in

5 Cara Mengelola Uang Pinjaman Agar Tidak Tertimbun Utang

Cara Mengelola Uang Pinjaman – Sebagai manusia yang kerap memiliki banyak kebutuhan, berhutang atau meminjam pasti kerap dilakukan. Cara tersebut seringkali dijadikan alasan ingin serba cepat. Ya berhutang memang memiliki waktu yang relatif singkat dbagi kita dalam memiliki sejumlah uang.

Namun jika kita tidak bisa bijak dan mengelola pinjaman dengan sebaik mungkin, semua itu akan menjadi bumerang dan membahayakan diri kita sendiri dan keluarga. Bagaimana bisa?

Cara Mengelola Uang Pinjaman Agar Tidak Tertimbun Utang

5 Cara Mengelola Uang Pinjaman Agar Tidak Tertimbun Utang
Cara Mengelola Uang Pinjaman

Dengan berhutang, kita akan merasa mudah dalam mendapatkan uang. Imbasnya kita pun akan menjadi orang yang candu akan utang. Jika utang kita hanya sedikit itu tidak akan menjadi masalah. Akan tetapi, bagaimana jadinya jika utang kita malah menumpuk? Tentunya pusing bukan kepalang, bukan? Nah di sini akan diulas 5 Cara Mengelola Uang Pinjaman Agar Tidak Tertimbun Utang dan tentunya bisa cepat lunas.

1. Usahakan Utang Dilakukan dengan Tujuan yang Menghasilkan

Tujuan berutang itu ada beragam, di antaranya untuk kesenangan atau menghasilkan. Jika berutang dengan tujuan yang pertama, tentunya itu merupakan utang yang buruk. Lain halnya utang dengan tujuan yang kedua, itu termasuk ke dalam utang yang baik.

Kenapa baik? Ya karena dengan uang hasil pinjaman itulah akan dapat menghasilkan sejumlah uang kembali, yang, yang mungkin dalam jumlah yang jauh lebih banyak dari pinjaman. Contohnya berutang untuk modal bisnis atau investasi.

2. Pilih Jangka Pendek atau Jangka Panjang?

Dengan meminjam sejumlah uang maka kita pun harus bisa melunasinya, sesuai dengan jumlah yang dipinjam. Dalam hal ini akan berlaku waktu pengembalian sesuai dengan yang telah disepakati. Sebelum meminjam, kita bisa mengajukan durasinya, apakah dengan jangka pendek atau jangka panjang. Durasi ini tentunya dilihat kembali kepada kesanggupan keuangan kita sendiri dan carilah mana yang tidak memberatkan kita.

3. Prioritaskan Pengembalian dan Jangan Ditunda-tunda

Utang tentunya wajib dikembalikan. Caranya pun bisa dengan dicicil atau dengan sekaligus. Namun jika dengan cara mencicil, akan membutuhkan waktu yang cukup panjang. Cara ini terkadang akan membuat kita terlupa atau malah keenakan karena waktu pelunasannya masih lama. Agar cara ini aman, usahakan kita disiplin untuk mencicilnya, apakah itu per minggu, per dua minggu, atau per bulan.

Jika sudah masuk masa pencicilannya maka harus disegerakan, dan jagan sekali-sekali menundanya. Kenapa? Karena jika sampai menunda, padahal keuangan sudah mencukupinya proses pencicilan akan menjadi berantakan. Malah bisa jadi kita akan merasa terbebani dengan cicilan tersebut.

Baca Juga: Ingin Mengelola Keuangan Pribadi Dengan Tepat, Coba Lakukan 5 Tips Ini

4. Hindari Berutang Kembali

Dalam poin Cara Mengelola Uang Pinjaman ini merupakan hal yang sangat rentan dan bisa menjerumuskan kita kepada sisi keuangan terburuk. Jika kita sedang memiliki utang maka sebaiknya hindari untuk berutang kembali. Untuk yang sudah menjadi candu maka tentunya ini akan sulit dihentikan, bukan?

Alangkah baiknya jika ingin berutang kembali, lunasi terlebih dahulu utang yang sebelumnya. Tentunya kita tidak ingin bukan ditumpuk dengan banyaknya cicilan? Cicilan kendaraan, cicilan KPR, dan utang kartu kredit yang harus dibayar secara bersamaan.

5. Carilah Pemasukan Tambahan

Sebagai langkah yang dirasa paling aman untuk Cara Mengelola Uang Pinjaman adalah dengan mencari pemasukan tambahan. Cara ini diklaim sebagai cara terbaik agar keuangan berada dalam taraf yang sehat. Cara inipun bisa dilakukan sebelum kita berutang, agar ketika berutang maka kita sudah mempunyai pemasukan yang lainnya.

Jika kita sudah memiliki penghasilan tetap, lalu harus dipotong cicilan utang maka itu akan repot. Lain halnya jika untuk melunasi utang diambil dari keuangan tambahan. Jadinya penghasilan tetap kita pun tidak akan terganggu oleh cicilan.

Semoga dengan lima Cara Mengelola Uang Pinjaman tersebut, utang kita bukan bertumpuk, melainkan cepat lunas, dan keuangan pun akan tetap sehat. Baca Juga: Perbedaan Pinjaman dan Hutang Piutang dalam Islam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pinjaman Dan Hutang Itu Beda Lho. Mau Tahu Apa Bedanya?

Pinjaman Dan Hutang Itu Beda Lho. Mau Tahu Apa Bedanya?

tips mengatur budget pernikahan

Tips Mengatur Budget Pernikahan yang Terbatas, Namun Tetap Berkesan