Cara Transfer BRI ke BRI Secara Gratis dan Aman

Cara transfer BRI ke BRI – Bank BRI merupakan bank yang memiliki jaringan terluas di Indonesia. Hampir tiap kecamatan pasti terdapat kantor cabang dari bank satu ini, sehingga hal ini membuat segala keperluan transaksi jadi lebih cepat, lebih dekat, dan lebih mudah.

Selain itu, BRI juga menyediakan berbagai macam fasilitas guna menunjang kebutuhan transaksi. Diantaranya ada internet bangking, mobile banking, ATM, hingga BRILink. Dengan ini, kalian dapat melakukan transaksi dari mana saja dan kapan saja tanpa batasan waktu.

3 Cara Transfer BRI ke BRI dengan Gratis

cara transfer bri ke bri
Cara transfer BRI ke BRI

Kali ini, kami ingin mengulas beberapa hal terkait cara transfer BRI ke BRI dengan menggunakan berbagai fasilitas yang disediakan oleh Bank BRI. Berikut diantaranya:

Metode 1: Transfer via Internet Banking

Internet banking bisa jadi pilihan yang tepat untuk transfer sesama BRI. Selain memiliki tampilan yang simpel, fitur-fitur yang disediakan pun cukup banyak. Nah, untuk menggunakannya silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka browser favorit pada smartphone atau laptop kalian. Kami menyarankan untuk menggunakan chrome atau microsoft edge karena lebih responsif dan lebih aman.
  2. Pada kolom pencarian, ketikan BRI internet banking untuk membuka situs resmi BRI. Atau kalian bisa langsung klik website internet banking BRI berikut ini: https://ib.bri.co.id
  3. Login menggunakan user ID dan password yang telah kalian buat dulu sewaktu pertama kali membuat rekening. Pastikan untuk memasukan password dengan benar, jika salah 3 kali berturut-turut maka akun internet banking kalian akan diblokir.
  4. Setelah masuk ke homepage, klik menu Transfer dan masukan nomor rekening tujuan dan nominal uang yang ingin anda kirimkan lalu klik tombol “Lanjut”.
  5. Setelah itu akan muncul konfirmasi dan permintaan kode OTP melalui SMS. Silakan klik kirim kode OTP dan tunggu hingga SMS diterima.
  6. Masukan kode OTP pada kolom yang tersedia lalu klik OK. Tunggu beberapa saat hingga proses transfer berhasil.

Metode 2: Transfer via Mobile Banking

Transfer menggunakan layanan mobile banking sebenarnya jauh lebih praktis dan tidak membutuhkan kode OTP seperti halnya pada internet banking. Namun, layanan ini seringkali mengalami gangguan sehingga menyebabkan transaksi bermasalah dan tertunda.

  1. Download aplikasi BRIMO di Playstore. Namun jika kalian sudah memiliki aplikasi ini, maka hanya perlu mengupdatenya ke versi terbaru.
  2. Setelah terinstal, segera buka aplikasi tersebut lalu lakukan login menggunakan User ID dan password internet banking. Jika pertama kali login di perangkat baru, kalian akan dimintai kode OTP dan disuruh membuat kode PIN baru.
  3. Pilih menu “Transfer” yang ada di homepage lalu masukan nomor rekening tujuan dan jumlah uang yang ingin kalian kirimkan setelah itu klik tombol “Lanjut”.
  4. Setelah itu akan diarahkan ke halaman konfirmasi, klik saja “OK” lalu akan diarahkan untuk mengisi kode PIN.
  5. Ketikan PIN yang telah kalian buat sebelumnya. Setelah itu secara otomatis transaksi akan diproses.
  6. Silakan tunggu beberapa saat hingga proses transfer berhasil. Kalian bisa screenshot halaman tersebut atau bisa juga menyimpannya dalam bentuk PDF dengan menekan tombol pdf.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mobile Banking dan Tips Menggunakannya

Metode 3: Transfer via agen BRI Link

BRILink bisa jadi pengganti transfer via ATM maupun via teller bank. Dengan ini kalian tidak perlu repot-repot jauh-jauh ke bank atau ke ATM serta tak perlu berlama-lama antri.

Apalagi, saat ini layanan BRILink hampir ada di tiap desa, tentunya kalian dapat memanfaatkannya untuk berbagai macam transaksi keuangan mulai dari setor tunai, tarik tunai, hingga transfer ke sesama maupun antar bank.

  1. Kunjungi agen BRI Link disekitar lokasi tempat tinggal kalian. Jangan lupa bawa kartu ATM atau kartu debit bila ingin transfer via saldo, jika tranfer secara tunai maka tidak perlu bawa kartu ATM.
  2. Minta ke petugas BRI Link untuk transfer uang ke sesama BRI. Nanti kalian akan dimintai nomor rekening tujuan transfer.
  3. Berikan kartu ATM kalian untuk digesek di mesin EDC. Jika ingin transfer tunai, maka berikan saja uang yang kalian bawa.
  4. Tunggu hingga proses transfer selesai. Umumnya hanya butuh waktu maksimal 1 menit.

Demikianlah beberapa cara transfer BRI ke BRI secara gratis dan aman. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment