Panduan Lengkap Cara Pengiriman Uang Melalui Western Union

Pengiriman Uang Melalui Western Union mulai berkembang pesat, namanya juga dalam era modern sekarang ini sudah terkenal luas, dimana saat ini dituntut kemudahan dalam melakukan transaksi keuangan.

Untuk Anda yang jarang bepergian keluar negeri anda bisa menggunakan berbagai layanan bank. Layanan bank yang bisa anda gunakan seperti layanan transfer tunai dengan menggunakan ATM atau memanfaatkan fasilitas bank lainnya.

Seperti sms banking dan internet banking. Layananan ini terbukti banyak membantu nasabah dalam melakukan transaksi keuangan. Tapi lain halnya kalau anda adalah seseorang dengan mobilitas yang sangat tinggi dan mengharuskan untuk melakukan transaksi antar negara.

Maka layanan perbankan jelas akan sangat merepotkan karena membutuhkan waktu yang cukup lama dimana rata rata antara 3-5 hari kerja tergantung lalu lintas keuangannya.

Pengiriman Uang Melalui Western Union

Panduan Lengkap Cara Pengiriman Uang Melalui Western Union

Selain itu transaksi perbankan seperti ini terkendala juga dengan perbedaan bank pengirim dan penerima yang membuat waktu penerimaan uang menjadi sedikit lebih lama dibandingkan dengan yang menggunakan rekening dari bank yang sama.

Tapi cukup jarang terjadi dalam transaksi keuangan internasional yang rekening pengirim dan penerima di bank  yang sama. Disinilah orang mulai menggunakan Western Union sebagai alternatif transaksi keuangan yang dapat diandalkan.

Western Union ini sendiri adalah layanan pengiriman uang, tidak hanya dapat dilakukan antar kota saja melainkan juga antar negara yang tidak dibatasi oleh batasan satu negara.

Jadi walaupun antara pengirim dan penerima berbeda negara, uang yang dikirim dengan menggunakan western union dapat diterima hanya dalam hitungan detik saja.

Inilah mengapa banyak orang yang saat ini sudah mulai mempercayakan transaksinya dengan menggunakan western union karena keamanan dan kemudahannya.

Baca Juga:  Tips Mengatur Budget Pernikahan yang Terbatas, Namun Tetap Berkesan

Keunggulan Pengiriman Uang Melalui Western Union

Jika dibandingkan melakukan transaksi pengiriman uang antar negara dengan menggunakan bank, jelas western union mempunyai banyak keunggulan. Apa saja? Ini keunggulan western union selengkapnya :

1. Uang diterima saat itu juga

Inilah yang digaransi ketat oleh Western Union, dimana mereka benar benar menjamin kecepatan pengiriman uang hanya dalam hitungan detik.

Saat anda mengirimkan uang maka saat itu juga uang sudah bisa diambil oleh penerima. Cukup cepat bukan?

2. Luasnya jaringan jasa pengiriman uang

Sudah ada lebih dari 200 negara di dunia yang dapat dijangkau oleh Western Union. Anda tidak perlu kuatir dengan jarak yang dapat dijangkau oleh Western Union, karena jangkauan mereka sangatlah luas.

Anda dapat menemukan layanan ini di tempat tempat yang berlogo western union dimana pun di seluruh dunia.

3. Tidak memerlukan rekening

Ini yang menjadi keuntungan utama dari Western Union, berapa besar minimal deposit yang harus Anda lakukan saat membuka rekening yang bisa melakukan transaksi di dunia internasional?

Cukup besar nominalnua, dan itu tidak perlu anda lakukan saat anda melakukan transaksi pengiriman uang dengan Western Union.

Yang perlu Anda lakukan saat melakukan transaksi adalah datang ke counter western union atau tempat berlogo western union saja. Kemudahan nya semudah mengisi formulir yang tersedia.

4. Keamanan transaksi

Tingkat kemanan Western Union diklaim sangat tinggi, inilah yang membuat banyak orang mempercayakah transaksi keuangannya dengan menggunakan Western Union.

5. Biayanya sangat murah

Pengiriman uang dengan menggunakan Western Union sangatlah murah. Bahkan penerima tidak perlu lagi mengeluarkan biaya lagi untuk layanan transaksi keuangan ini. Sedangkan biaya seluruhnya dibebankan kepada pihak pengirim.

6. Tidak ada minimal pengiriman

Berapapun yang anda ingin kirimkan dapat anda kirimkan saat itu juga tanpa dikenai batas minimum pengiriman uang.

Baca Juga:  Keuntungan Pinjam Uang ke Teman daripada di Bank

Panduan Cara Melakukan Pengiriman Uang Melalui Western Union

Tidak ada yang sulit dengan proses pengiriman uang dengan melalui western union ini, anda hanyalah perlu melakukan langkah langkah sebagai berikut :

1. Datang ke counter western union atau tempat yang berlogo western union

2.Isi formulir yang sudah disediakan di counter western union atau tempat yang berlogo western union.

3. Setelah mengisi formulir yang sudah disediakan, sertakan juga data diri anda yang masih berlaku seperti KTP atau SIM atau Passport( pilih salah satu ).

Ini ditujukan untuk melindungi pengiriman dan meningkatkan keamanan transaksi. Dan juga saat ada kendala, data diri anda akan sangat membantu pihak western union dalam menghubungi anda.

4. Bayar biaya pengiriman uang supaya uang kiriman anda bisa segera diterima secepatnya.

5. Konfirmasikan data data pengiriman ini mulai dari nama pengirim, nominal uangnya, nama negara pengirim dan yang paling penting adalah kode referensi pengiriman uang.

Ini sangat penting karena kalau tidak dipenuhi maka penerima tidak akan bisa mencairkan uang yang anda kirim. Sebenarnya tidak ada yang sulit dalam langkah Pengiriman Uang Melalui Western Union.

Kalau dirasa cukup sulit ingatlah kalau western union memberlakukan keamanan yang sangat ketat dalam setiap transaksinya yang menjamin keamanan transaksi keuangan anda.

Baca Juga:  Kesalahan dalam Pengambilan Keputusan Keuangan Yang Harus Anda Hindari

Cara Menerima Pengiriman Uang Melalui Western Union

Kemudahan Pengiriman Uang Melalui Western Union sebenarnya diikuti juga dengan kemudahan penerimaan uang di western union.

Tidak ada yang sulit dalam menerima uang ini bahkan anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya sepeserpun untuk menerima uang di western union, anda hanyalah perlu melakukan hal hal sebagai berikut :

1. Datang ke counter western union atau tempat yang berlogo western union

2. Isi form penerimaan uang di counter western union atau di tempat yang berlogi western union, langkah yang serupa seperti yang dilakukan saat melakukan pengiriman uang

3. Setelah mengisi formulir yang sudah disediakan, sertakan juga data diri anda yang masih berlaku seperti KTP atau SIM atau Passport( pilih salah satu ). Ini ditujukan untuk melindungi pengiriman dan meningkatkan keamanan transaksi.

4.Konfirmasikan data data pengiriman yang anda terima dari pihak pengirim mulai dari nama pengirim, nominal uangnya, nama negara pengirim dan yang paling penting adalah kode referensi pengiriman uang.

Ini sangat penting karena kalau tidak dipenuhi maka penerima tidak akan bisa mencairkan uang yang anda kirim.

5. Anda sudah dapat mengambil uang yang dikirim oleh pihak pengirim dengan mudah

6. Untuk mempermudah prosesnya ada baiknya saat melakukan transaksi, ada baiknya pihak pengirim dan penerima sama-sama berada di counter western union.

Atau di tempat yang berlogo western union supaya konfirmasi pengiriman dan penerimaan bisa dilakukan dengan mudah.

Kemudahan Transaksi Pengiriman Uang Melalui Western Union

Kemudahan transaksi ini jelas membuat western union dilirik berbagai pihak untuk melakukan transaksi. Apalagi western union tidak hanya dapat melakukan transaksi antar individu saja (Will Call).

Namun juga dapat juga dilakukan transaksi yang ditujukan kepada badan usaha (Quick Pay). Selain itu Western Union juga dapat mengirim hingga ke alamat tujuan.

Selain pengiriman uang, western union dapat juga digunakan untuk mengirim berita. Dimana semua layanan ini dapat anda lakukan di tempat tempat yang berlogo western union.

Cukup mudah dan lengkap bukan, fasilitas dari western union ini?

Baca Juga:  Pentingnya Mempersiapkan Dana Pensiun Sejak Muda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *