Cara Transfer M Banking BCA

Cara Transfer M-Banking BCA Tanpa Biaya Transfer

Posted on

M-Banking atau mobile banking, kini menjadi teman bagi anak-anak muda untuk berkirim uang. Tidak mau ketinggalan dengan bank lain, BCA pun menyediakannya demi memenuhi kebutuhan nasabah. Hal yang menarik dengan kehadirannya ialah adanya layanan transfer m-banking. Bagaimana cara transfer m-banking BCA tersebut? Pemula harus pahami cara-caranya sebelum transaksi.

Menggunakan M-banking sebagai sarana transfer dinilai memudahkan. Nasabah tidak perlu mendatangi bank dan mengantri dalam waktu panjang. Karena transfer M Banking BCA dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun. Hal baiknya ialah modal yang dibutuhkan hanya handphone dan kuota yang saat ini setiap orang memilikinya. Lantas, bagaimana cara menggunakannya?

Tips Gunakan M-Banking BCA

Tips Gunakan M Banking BCA

Apa yang harus diperhatikan saat jalankan cara transfer M-BCA? Adakah langkah-langkah lain yang harus dilakukannya sebelumnya? Ikuti tips ini, agar sukses menjalankannya

  • Gunakan M-PIN yang Mudah

Pertama, anda perlu memperhatikan MPIN yang digunakan. MPIN akan dimanfaatkan kapanpun saat transaksi dilakukan. Karenanya, MPIN yang digunakan harus mudah diingat. Cara mudah melakukannya adalah menggunakan kode yang sama dengan PIN ATM atau menggunakan nomor khusus yang selalu diingat.

  • Registrasi Di Bank BCA Terdekat

Sebelum dapat melakukan transaksi dengan M Banking, anda perlu melakukan registrasi. Pada registrasi inilah terdapat username yang akan digunakan untuk login di aplikasi. Registrasi m-banking hanya dapat dilakukan sekali. Karenanya, ingat username yang digunakan, karena dalam setiap transaksi nantinya username tersebut akan digunakan.

  • Unduh Aplikasi Resmi

Menggunakan M-banking artinya memanfaatkan aplikasi perbankan dari BCA. Untuk itu, unduhlah aplikasi resmi yang bisa didapat di google play. Bila perlu, anda dapat meminta customer service untuk menjelaskan aplikasi yang dapat digunakan. Karena melalui aplikasi m-banking inilah cara transfer sesama BCA dapat dilakukan.

  • Perketat Keamanan

Anda yang menggunakan layanan m-banking perlu memperhatikan keamanan akun. Untuk itu disarankan melakukan penggantian kode akses dan PIN secara berkala. PIN yang dapat digunakan misalnya kombinasi angka dan huruf, sehingga sulit ditebak orang lain. Serta selalu pastikan bahwa daftar rekening tujuan adalah rekening yang aman.

  • Jaga Kerahasiaan MPIN

Hal lain yang harus diperhatikan ialah menjaga kerahasiaan data. Dalam hal ini untuk menjaga kerahasiaan kode akses dan MPIN. Hal ini penting untuk menjaga keamanan akun, sehingga tidak dimanfaatkan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab. Anda pun harus selalu logout dari aplikasi, setelah selesai menjalankan cara transfer m-banking BCA.

  • Jaringan Internet Aman

Saat menggunakan m-banking sangat disarankan untuk memilih jaringan internet yang aman. Anda disarankan memilih jaringan nirkabel yang memiliki keamanan khusus didalamnya. Oleh karenanya, disarankan untuk tidak memanfaatkan wifi saat melakukan transaksi. Hal ini akan membantu dalam menjaga kerahasiaan data dan akun rekening.

  • Lengkapi persyaratan

Pada beberapa kesempatan, terdapat nasabah yang berencana membuat m-banking namun gagal. Kebanyakan terjadi karena tidak membawa persyaratan yang lengkap. Untuk dapat melakukan cara transfer lewat BCA mobile, siapkan persyaratan seperti KTP, ATM dan buku tabungan. Bila seluruhnya lengkap, maka proses pembuatan username dapat dilakukan.

Baca juga : Cara Transfer Sesama Bank Mandiri, Hafalkan Agar Tidak Salah

Cara Transfer M-Banking BCA Ke Sesama

Cara Transfer M Banking BCA Ke Sesama

Dalam menggunakan BCA mobile untuk transfer, terdapat dua layanan yang disediakan, yaitu ke sesama dan antar bank. Untuk transfer ke sesama, simak ulasan dibawah ini

  • Login Aplikasi

Anda yang telah selesai melakukan registrasi kini dapat menggunakan mbanking untuk berbagai transaksi. Caranya mudah, yaitu buka aplikasi M-BCA dan tekan menu M-BCA. Setelahnya periksa menu transfer yang akan menghantarkan pada layar berikutnya. Di sinilah, cara transfer m banking bca android akan dimulai.

  • Menu M-Transfer

Langkah berikutnya adalah memilih menu M-transfer dan pilih antar rek. Opsi ini merupakan opsi untuk melakukan transfer uang ke sesama rekening BCA. Setelahnya pilih mata uang yang akan dikirimkan. Mata uang yang disediakan cukup beragam, diantaranya rupiah, USD, dan SGD. Sesuaikan dengan jenis tabungan yang dimiliki dan akan dikirimkan.

  • Jumlah Uang dan Nomor Rekening

Berikutnya anda diminta memasukkan jumlah uang yang dikirimkan. Pastikan bahwa jumlahnya sesuai dengan tabungan yang dimiliki di rekening. Selanjutnya masukkan nomor rekening tujuan yang akan ditransfer. Hal ini penting dalam cara transfer melalui m banking BCA, karena kesalahan nomor rekening dapat berdampak pada keberhasilan pengiriman.

  • Masukkan MPIN dan Berita

Langkah terakhir ialah memasukkan MPIN yang telah diaktivasi di cabang terdekat. Masukkan pula berita dalam keterangan transfer. Namun jika tidak membutuhkannya, anda dapat mengosongkan bagian tersebut. Bila seluruhnya telah selesai, tunggu beberapa saat dan akan dikonfirmasi apakah transfer berhasil atau sebaliknya.

Cara Transfer BCA Ke Antar Rekening Bank

Setelah berhasil melakukan registrasi di bank terdekat, anda dapat melakukan transfer melalui mbanking ke rekening antar bank. Caranya, simak dalam ulasan berikut

  • Aplikasi M-BCA

Pertama, anda perlu membuka aplikasi yang telah diinstal saat aktivitasi. Buka aplikasi dan lakukan login dengan password dan username. Setelahnya, masuk dalam menu M-BCA untuk dapat melanjutkan cara transfer M-Banking BCA. Pada menu inilah terdapat menu m-BCA lain yang akan menghantarkan pada menu transfer, dan proses transfer akan dimulai.

  • Transfer Antar Bank

Langkah berikutnya ialah masuk dalam menu m-Transfer. Pada menu inilah anda dapat menemukan menu antar bank. Menu ini dimanfaatkan untuk anda yang akan mengirimkan uang ke rekening selain bank BCA. Pada bagian selanjutnya, masukkan pula kode bank tujuan. Pilih salah satu bank tujuan dan masukkan kode bank sesuai nomor rekening tujuan.

  • Nomor Rekening

Setelah memasukkan kode bank, anda perlu memasukkan nomor rekening. Saat memasukkannya pastikan input secara perlahan. Untuk mempermudah cara transfer lewat m banking BCA disarankan untuk menyimpan nomor rekening. Sehingga saat pengiriman akan dilakukan kembali, dapat memanfaatkan data yang tersimpan.

  • Jumlah Uang

Input nomor rekening dapat dilakukan perlahan, agar tidak ada kesalahan. Jika usai, lanjutkan dengan memasukkan jumlah uang yang akan dikirimkan. Langkah berikutnya ialah masukkan MPIN. Jangan sampai salah dalam memasukannya, karena transaksi tidak dapat dilakukan bila kesalahan terjadi hingga tiga kali.

  • Konfirmasi Data

Anda yang telah mengisikan data diminta melakukan konfirmasi data. Kemudian melanjutkannya dengan menekan ok atau Yes. Kemudian tutup dengan memasukkan MPIN BCA. Namun bila terdapat kesalahan dalam data tersebut, diamkan pesan konfirmasi tersebut hingga hilang. Karena transaksi akan dibatalkan secara langsung bila didiamkan.

Anda akan mendapatkan layanan tanpa biaya transfer, saat melakukan transfer ke sesama. Namun saat memanfaatkan cara transfer m banking BCA ke antar bank, akan dikenakan biaya. Untuk mengetahui berapa biaya yang dikenakan, cari tahu pada website BCA. Karena disanalah setiap ulasan tentang bank akan dijabarkan secara terperinci.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *