Cara Transfer Kuota Telkomsel Gratis (100% Tanpa Biaya Tambahan)

Cara transfer kuota telkomsel gratis – Seperti yang dibahas dalam artikel sebelumnya yang berjudul cara transfer kuota telkomsel, kita tahu bahwa hampir semua metode transfer kuota akan dikenakan biaya yang nominalnya bervariasi. Padahal tujuan utama transfer kuota sebenarnya untuk menghemat pulsa bukan?

Nah untuk mengatasi hal tersebut, kita dapat melakukan beberapa alternatif transfer kuota. Dengan cara ini nantinya kita sama sekali tidak akan dikenakan biaya tambahan walau sebesar apapun kuota data yang kita kirimkan.

Cara Transfer Kuota Telkomsel Gratis

Ada dua cara transfer kuota telkomsel gratis yang bisa dilakukan oleh semua pengguna Telkomsel prabayar yaitu:

Metode 1:   Melalui USSD

Transfer kuota melalui USSD sangatlah praktis. Kita tidak perlu mendownload aplikasi apapun serta tidak perlu menggunakan koneksi internet untuk menjalankannya. Bagi yang penasaran, inilah tahapannya:

  1. Buka aplikasi telepon / panggilan.
  2. Tekan *363# lalu klik panggil.
  3. Pilih Paket Lainnya.
  4. Pilih Gift.
  5. Masukan nomor tujuan.
  6. Pilih Paket Flash Gift.
  7. Pilih paket harian, mingguan, atau bulanan.
  8. Tunggu notifikasi transfer selesai

Pulsa yang akan dipotong untuk mentransfer kuota ialah sesuai dengan yang tampil di menu USSD. Tidak ada biaya tambahan apapun yang akan dikenakan, sehingga pastikan pulsa anda mencukupi sebelum mencoba cara ini.

Metode 2: Melalui MyTelkomsel

MyTelkomsel memiliki fitur yang komplit dan dapat dipakai untuk memenuhi semua kebutuhan layanan pengguna Telkomsel. Salah satu fitur yang tersedia adalah “Gift” yang memungkinkan kita untuk transfer pulsa maupun kuota kepada teman secara gratis.

  1. Download dan install MyTelkomsel dari Playstore.
  2. Daftar / login menggunakan nomor Tsel anda.
  3. Klik tombol menu disebelah kiri atas.
  4. Klik menu Beri Hadiah.
  5. Pilih Transfer Kuota.
  6. Isi kolom dengan nomor tujuan.
  7. Pilih nominal kuota yang ingin ditransfer.
  8. Tunggu kode verifikasi melalui SMS.
  9. Masukan kode verifikasi pada kolom yang ada.
  10. Tunggu konfirmasi transfer kuota sukses.

Bila anda gagal melakukan cara transfer kuota telkomsel gratis menggunakan MyTelkomsel maka kemungkinan besar aplikasinya belum anda update ke versi terbaru. Selain itu pastikan sisa pulsa masih mencukupi.

Ketentuan Cara Transfer Kuota Telkomsel Gratis

Agar transfer kuota berjalan dengan lancar, maka ada baiknya untuk mengikuti beberapa ketentuan berikut:

a)      Masa Aktif Kartu

Nomor penerima dan pengirim harus dalam kondisi aktif agar transfer kuota dapat dilakukan secara sukses. Pastikan kartu sedang tidak dalam masa tenggang serta sudah teregistrasi secara resmi di database Keminfo.

b)      Akumulasi Paket Data

Bila sebelumnya nomor penerima masih memiliki suatu paket internet (baik masih ada sisa kuota ataupun tidak), maka kuota baru ini akan ditambahkan secara terpisah bila paket yang ditransfer berbeda. Namun bila sama, maka paket akan digabung dengan paket kuota sebelumnya.

c)      Layanan Prabayar

Pengguna layanan Pascabayar (kartu Halo) saat ini tidak bisa menikmati fitur transfer kuota dari pengguna prabayar (karu As, Simpati, dan Loop) ataupun sebaliknya. Selain itu, transfer pun hanya dapat dilakukan sesama operator saja, belum mendukung operator lain.

d)      Penambahan Masa Aktif

Transfer kuota berbeda dengan transfer pulsa karena tidak menambah masa aktif kartu prabayar, namun hanya menambah masa aktif kuota yang telah dibeli. Besarnya masa aktif sendiri tergantung pada paket yang dikirimkan, baik itu harian, mingguan, ataupun bulanan.

e)      Pilihan Jaringan

Tidak semua paket kuota yang ditransfer bisa digunakan disemua jaringan. Misalnya beberapa paket kuota promosi hanya bisa dipakai pada jaringan 4G saja. Untuk itu pastikan penerima mengetahui batasan penggunaan jaringan pada kuota yang diberikan.

f)       Cover Area Layanan

Paket kuota internet yang telah ditransfer hanya dapat digunakan di area domestik atau area lokal saja. Bila anda sedang berada di luar negeri ataupun di wilayah Indonesia yang belum masuk area layanan, maka akan dikenakan biaya yang berbeda.

Demikianlah beberapa cara transfer kuota Telkomsel gratis beserta ketentuan penggunaannya. Masing-masing tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri, untuk itu silakan pilihlah yang paling mudah menurut anda.

Leave a Comment