Cara Transfer Lewat ATM yang Mudah Bagi Pemula

Cara transfer lewat ATM – Bagi anda yang baru saja membuat rekening bank, selain mendapatkan buku tabungan juga mendapatkan sebuah kartu ATM. Kartu inilah yang dapat digunakan untuk keperluan transaksi seperti transfer uang dan tarik tunai.

Nah, untuk menggunakan kartu ATM sendiri sebenarnya sangatlah mudah. Tapi bagi pemula, kebanyakan dari mereka takut untuk menggunakannya karena khawatir terblokir, salah transfer, atau berbagai alasan lainnya. Karena itu, kami disini ingin berbagi tips transfer lewat ATM yang terbukti mudah dan juga aman.

Tips Aman Transaksi Lewat ATM

Sebelum kita bahas lebih lanjut, ada hal penting yang wajib anda ketahui jika sebelumnya sama sekali belum pernah transaksi melalui ATM. Hal ini karena kejahatan yang berkaitan dengan ATM masih kerap terjadi.

Walau sudah ada CCTV dan satpam sekalipun, anda tetap harus waspada demi keselamatan diri dan juga uang yang ada didalamnya. Berikut ini beberapa tips yang harus anda patuhi:

  • Usahakan transaksi di ATM yang bersampingan dengan bank.
  • Lepas topi, penutup kepala, dan kaca mata saat masuk ruang ATM.
  • Jangan biarkan orang lain ikut masuk ke ruang ATM.
  • Jaga kerahasiaan jari kita saat sedang menekan nomor PIN.
  • Pastikan tidak menghubungi nomor apapun di ATM selain call center resmi.
  • Selalu ambil struk transaksi walau tidak menggunakannya, jangan dibuang!
  • Jika ATM tertelan, segera kunjungi kantor bank terdekat.
  • Sebelum keluar, pastikan kembali bahwa ATM sudah disimpan dalam dompet.
  • Bila lupa PIN, segera hubungi kantor bank terdekat.
  • Pastikan PIN tidak salah 3 kali berturut-turut, jika salah maka ATM akan terblokir.

Baca juga: Cara Transfer Uang Lewat ATM, Benarkah Ada Biaya Admin?

Cara Transfer Lewat ATM dengan Mudah

Setelah memahami beberapa tips transaksi lewat ATM, selanjutnya anda dapat mencoba beberapa cara transfer lewat ATM berikut ini:

1.      Ikuti Antrian yang Ada

Saat jam-jam sibuk, antrian di ATM sangatlah panjang. Bisa sampai puluhan orang atau bahkan lebih. Untuk itu, antrilah sesuai barisan yang ada karena di ATM tidak disediakan nomor urut antrian. Jika sudah giliranya tiba, pasti anda akan kebagian untuk masuk.

2.      Siapkan Kartu ATM yang akan Digunakan

Setelah masuk, siapkanlah kartu ATM yang akan anda gunakan untuk transfer. Pastikan untuk menggunakan kartu ATM sesuai dengan bank yang digunakan. Tujuannya tentu agar proses transfer tidak terkendala dan tidak dikenai biaya tambahan.

3.      Masukan Kartu ke dalam Mesin ATM

Tidak perlu bingung dimana lokasi slot mesin yang menjadi lubang masuknya kartu. Cukup lihat cahaya yang berisi anak panah, nah disitulah lokasi tempat anda memasukan kartu ATM. Ingat, masukanlah kartu ATM dalam posisi yang benar, yakni menghadap ke atas dan bagian kiri dimasukan lebih dulu.

4.      Pilih Bahasa Sistem yang akan Digunakan

Begitu ATM masuk ke mesin, maka layar akan menampilkan opsi bahasa yang hendak anda gunakan. Ada 2 opsi yang bisa dipilih, silakan pilih saja bahasa Indonesia dengan menekan tombol disebelah pilihan bahasa tersebut.

5.      Masukan Nomor PIN yang Benar

PIN adalah kode rahasia ATM yang berupa 6 digit angka yang telah diatur saat awal membuka membuka rekening. Tanpa PIN, anda tidak dapat melakukan transaksi apapun. Pastikan juga saat memasukan PIN jangan sampai salah sebanyak 3 kali agar ATM tidak terblokir.

6.      Tekan Menu Lainnya > Transfer

Jika PIN yang anda masukan benar, maka akan diarahkan ke halaman awal yang berisi berbagai opsi tarik tunai. Karena kita disini akan melakukan transfer, maka pilihlah menu “Lainnya” lalu pilih menu “Transfer”.

7.      Masukan Nomor Rekening

Transfer sesama bank cukup dilakukan dengan memasukan nomor rekening lalu klik konfirmasi “Benar”. Tapi, untuk transfer antar bank maka anda harus memasukan kode bank di depan nomor rekening tujuan, setelah itu baru klik “Benar”.

8.      Masukan Nominal Transfer

Masukan jumlah transfer yang ingin anda kirimkan. Jika anda ingin membatalkan transaksi di tengah-tengah proses karena suatu alasan, maka silakan klik tombol Cancel yang berwarna merah. Dengan ini seluruh proses akan dibatalkan dan kartu ATM akan keluar dengan sendirinya.

Transaksi yang sudah selesai akan ditandai dengan pesan sukses yang muncul setelah anda melakukan konfirmasi ulang untuk transfer. Selanjutnya, klik tombol “Tidak” jika tidak ingin melakukan transaksi lainnya. Jangan lupa, ambil kartu ATM beserta struk yang keluar.

Mudah bukan cara transfer lewat ATM seperti langkah-langkah di atas? Sekarang giliran anda untuk mencobanya!

Leave a Comment