Cara Mengurus ATM Hilang Dengan Beberapa Langkah Mudah

Cara Mengurus ATM Hilang – Saat ini untuk menghindari membawa terlalu banyak uang cash guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Salah satu solusi dengan cara menggunakan ATM yang kini memang sudah banyak di gunakan oleh berbagai kalangan.

Kelebihan menggunakan ATM salah satunya bisa transaksi hanya dengan menggunakan kartu tanpa harus membuang waktu untuk antri di depan teller di bank.

Beberapa transaksi yang dapat dilakukan via ATM yaitu penarikan tunai, setoran tunai, transfer dana, pembayaran, dan belanja online. Semua bisa dilakukan dengan kartu serbaguna ini.

Kemudahan Transaksi Menggunakan ATM

Beberapa kemudahan transaksi yang bisa anda nikmati di atas menjadikan ATM sebagai barang  yang harus dibawa ketika bepergian. Tidak perlu repot lagi harus banyak membawa uang cash.

Masalahnya, bentuknya yang kecil terkadang membuat sebagian dari anda ada yang lalai untuk menjaganya. Sehingga yang ditimbulkan dari kelalaian tersebut bisa saja ATM terjatuh atau lupa akan keberadaannya.

Biasanya ini akan teringat jika sedang tidak dibutuhkan. Bisa jadi anda hilang ATM tidak disengaja seperti kecopetan, bahkan ada juga yang mengalami kartu ATM (debit Card) tertelan mesin ATM saat Anda sedang menggunakannya.

Baca Juga:  Biaya Limit Transfer ATM BCA dan Keunggulannya

Langkah Cara Mengurus ATM Hilang

Cara Mengurus ATM Hilang Dengan Beberapa Langkah Mudah

Bagi anda yang mengalami hal tersebut diatas tidak perlu panik atau pusing. Untuk itu anda bisa melakukan beberapa langkah atau tips untuk Cara Mengurus ATM Hilang. Adapun caranya yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut:

1. Hal pertama sebaiknya anda langsung Hubungi Customer Service (CS) Bank yang bersangkutan

Ini merupakan Langkah awal yang perlu Anda lakukan untuk Cara Mengurus ATM Hilang. Baik itu dari kelalaian anda sendiri maupun hilang atas kejadian yang tidak diinginkan seperti kecopetan.

Untuk mempermudah dalam mengurus ATM hilang sebaiknya Anda mencari nomernya di buku tabungan Anda atau bisa juga dengan mengecek di internet.

Setelah terhubung dengan customer service, beritahukan keluhan/kendala yang sedang anda hadapai. Dalam hal ini anda kehilangan kartu ATM. Biasanya Anda akan ditanyakan beberapa pertanyaan untuk klarifikasi.

Hal ini dilakukan bank guna untuk mencocokkan data diri Anda dengan data yang ada di Bank. Selanjutnya Anda bisa meminta tolong untuk pemblokiran kartu ATM. Supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika Anda kehilangan ATM sebab tertelan mesin maka segera hubungi customer service yang tertera datanya di mesin ATM, bukan yang di stiker tempelan di ATM.

Stiker tempelan mesin bisa saja dimanipulasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Dengan tujuan menguras saldo Anda di rekening tabungan. Oleh karena itu sebelum terjadi yang tidak diinginkan harap selalu waspada.

2. Transfer Saldo ke Rekening Lain

Seandainya menggunakan layanan sms banking atau internet banking, Anda bisa memanfaatkan layanan tersebut. Gunanya untuk memindahkan saldo rekening tabungan Anda ke rekening orang lain yang Anda percaya.

Ini bisa menjadi tindakan pencegahan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang kemungkinan bisa memanfaatkan saldo tabungan anda.

Baca Juga:  Perbedaan eBanking dan ePayment Yang Perlu Anda Tahu

3. Membuat Surat Kehilangan di Kepolisian

Mengurus ATM hilang selanjutnya adalah dengan melakukan pemblokiran kartu ATM. Kemudian melaporkan kejadian tersebut ke kantor polisian terdekat dan meminta surat kehilangan.

Ketika mengurus hal ini, jangan lupa untuk membawa KTP dan rekening buku tabungan anda. Agar bisa melengkapi berkas laporan anda. Mengurus layanan seperti ini gratis atau tidak dikenakan biaya jadi Anda tidak perlu khawatir.

Disini biasanya Anda hanya diberi pertanyaan seputar identitas diri. Keterangan sebab kehilangan kartu ATM, waktu dan lokasi kehilangan serta nomer rekening buku tabungan anda.

4. Mengurus ke Bank

Setelah semua langkah diatas sudah anda lakukan, Langkah selanjutnya silahkan anda membuat ATM baru. Silahkan membawa surat kehilangan ATM  dari kepoliasian tadi ke bank yang bersangkutan dengan membawa KTP dan buku tabungan.

Anda tidak perlu khawatir, waktu yang dibutuhkan untuk membuat kartu ATM baru. Ini biasanya relatif cepat dan Anda  hanya dikenakan biaya pembuatan ATM baru saja dan itu tidak mahal.

Di sini Anda akan diberi pertanyaan seputar berapa saldo terakhir di rekening tabungan yang Anda ingat. Dimana Anda membuat ATM, dan kapan terakhir kalinya Anda melakukan transaksi via ATM.

Baca Juga:  10 Fasilitas Layanan BRI Internet Banking Untuk Nasabah

Catatan!

Untuk mengurus pembuatan ATM baru, karena kehilangan biasanya anda akan dianjurkan untuk mengurus pembuatan ATM hilang di Bank dimana anda membuka rekening tabungan.

Jadi sebaiknya Anda cek buku tabungan anda, biasanya di dalamnya tertulis tempat pembukaan rekening bank yang anda miliki.

Itu saja Cara mengurus ATM hilang, tidak perlu kuatir karena semua bisa diatasi dengan mudah dengan mengikuti tips diatas. Jika anda tahu apa yang harus Anda lakukan jika ATM anda hilang.

Ini akan lebih membantu anda untuk lebih cepat dalam pengurusannya. Semoga cara dan langkah mengurus ATM hilang ini bermanfaat. Ini berlaku untuk semua bank seperti BNI, BRI, BCA, Mandiri dan bank lainnya di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *