Cara Pinjam Uang di Bank + Tips agar Cepat Disetujui

Cara pinjam uang di bank – Di zaman pandemi seperti saat ini, tentu pemasukan kita menjadi semakin sedikit. Yang punya bisnis pun semakin sulit dalam menjaga kestabilan usahanya. Karena itu, kita tentunya membutuhkan pinjaman untuk menstabilkan kembali keuangan dan ekonomi kita kedepannya.

Salah satu tempat pinjaman yang paling reliable adalah bank. Namun, meminjam uang di bank bisa dibilang cukup sulit disetujui. Terlebih, bila sebelumnya kita memiliki record keuangan yang buruk, tentu tidak ada bank yang mau memberikan pinjaman.

Karena itu, pada kesempatan kali ini kami ingin memberikan beberapa tips pinjam di bank besar seperti Bank BRI, BCA, BNI, Mandiri, maupun di Bank Syariah.

Cara Pinjam Uang di Bank dengan Mudah

Tiap bank memiliki kriteria persetujuan hutang yang berbeda. Namun yang jadi rujukan utama adalah SLIK OJK (dulunya BI Checking) untuk melihat apakah seseorang punya riwayat buruk atau tidak.

Nah, berikut ini beberapa langkah-langkah yang anda perlukan jika ingin meminjam uang di bank:

1.      Siapkan Persyaratan yang Dibutuhkan

Ada beberapa persyaratan yang mestinya harus anda penuhi saat ingin mengajukan pinjaman, diantaranya:

  • Usia 20+
  • KTP dan KK beserta foto kopinya
  • Akta nikah jika anda sudah berkeluarga
  • Slip gaji selama 3 bulan terakhir
  • Mutasi rekening 3 bulan terakhir bila tidak ada slip gaji
  • Buku tabungan dan fotokopinya
  • Fotokopi NPWP
  • Surat jaminan

Perlu anda ingat, cara pinjam uang di bank tanpa jaminan itu tidak ada. Kecuali jika bank tersebut membuka pinjaman berbasis fintech seperti pinjaman online, paylater atau KTA. Jadi anda harus punya bukti kepemilikan barang seperti akta tanah, BPKB kendaraan, atau surat kepemilikan usaha.

2.      Datang ke Bank yang Dituju

Kunjungi bank yang ingin anda ajukan pinjaman. Usahakan untuk memilih bank yang memiliki bunga rendah dan masa tenor panjang. Terlebih bila pinjaman sejenis KUR, maka semakin ringan bunganya semakin menguntungkan kita.

Setelah sampai di kantor bank, langsung saja masuk dan ambil nomor antrian bagian CS. Tunggu saja hingga dipanggil sesuai nomor urut antrian anda masing-masing. Biasanya jika terkait pinjaman anda akan dialihkan ke bagian karyawan bank lain yang mengurusi pinjaman.

3.      Pilih Jenis Pinjaman yang Diinginkan

Jika anda sudah mengajukan pinjaman, nanti pihak bank akan meminta dokumen yang diperlukan. Setelah itu, anda akan disuruh mengisi formulir dan memilih pinjaman yang diinginkan.

Tiap bank punya jenis pinjaman yang berbeda. Silakan pilih saja kebutuhannya, misalnya pinjaman untuk usaha, pembiayaan modal kerja, pinjaman investasi, untuk kebutuhan, pinjaman tenaga kerja, pinjaman tenaga kerja asing, dan sebagainya.

4.      Tunggu Proses Persetujuan Selesai

Pengajuan pinjaman di bank cukup lama. Hal ini karena mereka akan mengecek langsung kepemilikan benda yang anda jaminkan. Bahkan, mereka biasanya akan mendatangi tetangganya untuk mengetahui orang seperti apa kalian.

Setelah disetujui, pihak bank akan mengirimkan notifikasi via pesan singkat yang mengharuskan anda untuk menandatangani surat kesepakatan di kantor. Silakan datang saja dan uang akan langsung anda terima.

Baca juga: Syarat Untuk Mendapatkan Pinjaman KUR BNI

Tips agar Pinjaman Cepat Disetujui

Cara Pinjam Uang di Bank
Cara Pinjam Uang di Bank dan Tips agar Cepat Disetujui

Ada beberapa tips yang harus anda perhatikan agar pinjaman cepat cair. Berikut diantaranya:

a)      Pastikan Kalian Tidak Pernah Gagal Bayar

Gagal bayar di pinjaman online fintech akan masuk ke dalam list slik OJK. Jika kalian sudah mendapatkan list merah, maka akan sulit untuk mengajukan pinjaman kecuali jaminan yang di tawarkan menarik.

b)      Harus Memiliki Pekerjaan Tetap

Entah kalian pekerja paruh waktu, kerja kantoran, ataupun pebisnis, setidaknya anda harus punya riwayat pekerjaan yang bagus dengan bukti slip gaji selama 3 bulan terakhir.

c)      Sudah Memenuhi Persyaratan Usia

Pinjam uang di bank untuk mahasiswa kadang sulit jika belum berusia 21 tahun ke atas. Karena itu, seringkali bank akan menolak pinjaman kepada mahasiswa, terlebih bila belum punya riwayat pekerjaan apapun.

d)      Punya Relasi yang Bagus

Jika sebelumnya ada salah satu anggota keluarga kalian yang mengalami macet bayar di bank yang bersangkutan, maka kemungkinan kalian juga akan dipersulit. Hal ini masuk ke dalam nilai sosial dan relasi yang menjadi salah satu dari pertimbangan bank dalam penerimaan pengajuan.

Itulah beberapa cara pinjam uang di Bank beserta tips agar mudah disetujui. Sampai jupa di artikel berikutnya!

Leave a Comment