baik pula. Anda tentu tidak ingin memiliki masa depan yang suram hanya karena mengalami kegagalan dalam mengatur keuangan, bukan?

Oleh sebab itu sangat penting untuk bagi anda memiliki anggaran keuangan yang tepat. Semua kebutuhan dan juga kewajiban Anda berada dalam porsi yang seimbang dengan pendapatan yang anda dapatkan.

Inilah yang kerap menjadi masalah utama bagi anak muda, di mana mereka ingin hidup “wah” melebihi kemampuan keuangan mereka. Jika dilakukan, maka besar kemungkinan sejumlah hutang akan selalu bertengger dalam jumlah besar di dalam keuangan.

Hutang akan membuat masalah di dalam keuangan, sehingga sangat penting untuk anda agar bisa  menghindari hal ini dengan baik sejak awal. Berapapun gaji Anda per bulannya, pastikan Anda memiliki kemampuan yang baik dalam mengatur dan membelanjakannya.

Baca Juga:  5 Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga, Khususnya Ibu-ibu

Tips Mengatur Keuangan Pribadi, Agar Keuangan Menjadi Lebih Baik

Tips Mengatur Keuangan Pribadi Untuk Lajang

Pengelolaan keuangan yang tepat sejak awal ini akan membuat Anda terbebas dari masalah keuangan di masa yang akan datang. Bagi yang masih lajang boleh menerapkan beberapa hal mengenai cara Mengatur Keuangan Pribadi yang baik berikut ini.

• Pola Hidup Yang Seimbang Dengan Pendapatan

Pola hidup Anda akan sangat mempengaruhi keuangan Anda secara keseluruhan, sehingga sangat penting untuk memiliki aturan yang jelas terkait dengan hal ini. Mulailah menata pola hidup Anda sejak sekarang, yakni dengan menjalani segala sesuatunya sesuai dengan porsi keuangan Anda.

Pada dasarnya, gaya hidup anak mudalah yang kerap menjadi masalah di dalam keuangan mereka, terutama yang terkait dengan pergaulan dan juga berbagai barang yang mereka gunakan.

Jangan salah, di luar sana ada banyak anak muda yang menggunakan sepatu olahraga dengan harga yang setara dengan gajinya selama satu bulan penuh. Hal seperti ini mungkin tidak salah, namun belum tentu juga benar, bukan?

Pergaulan dan fashion adalah dua hal yang sering menjadi sebuah jalan bagi anak muda untuk mengalami masalah keuangan di dalam kehidupan mereka, terutama yang memiliki anggapan bahwa hal ini wajar dan penting. Sementara di lain sisi, keuangan Anda tidak mendukung Anda untuk melakukan semua hal itu.

Untuk itu, tatalah pola hidup dan cara pandang Anda terhadap berbagai kebutuhan Anda. Kenali dengan baik, apa yang Anda butuhkan dan apa yang Anda inginkan, lalu bijaklah dalam memilih salah satu di antaranya.

• Hindari Berhutang

Hutang akan menjadi beban di dalam keuangan Anda, bahkan meski nilainya terbilang kecil saja. Kebiasaan berhutang adalah hal yang buruk bagi keuangan, terutama jika Anda tidak memiliki menajemen yang baik untuk mengelola hutang-hutang yang Anda miliki.

Jika terus dilanjutkan, maka bisa saja hutang yang tadinya sedikit akan berubah menjadi bukit yang tinggi dan sulit untuk ditaklukkan. Anda tidak akan pernah mampu untuk melunasinya, dan perlahan-laan akan tenggelam di dalam kubangan hutang.

Hindari hal ini, sebab ini akan sangat membawa banyak masalah di dalam kehidupan Anda. Jangan biasakan berhutang, agar tidak terjadi masalah di dalam keuangan.

Baca Juga:  4 Tips Mengatur Keuangan Pribadi Untuk Generasi Milenials

• Miliki Tabungan Dalam Jumlah Cukup

Tips Mengatur Keuangan Pribadi Bagi Yang Masih Lajang

Tabungan akan sangat berguna bagi Anda, sebab ini adalah dana yang bisa Anda gunakan kapan saja dengan mudah jika dibutuhkan. Sangat penting untuk memiliki dana tabungan, sebab berbagai hal bisa saja terjadi di dalam kehidupan Anda.

tips Mengatur Keuangan Pribadi seperti alokasikan gaji Anda sebesar minimal 10% setiap bulannya ke dalam dana tabungan ini.

• Jangan Lupa Buat Dana Darurat

Dalam mengatur keuangan pribadi , Anda juga wajib memiliki sejumlah dana darurat di dalam keuangan Anda. Dana darurat merupakan dana yang bisa digunakan jika sewaktu-waktu Anda memiliki masalah / krisis di dalam keuangan.

Jumlah dana ini setidaknya sebanyak 6 kali biaya hidup bulanan Anda. Dana darurat juga akan menjadi jalan keluar sementara, jika Anda berhenti dari pekerjaan.

• Lakukan Investasi

Anak muda dan investasi? Ini masih terbilang jarang. Meskipun ada, hanya segelintir anak muda saja yang memilikinya. Sementara di lain sisi, investasi sangat dibutuhkan bagi masa depan.

Terutama bagi Anda yang memiliki niat untuk kelak memulai sebuah bisnis dan keluar dari pekerjaan saat ini. Mulailah berinvestasi, agar masa depan Anda lebih terjamin.

• Beli Asuransi

Jangan lupa untuk memiliki asuransi, sebab selalu ada resiko yang bisa saja terjadi setiap waktu pada kesehatan dan juga keselamatan diri Anda.

Pilih asuransi yang tepat dengan pertanggungan yang juga sesuai dengan kebutuhan, agar pembelian asuransi ini benar-benar bermanfaat dengan maksimal.

• Jalani Hobi Yang Produktif

Jangan hanya membuang-buang uang dengan menjalani hobi yang mahal. Terutama kegiatan yang tidak produktif dan tidak memiliki manfaat bagi Anda. Bukan hanya membuang uang saja, namun ini akan membuang waktu dan tenaga Anda.

Mulailah mencoba hobi yang baru yang lebih produktif dan bisa membawa manfaat guna menambah kualitas hidup Anda. Hal ini tentu saja akan memberi dampak positif bagi Anda.

Baca Juga:  Hati-Hati! Inilah Kesalahan dalam Mengelola Keuangan

Pengelolaan keuangan pribadi tidak harus selalu rumit dan sulit untuk dijalankan. Jika Anda mau, maka bisa saja mengelola keuangan Anda dengan mudah dan sesuai porsi kemampuan keuangan itu sendiri. Agar nantinya tidak akan menghadapi berbagai masalah di dalam keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *