Cara Menutup Kartu Kredit Bank Mega agar Tidak Dipersulit

Cara menutup kartu kredit Bank Mega – Punya kartu kredit merupakan sebuah keuntungan yang besar bagi kita. Selain membuat transaksi jadi mudah dengan cara cashlees, kartu kredit juga jadi penolong di saat kala sedang kepepet. Karena itu, banyak orang yang tertarik untuk membuka kartu kredit di berbagai bank besar, salah satunya di Bank Mega yang prosesnya mudah dan bunga pinjaman yang sangat rendah.

Namun, adakalanya dengan memiliki kartu kredit kita jadi ketagihan dalam membeli sesuatu yang diinginkan. Untuk itu, menutup kartu kredit merupakan pilihan yang bijak jika memang anda tidak dapat mengendalikan diri untuk berbelanja baik secara online maupun offline.

Nah, pada kali ini kami ingin memberikan beberapa tips mengenai cara menutup kartu kredit bank Mega berdasarkan dari pengalaman nasabah yang telah melakukannya.

Cara Menutup Kartu Kredit Bank Mega

cara menutup kartu kredit bank mega

Untuk menutup kartu kredit tidak hanya sekedar memotong kartu kreditnya lalu urusan beres. Kita butuh beberapa tahapan agar kartu kredit benar-benar tertutup secara resmi. Berikut diantaranya:

1.      Lunasi Semua Utang yang Ada

Kartu kredit tidak akan bisa ditutup sebelum utang yang kalian miliki terbayar semua. Jadi, pastikan dulu apakah saat kalian memiliki utang yang masih berjalan atau tidak. Jika ya, maka lunasilah hutang tersebut satu per satu.

Lalu, apabila jangka waktunya masih panjang misal masih 6 bulan ke depan, maka kalian dapat membayarnya sekaligus jika memang memungkinkan. Jika tidak, kalian harus menghubungi pihak bank Mega untuk meminta pelunasan instan guna penutupan kartu kredit.

Namun, terkadang pembayaran sekaligus secara instan akan menyebabkan poin kredit turun bahkan terkena pinalti yang menyebabkan kita terkena biaya tambahan yang harus dibayarkan. Karena itu, kalian perlu memastikan terlebih dahulu dengan mendiskusikannya dengan pihak bank.

Jika punya tagihan yang terhubung secara online seperti marketplace lokal maupun luar negeri, maka putuskan layanan auto debet yang masih ada lalu lunasi dengan sekali bayar. Dengan begini kalian tidak memiliki hutang lagi.

2.      Buat Alasan Penutupan yang Kuat

Saat kalian mengajukan penutupan kartu kredit, pasti akan ditanyai mengenai alasan dasar dibalik rencana penutupan kartu kredit tersebut. Jika alasan penutupan tersebut tidak kuat, maka kemungkinkan pengajuan kalian akan ditolak.

Berikut beberapa alasan yang kuat yang dapat kalian sampaikan saat pengajuan penutupan kartu kredit:

  • Layanan kurang memuaskan: misalnya call center yang tidak membantu menyelesaikan masalah, bunga yang terlalu besar, minimum payment yang terlalu besar, jaringan kartu kredit yang kurang luas, limit terlalu kecil, atau hal lainnya. Utarakan dengan jujur agar pengajuan diterima.
  • Jarang menggunakan kartu kredit: bila kalian jarang berbelanja menggunakan kartu kredit Bank Mega, maka utarakan saja kepada CS tentang alasan kenapa jarang menggunakannya seperti prosesnya yang ribet atau lebih suka belanja cash.
  • Pernah ditipu: seringkali orang akan trauma menggunakan kartu kredit apabila sebelumnya telah menjadi korban penipuan. Bila kalian pernah mengalaminya, maka jadikan saja hal tersebut sebagai alasan untuk menutup kartu kredit.

3.      Gunakan Semua Reward dan Poin yang Dimiliki

Bank Mega seringkali menawarkan reward kepada para pemilik kartu kredit berupa poin, cashback, voucher belanja, ataupun diskon pembayaran hutang.

Sayang bukan kalau reward dan poin yang masih tersisa hangus begitu saja karena penutupan kartu? Karena itu, manfaatkan sisa poin tersebut untuk berbelanja atau ditukar dengan voucher tertentu. Dengan begitu nggak sia-sia penggunaan kartu kredit kalian selama ini.

Baca juga: Transaksi Mudah Dengan Kartu Kredit Bank Mega

4.      Ajukan Penutupan Kartu Kredit ke Call Center

Setelah semua langkah-langkah di atas kalian lakukan, sekarang tinggal melakukan pengajuan penutupan kartu kredit.

  1. Hubungi call center kartu kredit Bank Mega via email atau via telepon.
  2. Jika pihak bank membutuhkan verifikasi tambahan, kalian nanti disuruh untuk mengunjungi cabang Bank Mega terdekat.
  3. Setelah evaluasi penutupan kartu kredit selesai, pengajuan akan diproses saat itu juga atau butuh waktu tambahan jika diperlukan.
  4. Jangan lupa untuk request surat penutupan kartu kredit karena hal ini berguna untuk menunjukan bahwa tidak ada pinjaman serta kepemilikan kartu kredit.

Itu dia beberapa cara menutup kartu kredit Bank Mega yang dapat kalian ikuti. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment