Cara Registrasi dan Aktivasi BNI Internet Banking Melalui ATM dan Online

BNI Internet Banking – Banyak sekali kemudahan layanan yang diberikan oleh Bank dalam hal transaksi. Tak terkecuali Bank BNI, dengan kemajuan di era digital yang hampir semua masyarakat sudah mengenal yang namanya internet.

Dengan adanya internet, BNI (Bank Negara Indonesia) tak mau ketinggalan untuk meningkatkan pelayanan dalam rangka untuk memberi kemudahan layanan kepada nasabah.

Oleh sebab itu Bank Nasional Indonesia (BNI) menghadirkan fasilitas layanan berbasis internet yaitu BNI Internet Banking. Layanan ini memiliki banyak sekali fitur-fitur dan fasilitas seperti transfer yang terjadwal dan berulang, personalisasi beranda. 

Mutasi transaksi sampai 6 bulan terkahir, m-secure atau aplikasi token pada android, akses versi mobile dan juga berbagai layanan lainnya yang bisa diakses setiap saat, kapanpun dan dimanapun.

Cara Registrasi dan Aktivasi BNI Internet Banking

Cara Registrasi dan Aktivasi BNI Internet Banking Melalui ATM dan Online

Sudah barang tentu menggunakan Fasilitas ini  memiliki beberapa manfaat dan juga keunggulan dibandingkan dengan menggunakan sistem transaksi konvensional.

Hal tersebut yang memerlukan banyak waktu untuk datang langsung ke kantor cabang BNI, belum lagi waktu antri yang diperlukan.

Manfaat dan Keunggulan BNI Internet Banking

Beberpa manfaat yang bisa anda dapatkan jika menggunakan layanan Internet Banking BNI adalah sebagai berikut:

  1. Dapat diakses hanya dengan menggunakan Laptop (komputer), handphone/smartphone yang penting ada koneksi internet, dengan cara masuk ke alamat situs/web https://ibank.bni.co.id atau bisa juga mengunjungi website bni.co.id dan kemudian silahkan pilih menu “login”.
  2. Menggunakan layanan ini anda bisa melakukan transaksi transfer uang maksimal transfer sebesar 1 miliyar dalam satu hari, kemudian multi transfer, transfer terjadwal dan juga berulang.
  3. Dengan Internet Banking BNI anda bisa melakukan pembukaan rekening berupa Taplus, Deposito dan Tapenas.
  4. Manfaat selanjutnya adalah Anda bisa melakukan pemblokiran pada kartu debit BNI sampai pembaharuan setoran tiap bulan atau jangka waktu Tapenas.
  5. Bisa mendapatkan onformasi terkait transaksi favorit, nilai tukar valas, kalender transaksi terjadwal, dan lain-lain.
  6. Menggunakan alat transaksi internet Banking anda akan mempunyai dua alat otoritas (keamanan) transaksi double yakni BNI e-Secure dan juga BNI m-Secure.
  7. Tiga otoritas/kemanan yang bisa digunakan saat login yaitu: user ID, Password dan Captcha yang telah mempunyai virtual keboard agar terhindar dari keyloger.

Setelah mengetahui manfaat dan keunggulan fasilitas layanannya, tentu anda ingin tahu bagaimana caranya jika ingin menggunakan fasilitas BNI ini.

Untuk itu, bagi anda yang ingin menggunakannya diwajibkan terlebih dahulu untuk registrasi/daftar internet banking BNI, silahkan ikuti panduan cara daftar internet Banking BNI dibawah ini.

Baca Juga:  Cara Aman Transaksi Via layanan Mandiri Internet Banking

Proses Daftar / Registrasi BNI Internet Banking Online

  1. Silahkan kunjungilah halaman web BNI di  https://ibank.bni.co.id/ pilih menu registrasi E-Chanel.
  2.  Kemudian Masukkan nomor rekening anda
  3. Masukkan 3 digit nomor kartu.
  4. Masukkan One Time Password (OTP) yang dikirim Melalui SMS
  5.  Buat Sendiri Nomor PIN anda  (6 digit)
  6. Proses Registrasi Internet Banking BNI Melalui ATM
  7. Silahkan kunjungi ATM BNI terdekat
  8. Kemudian di mesin ATM pilih Internet Banking BNI
  9. Buat Nomor PIN anda sebanyak 6 digit
  10. setelah berhasil, anda akan mendapat struk bukti registrasi dari BNI ATM

Cara Aktivasi BNI Internet Banking

Cara Aktivasi BNI Internet Banking

Setelah anda registrasi di ATM maupun secara online, langkah selanjutnya anda harus aktivasi terlebih dahulu untuk bisa menggunakan layanan ini, caranya:

  1. Silahkan akses kembali URL di  https://ibank.bni.co.id/Silahkan Pilih menu Aktivasi (klik tombol disini)
  2. Masukan Nomor Rekening BNI anda
  3. Berikutnya akan muncul nomor telepon anda, silahkan  pilih lanjutkan.
  4. Setelah itu, masukkan pin yang nanti anda gunakan untuk login internet banking sebanyak 6 digit. kemudian, klik lanjutkan.
  5. Bukalah sms di handphone dari BNI yang memberikan 6 digit angka, kemudian masukan pada kolom kode aplikasi yang terdapat di struk ATM.
  6. Kode verifikasi yang terlihat dalam layar dan juga PIN registrasi, kemudian pilihlah cari.
  7. Periksalah kembali sms dari BNI yang ada kode akses/ otentikasi usernya dan masukanlah dalam kolom yang disediakan dan pilih lanjutkan.
  8. Selanjutnya anda akan dimintai kembali untuk membuat password yang nantinya akan digunkan untuk login ke dalam akun.
  9. Ulangi pengisian sampai dua kali lalu pilih continue.
  10. Apabila langkah aktivasi pendaftaran yang anda lakukan berhasil maka anda akan melihat tampilan IB BNI.
  11. Pada halaman ini akan muncul user id yang bisa digunakan pada saat login, dan simpanlah pin tersebut sebaik mungkin.

Catatan:

Setelah tahapan registrasi dan aktivasi internet banking BNI berhasil, anda sudah dapat melakukan tansaksi namun hanya sebatas transaksi non finansial seperti cek saldo, mutasi rekening dan informasi tagihan.

Untuk dapat melakukan transaksi finansial seperti melakukan transfer, pembayaran tagihan, isi ulang pulsa dan transaksi lainnya, anda harus datang langsung ke kantor cabang BNI terdekat untuk mengaktifkan layanan transaksi finansial dengan membawa:

  • Kartu Identitas diri (KTP, SIM, Passport)
  • Bukti Kepemilikan rekening anda (buku tabungan)

Kemudian petugas bank akan membantu anda untuk melakukan proses registrasi dan aktivasi internet banking layanan transaksi finansial anda.

Setelah proses tersebut sudah selesai sekarang anda sudah bisa menggunakan fasilitas layanan Internet Banking BNI Baik Non Finasial maupun Transaksi Finansial.

Baca Juga:  Cara Mengurus ATM Hilang Dengan Beberapa Langkah Mudah

Tips Transaksi Aman 

1. BNI e-Secure/m-Secure hanya digunakan untuk aktivitas transaksi finansial atau perubahan data. BNI tidak pernah meminta melakukan sinkronisasi BNI e-Secure/m-Secure di layar.

2. Jika ada yang meminta Anda untuk sinkronisasi token untuk menginput BNI e-Secure/m-Secure Anda. silahkan anda STOP / HENTIKAN TRANSAKSI dan segera hubungi BNI Call di 1500046 atau 68888 melalui handphone.

3. Apabila Anda diminta menginput PIN BNI e-Secure/m-Secure di luar kebiasaan bertransaksi segera hubungi BNI Call di 1500046 atau 68888 melalui handphone.

4. Pastikan komputer yang Anda gunakan bersih dari malware, virus/worm. trojan atau spyware.

5. Hindari untuk mengakses melalui warnet atau jaringan/komputer yang tidak dapat dipastikan keamanannya.

6. Hindari membuka attachment email dari pengirim yang tidak dikenal atau download content tidak resmi maupun akses ke situs-situs dewasa yang berpotensi untuk menularkan malware, virus/worm, trojan atau spyware ke perangkat computer maupun tablet/smartphone Anda.

7. Pastikan Anda mengakses melalui alamat resmi situs BNI di www.bni.co.id. Klik tombol login, atau langsung ke halaman login di https://ibank.bni.co.id atau dari menu bookmark/favourite di browser Anda.

Dengan segala kemudahan menggunakan layanan ini anda akan lebih cepat untuk melakukan trasaksi baik itu membayar tagihan maupun transaksi lainnya. Semoga dengan memiliki id internet banking BNI tentunya ini akan semakin membuat transaksi anda semakin cepat dan praktis.

One Comment

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *