Cara Transfer ATM BRI Lewat HP

Cara Transfer ATM BRI Lewat HP, Kini Lebih Mudah

Posted on

Setelah sediakan ATM, setiap bank kini sediakan layanan terbarunya. Layanan yang dimaksud ialah aplikasi untuk setiap transaksi perbankan. Untuk BRI memiliki aplikasi yang dikenal dengan Brimo atau BRI Mobile. Aplikasi inilah yang kemudian dapat digunakan sebagai cara transfer ATM BRI lewat HP. Apakah cara menggunakannya sama dengan menggunakan mesin ATM?

Hadirnya Bri mobile memiliki dampak positif bagi nasabah. Karena nasabah dapat bertransaksi kapanpun dan di mana pun. Menariknya lagi, nasabah dapat melakukannya hanya melalui handphone. Namun dengan catatan, bahwa handphone dalam keadaan online, karenanya layanan dikenal dengan ATM HP. Mulai tertarik? Gali dulu beragam informasinya di sini.

Bri Mobile dan Layanannya

Bri Mobile dan Layanannya

Bri Mobile atau Brimo merupakan layanan perbankan digital milik BRI. Kehadirannya dinilai dapat memberikan peningkatan pada layanan yang diberikan BRI. Melalui hadirnya Brimo, nasabah dapat melakukan transaksi keuangan walaupun dari rumah sekalipun. Kehadirannya dianggap sesuai dengan kebutuhan nasabah dan diiringi dengan perkembangan zaman yang semakin modern.

Aplikasi Brimo dihadirkan dengan berbagai layanan didalamnya. Salah satu layanannya ialah melakukan pengiriman uang ke sesama BRI ataupun antar bank. Namun cara transfer uang lewat HP Bank BRI tidak sama dengan yang dilakukan dengan di ATM. Lantas bagaimana cara melakukannya? Untuk mengetahuinya, gali lebih dalam pada bagian selanjutnya.

Cara Transfer Uang Lewat HP Ke Sesama

Anda yang akan megirimkan uang melalui Brimo, pastikan telah melakukan aktivasi sebelumnya. Jika sudah melakukannya, lanjutkan dengan langkah-langkah dibawah ini,

  • Login Aplikasi

Silahkan buka aplikasi Brimo sebagai langkah awal. Kemudian lanjutkan dengan masuka dalam menu Mobile Banking BRI. Dalam tampilan berikutnya, terdapat menu transfer dan pilih opsi ke sesama BRI. Setelahnya siapkan nomor rekening penerima dan jangan sampai salah dalam input data tersebut dan sebabkan kegagalan transaksi.

  • Nomor Rekening dan Nominal

Langkah berikutnya adalah masukkan nomor rekening yang akan dimasukkan. Sebelumnya pastikan bahwa nomor rekening tersebut adalah nomor rekening BRI. Bila tidak, transaksi tidak dapat dilakukan. Setelah input nomor rekening, masukkan jumlah uang yang akan dikirimkan. Jumlahnya harus disesuaikan dengan uang yang tersedia di rekening.

  • Konfirmasi

Selanjutnya anda harus menekan ok sebagai penutup. Pada layar berikutnya akan muncul data-data yang telah diinput sebelumnya. Bila dirasa sesuai, masukkan PIN dan klik send. Untuk mendapatkan laporan keberhasilan transaksi, akan dilakukan dalam beberapa saat. Dari laporan ini pula dapat diketahui apakah transaksi berhasil atau sebaliknya.

  • Ulangi Kembali

Bila dinyatakan gagal, maka periksa ulang langkah-langkah yang telah dilakukan. Kebanyakan kesalahan terjadi pada input nomor rekening. Karenanya, dalam melakukan transfer lewat HP disarankan untuk melakukan pemeriksaan berulang. Jadi, tidak terjadi kesalahan pengiriman dan gagal melakukan transaksi.

Baca juga : Cara Transfer M-Banking BCA Tanpa Biaya Transfer

4 Cara Transfer Lewat HP Ke Antar Bank

Tidak hanya transfer ke sesama, Brimo pun menyediakan transfer ke rekening antar bank. Namun untuk melakukannya berbeda dengan cara sebelumnya, lebih lengkapnya ada di sini

  • Login Aplikasi

Saat anda menggunakan Brimo sebagai media transaksi, maka langkah yang perlu dilakukan ialah melakukan login. Login dilakukan dengan memasukkan username dan password yang telah diaktivasi sebelumnya. Bila sudah login, pilih opsi mobile banking BRI untuk masuk dalam menu transfer atau pengiriman uang.

  • Transfer Antar Bank

Opsi mobile banking BRI akan menghantarkan anda pada layar berikutnya. Pada layar ini pilihlah opsi transfer dan klik bank lain. Artinya, nasabah akan melakukan cara transfer online ke rekening bank selain BRI. Karena berbeda bank, terdapat kode bank yang harus diinput. Input harus dilakukan sesuai dengan rekening bank yang dituju.

  • Nomor Rekening dan Nominal

Setelah kode bank dimasukkan, input pula nomor rekening yang menjadi tujuan. Nomor rekening yang dimasukkan harus sesuai dengan kode bank. Setelahnya masukkan nominal uang yang akan dikirimkan. Pastikan bahwa nominal tidak melebih jumlah uang yang tersedia di tabungan atau lakukan pemeriksaan sebelumnya.

  • Masukkan MPIN

Lakukan konfirmasi pada setiap data yang telah diinput. Setelah konfirmasi, anda dapat memasukan MPIN sebagai tanda persetujuan. Tunggu beberapa saat hingga didapatkan keterangan bahwa transaksi telah usai atau sebaliknya. Bila dinyatakan sukses, berarti transaksi yang dilakukan telah berhasil.

Hindari 6 Hal Ini Dalam Cara Transfer ATM BRI Lewat HP

Hindari 6 Hal Ini Dalam Cara Transfer ATM BRI Lewat HP

Ada beberapa hal yang perlu dihindari saat anda menggunakan Brimo sebagai cara transfer uang. Hal-hal yang dimaksud dapat diketahui dibawah ini,

  • Menyebarkan MPIN

MPIN bagi Brimo adalah kunci agar transaksi dapat dilakukan. Karenanya anda dilarang tegas untuk menyebarkan MPIN kepada orang lain. Anda yang menyebarkan MPIN dapat terkendala dengan keamanan akun. Dampaknya, kemungkinan ada pihak-pihak yang memanfaatkannya secara tidak bijaksana. Terburuknya, tabungan habis tanpa diketahui keberadaannya.

  • Aplikasi Non Resmi

Aplikasi Brimo yang tersedia di google play cukup beragam. Namun anda dilarang penuh untuk menggunakan aplikasi non resmi. Untuk mengetahui aplikasi yang tepat dan resmi, tanyakan pada customer service aplikasi yang dimaksud. Karena cara transfer uang online tidak dapat dilakukan bila aplikasi yang digunakan bukanlah aplikasi resmi.

  • Lupa Logout

Beberapa individu enggan untuk logout dari akun, karena takut terlupa username. Namun saat memanfaatkannya disarankan untuk melakukan logout setelah melakukan transaksi. Hal ini penting untuk menjaga keamanan rekening bank. Bila memiliki kekhawatiran dan terlupa, anda dapat mencatatnya di buku catatan ataupun tempat-tempat rahasia lainnya.

  • Tidak Mengganti Password Berkala

Sangat disarankan bagi nasabah untuk melakukan pergantian password secara berulang. Penggantian password akan mendukung keamanan rekening yang dimiliki. Password dapat digantikan dengan nomor atau nama unik. Namun pastikan yang mudah diingat, agar transfer uang lewat internet tidak mengalami kendala karena akun terblokir.

  • Menggunakan Password yang Sama

Anda mungkin memiliki beberapa akun aplikasi perbankan di handphone. Namun pastikan bahwa password yang digunakan tidak sama seluruhnya. Hal ini penting, karena bila salah satu password diketahui dapat berakibat pada aplikasi yang lainnya. Oleh karena itu, periksa kembali seluruh password dan ganti seluruhnya bila terdapat kesamaan.

  • Menggunakan Wifi

Hal lain yang perlu dihindari adalah menggunakan wifi saat transaksi dengan aplikasi perbankan. Anda perlu memperhatikan karena tidak semua wifi diamankan dengan pengamanan ganda. Bila hal ini terjadi, masalah tidak pada cara transfer uang melalui HP namun password maupun MPIN yang dimiliki.

BRI telah sediakan banyak layanan untuk nasabah, khususnya untuk mempermudah transaksi transfer. Anda perlu menentukan salah satunya sebagai cara transfer ATM BRI lewat HP yang dinilai paling aman dan nyaman. Karena tanpa merasa aman, segala sesuatu yang dilakukan akan dianggap berbahaya dan terasa sulit untuk dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *